Memilih jadi freelance, Dapur Masih Bisa Ngebul

February 24, 2020

Pekerjaan yang dikenal masyarakat umum ada 2 jenis yaitu ASN dan pekerja swasta. Jadi ketika ada yang dirumah seharian terlihat happy dan mengkilap, bikin kepo ngapain aja .

Sebagian orang suudzon dan berpikir tidak mau bergaul, sedangkan yang lain memperkirakan mungkin dia bekerja dirumah. Bukankah Dijaman sekarang ini sumber duit tidak harus dari luar rumah.

Membuka online shop, usaha jamak bagi ibu rumah tangga. Berbisnis dirumah secara daring sembari menjalani keriwehan tugas domestik. Hari berlalu dan duit pun masuk rumah, begitulah dunia kerja freelance.

Freelance sebagai sebuah mesin uang.


Freelance adalah cara kerja dimana suatu pekerjaan dilakukan oleh seseorang secara mandiri, tidak terikat kontrak atau perjanjian dengan sebuah perusahaan atau instansi.

Freelance disebut juga dengan pekerja lepas, artinya semua cara dan jam kerja disesuaikan dengan keinginan orang tersebut.

Dijaman serba digital ini, bekerja memilih freelance bisa kok bikin kita bertahan hidup. Malahan bisa bikin sukses melebihi pegawai kantoran atau perusahaan.

Terlihat sepela bagi sebagian orang malahan skeptis bisa sejahtera hidupnya. Nyatanya, jika bisa dapat job yang hitungannya dolar para pekerja lepas bisa kaya loh.

Keuntungan yang didapatkan adalah mempunyai waktu fleksibel sehingga dapat melakukan beragam hal penting lain, contohnya mengurus rumah, mengurus anak, liburan, menyalurkan hobi, bahkan melanjutkan kuliah sekalipun.

Menjadi seorang freelancer dapat dilakukan secara full time ataupun part time. Ada yang menjadikannya sebagai profesi tambahan di luar pekerjaan utamanya. Namun, sebagian orang ada yang fokus dan memilihnya sebagai pekerjaan utamanya.

Keuntungan lainnya memilih freelance sebagai mesin uang adalah bekerja sesuai passion. Bukankah hobi yang dibayar itu sebuah karuniai?

Sebagian orang memahami freelancer itu mudah, tinggal bekerja sesuai keinginan hati. Hal itu tidak sepenuhnya benar, terutama bagi yang baru terjun ke bidang ini.

Tidak seperti dunia kerja umumnya persaingan freelancer ketat, kita harus berusaha maximal memberikan yang terbaik. Tak ada atasan yang akan menegur kinerja jelek, semua kerja sesuai keinginan kita sendiri. Saat hasil yang diinginkan klien tak sesuai mereka takkan menggunakan jasa kita dimasa depan. Terus, bagaimana nasib dapur akankah ngebul?

Sebelum memutuskan menjadi freelancer, perhatikan hal berikut:

1.Memiliki Keahlian Tertentu

Namanya juga menjual jasa, tentunya harus ada keterampilan yang harus ditawarkan pada orang lain.

2. Mengenal Dunia Internet

Bekerja remote atau jarak jauh takkan terwujud tanpa adanya internet. Perusahaan atau perorangan akan mencari jasa pekerja lepas dari internet.

3. Mampu Mengatur Waktu
Tak ada atasan tetap yang mengingatkan deadline, begitulah ritme pekerja lepas. Kesemua tanggung jawab suatu pekerjaan diatur oleh dirinya sendiri.

Maka dari itu, seorang pekerja lepas harus fleksibel dan mudah beradaptasi dengan situasi yang dihadapinya dalam bekerja.

Para pekerja lepas akan sukses jika dia memiliki aturan dan komitmen dalam menjalankan profesinya. Saat terjadi kesepakatan dengan pemberi job harus ditepati termasuk dengan waktu penyelesaian.

Jenis pekerjaan yang dilakukan oleh freelancer diantaranya adalah:

1. Jasa Desain
Memiliki keterampilan dibidang desain grafis akan memberikan penghasilan fantastis.

Cakupan desain itu banyak seperti  grafis, interior, membuat template blog/ website dan sebagainya.

2.Menjual Foto

Hobi fotografi tak harus punya kamera mahal, Dijaman sekarang pun smartphone bisa hasilkan foto bagus.

Bekerja sesuai passion, hobi fotografi malahan bisa dijual ke situs fotografi yang memberikan sejumlah uang sebagai gantinya.

3.Penerjemah

Memiliki kemampuan fasih berbahasa asing tak harus jadi guide. Kita masih bisa bekerja dari rumah dengan menyediakan jasa penerjemah.

Berbagai buku atau artikel bisa diterjemahkan sesuai kebutuhan klien. Dan untuk hitungan adalah per buku atau perhalaman. Wow.. banget

4.Konsultan
Ahli dalam suatu bidang, suka mendengarkan curhatan dan memiliki kemampuan komunikasi yang baik? Coba saja buka jasa konsultasi mandiri. Contohnya jasa konsultasi karier, pernikahan, keuangan dan sebagainya.

5.Editor
Cakupan editor tak hanya buku saja tapi juga untuk beberapa media online. Umumnya freelancer sebagai editor ada 2 jenis yaitu :
- Editor tetap, diharuskan datang ke kantor untuk briefing pada waktu tertentu.
- Editor tidak tetap, hasil pekerjaan yang dikerjakan dari rumah dan dikirim dengan melalui email.

6.Social Media Influencer
Ini jenis pekerjaan baru, menaikkan suatu produk atau event dengan jumlah follower. Biasanya pada Instagram.

7.conten writter
Freelancer bisa menjual jasa menulis artikel (content writer) pada situs besar.atau pada blognya sendiri (sponsor post)Menulis artikel dan copy writing

Blogger  bisa menghasilkan via blog dengan sponsor post, content placement dan job afiliasi.

8.Jasa Mengelola dan Pemasaran dalam Media Sosial

Pada online shop yang besar seperti e-commerce ada pembagian pekerjaan dan harus bertanggung jawab pada bidang tersebut. Contohnya ada admin yang mengelola dan memasarkan produk via media sosial.

Gambaran pekerjaan admin pemasaran adalah
-Membangun kesadaran brand.
-Membuat dan membagikan konten.
-Berinteraksi dengan fans/follower.
-Meningkatkan traffic ke website melalui media sosial.

Sedangkan bagian pemasaran dengan dengan menyiapkan teks iklan, gambar, dan/atau video . Setelah itu juga harus melakukan berbagai pengujian dan pengolahan data untuk menghasilkan sebuah iklan yang efektif.

Apapun bidang yang dipilih harus ditekuni dan dilakukan dengan profesional.


You Might Also Like

0 komentar

Hai... silahkan tinggalkan pesan dan tunggu saya approve ya...
terima kasih udah berkunjung

KSB

yang diikuti

Blogger Perempuan
Indonesia hijab blogger

Like us on Facebook

Total Pageviews

Flickr Images

Daisypath Anniversary tickers