Cara Mudah Hemat Air Di Rumah

August 19, 2019

Selain tagihan listrik, tagihan air yang membengkak juga menjadi momok tersendiri untuk sebagian orang. Memang, tak bisa dipungkiri jika air merupakan bagian terpenting untuk kehidupan seseorang. Untuk itu, banyak orang mencoba berbagai cara untuk menghemat air.

Berikut beberapa cara hemat air yang bisa kamu lakukan agar tagihan tidak membengkak.

1. Mengurangi Kegiatan Menyiram

Cara hemat air dirumah dengan kurangi menyiram

Cara pertama yang bisa kamu lakukan adalah mengurangi beberapa aktivitas yang banyak menggunakan air. Seperti mencuci kendaraan, menyiram tanaman dan halaman agar tidak berdebu, dan aktivitas lainnya.

Jika kamu terbiasa mencuci kendaraanmu setiap seminggu dua kali, maka usahakan untuk mencuci kendaraan minimal 2 minggu atau sebulan sekali. Atau pada saat kendaraan tersebut kotor saja. Kemudian, untuk hemat air pada saat menyiram tanaman. Tidak perlu menyiram
tanaman pada saat musim hujan. Cukup pada saat tertentu saja. Seperti sehari sekali pada pagi hari, tidak perlu dua kali.

2.Matikan Keran dengan Benar
Cara hemat air dirumah dengan mematikan keran

Di dalam sebuah rumah tentu ada saja oknum yang tidak mematikan keran atau kurang rapatnya saat menutup keran sehingga masih saja ada keran dengan air mengalir. Hal ini tentu akan membuat pengeluaran air makin membengkak. Lagi pula, hal ini juga bisa membahayakan kelestarian air bersih di sekitar.

 3 .Gunakan sedikit Detergen dan Sabun Pencuci Lainnya
Cara hemat air dirumah dengan mengurangi deterjen

Saat kamu menggunakan detergen secara berlebihan, maka membutuhkan air yang cukup banyak pula. Sehingga, untuk hemat air, cobalah untuk menggunakan sedikit detergen tetapi tidak mengurangi kebersihan barang yang akan dicuci.

 4.Memeriksa saluran air
Cara hemat air dirumah dengan memeriksa saluran air

Saluran air yang berfungsi dengan baik nyatanya bisa membantumu untuk menghemat air yang keluar. Dengan memeriksa saluran air secara berkala, maka kebocoran saluran bisa terdeteksi dengan cepat dan segera pula ditangani.

5.Membuat Lubang Biopori
Cara hemat air dirumah dengan biopori

Biopori bisa menjadi solusi cerdas untuk hemat air. Selain itu, cara membuatnya pun mudah. Kamu perlu membuat lubang dengan diameter 10 cm di halaman rumah. Kemudian isilah lubang tersebut dengan sampah organik. Ketika hujan, lubang tersebut akan terisi oleh air.
Air yang masuk ke dalam lubang akan turun dan diserap tanah yang bisa menjadi suplai air bersih untuk kebutuhan rumahmu.

6.Botol Air di Tangki WC

Trik yang satu ini bisa membantumu untuk menghemat air pada saat flushing. Dalam sehari, flushing bisa membuang air sebanyak 2,5 galon. Nah, jika kamu memasukkan botol air ke dalam tangki WC. Maka kamu bisa mengurangi penggunaan air karena setelah diamati, dengan trik ini kamu hanya memerlukan air sebanyak 15-20 liter per hari saja.

7.Gunakan Aqua Bekas

Air bekasmu mencuci bisa kamu manfaatkan untuk aktivitas yang pertama, yaitu menyiram. Bukan hanya hemat air. Namun, perlu diingatkan bukan untuk mencuci barang. Melainkan seperti aksi menyiram halaman karena berdebu dan lain sebagainya.

8.Batasi Waktu Mandi dan Gosok Gigi
Cara hemat air dirumah dengan batasi mandi

Membatasi waktu mandi juga penting loh. Dengan membatasi waktu untuk mandi, maka kamu maupun anggota keluargamu akan menggunakan air seperlunya. Sehingga, air yang terbuang pun akan lebih sedikit daripada biasanya.

Itulah cara hemat air yang mudah untuk kamu jalankan. Dengan kamu melakukan aksi penghematan air, maka bukan hanya untuk kebutuhan hidupmu saja yang diringankan.

Nyatanya, kamu pun telah berani melakukan aksi penyelamatan dunia terkait air bersih.

You Might Also Like

0 komentar

yang diikuti

Blogger Perempuan
Blogger Perempuan
Indonesia hijab blogger

Like us on Facebook

Total Pageviews

Flickr Images

Daisypath Anniversary tickers