Tetap Cantik Saat Menerapkan Hidup Zero Waste

April 12, 2019

Gaya hidup zero waste atau bebas sampah adalah gerakan mengurangi sampah yang dilakukan setiap hari. Dari bangun tidur sampai mejam lagi harus mengurangi sampah. Jika dibayangkan agak sulit ya melakukannya, hidup tak lepas dari zat sisa.

Tapi jangan skeptis duluan, lakukan dari sendiri secara terus menerus dan hasilnya terjadi pengurangan sampah secara signifikan. Saya ngerasa banget saat bawa tas belanja sedikit bawa plastik pulang.

Yups, saya mencoba menerapkan zero waste tapi belum maximal. Tantangannya berat banget, dari tatapan aneh orang melihat belanjaan saya berantakan. Pakai plastik itu bikin semua tersusun rapi.

Belum lagi keanehan saya, mengeluarkan belanjaan dan menjadikannya dalam satu plastik misalnya bawang dengan cabe dan tomat. Atau aneka sayuran bersatu.

Sebenarnya ada alternatif bawa pouch demi ngurangin plastik tapi saya belum punya. Bahan pembuatnya yaitu baju bekas ngak ada. Semua pakaian dipakai sampai hancur, kalau beli rasanya belum zero waste. Kenapa ? defenisi pengurangan sampah tak hanya plastik sebenarnya tapi juga bahan yang berpotensi meninggalkan sampah. 

Bicara zero waste tak hanya tentang plastik yang membutuhkan waktu ratusan tahun agar bisa terurai. Tapi juga sampah yang dihasilkan dari proses produksi  barang tersebut.  Setiap aktifitas dan hasilkan sesuatu akan selalu ada sisanya yang ngak berguna.

Upaya yang dilakukan untuk menerapkan hidup minim sampah dengan konsep 5R meliputi  refuse(menolak),reduce( mengurangi) ,reuse(gunakan lagi) recycle(mendaur ulang) dan rot( kompos) .

Cara terbaik dan termurah saat memulainya adalah refuse, katakan tidak pada hal/barang yang ngak perlu. Jadi saat melihat seuatu yang unik dan lucu rethink, pertimbangan kegunaannya.

Penerapan hidup minim sampah dipraktikkan sesuai dengan sikon masing-masing. Kita ngak bisa menyamakan dan memaksakan  seseorang untuk murni zero waste. Kenapa? Kebutuhan setiap orang itu beda.

Hidup minim sampah bukan berarti ngorbanin diri sendiri tapi lebih kepada bijak menggunakan ini dan segala sesuatu. Memilih hidup dengan cara ini kita masih bisa sehat dan cantik kok.

Adapun caranya dengan
1.Tentukan kebutuhanmu
Pikirkanlah sebelum membeli produk kecantikan dan kesehatan apakah benar-benar butuh. Jangan hanya karena ingin cantik dan cetar beli ini itu dan kepake sesekali aja. Trus tuh produk expayer.

Alasan produk kecantikan dan kesehatan perlu dipikirkan saat membelinya adalah sampahnya itu banyak dan bisa diuraikan.

Jadi kalau pengen terlihat cantik kita masih bisa membelinya tapi mengurangi dari biasa, istilah Reduce.

2.Membuat Produk Kecantikan dan Produk Pembersih DIY

Akan lebih baik jika kita membuat produk kecantikan dan kebersihan sendiri. Selain lebih sehat, hemat dan pastinya aman.

Saat ini banyak beredar resep produk kecantikan dan pembersih serta bahan penggantinya yang lebih ramah lingkungan.

Contohnya baking soda, cuka, citrus dan essential oil sebagai produk pembersih. Lerak untuk mencuci pakain dan piring. Atau pembersih serbaguna dengan membuat eco enzim. Resepnya banyak beredar ya, tinggal cari aja

3. Jika ngak sempat diy kita bisa membeli produk jadi yang berbahan alami, ramah lingkungan.

Saat ini banyak banget dijual produk kecantikan berbahan alami dengan packing yang ramah ,tidak menggunakan plastik bahkan bisa didaur ulang terus menerus. Atau jika dekat dengan tempat pembelian kita bisa bawa wadah sendiri.

Contoh produk deodoran, natural solid parfum ,body lotion, dsbnya.

4.Gunakan Kain Sebagai Alat Pembersih

Stop tisu sebagai media membersihkan benda dan tubuh. Atau menggunakan kapas sebagai pembersih wajah. Sifat awalnya terbuat dari serat alami dan bisa didaur ulang tapi ketika terkontaminasi makeup dan bahan-bahan kimia dari produk kosmetik tidak bisa lagi digunakan sebagai kompos.

Saat ini banyak dijual Reusable cotton pad alternatif kapas. Kalau mau hemat lagi tinggal kita buat sendiri dari kain bekas dirumah. Harus diingat kainnya lembut dan bersih ya.

5.sikat gigi ramah lingkungan

Saat ini sudah banyak sikat gigi yang bisa didaur ulang terbuat dari bambu. Jika ngak cocok bisa gunakan siwak

Gimana?  Mau cantik dalam kondisi zero waste?  Bisa banget. Oh iya..  Jika mau beli produk ramah lingkungan bisa ke Ig suistaination, Kalau mau yang spesifik makeup di elatecosmetics, zoorganicmakeup


You Might Also Like

0 komentar

yang diikuti

Blogger Perempuan
Blogger Perempuan
Indonesia hijab blogger

Like us on Facebook

Flickr Images

Daisypath Anniversary tickers