Perkembangan Ilmu Lain yang Mendukung Epidemiologi

February 25, 2011

Setiap waktu ilmu-ilmu berkembang begitu juga dengan Epidemiologi. Kenapa? Cakupan nya luas, mempelajari pola kesehatan dan penyakit serta faktor yang terkait di tingkat populasi. Mudahnya, bicara epidemiologi adalah tentang kesehatan masyarakat.

Ketiga hal diatas ini membuat seseorang epidemiolog harus selalu belajar. Jangan sampai lengah dan baru ngeh ketika terjadi wabah.
Menurut Dr. Anton Muhibuddin (Universitas Brawijaya), saat ini epidemiologi telah berkembang pesat baik pendalaman ilmunya maupun perluasan ilmunya. 

Perluasan ilmu epidemiologi saat ini juga mencakup bidang pertanian agrokompleks (termasuk perikanan, perkebunan, perikanan) dan mikrobiologi.



Perkembangan itu dilatarbelakangi  oleh beberapa hal :
1.      Tantangan Zaman
        Dimana terjadi perubahan masalah dan perubahan pola penyakit. Sewaktu zaman John Snow, epidemiologi mengarahkan dirinya untuk masalah penyakit tidak infeksi dan wabah. 

        Dewasa ini telah terjadi perubahan pola penyakit kearah penyakit tidak menular, dan epidemiologi tidak hanya dihadapkan dengan masalah penyakit semata, tetapi hal-hal lain juga, baik yang berkaitan langsung ataupun tidak langsung dengan penyakit, serta masalah kesehatan secara umum.

2.      Perkembangan Ilmu Pengetahuan Lainnya
       Pengetahuan klinik kedokteran berkembang begitu pesat disamping perkembangan ilmu- ilmu  lainnya seperti biostatistik, administrasi, dan ilmu perilaku (behavior science). 

       Penelitian kesehatan masyarakat membantu dalam mengungkap masalah kedokteran berbasis bukti (eveidence based medicine) untuk mengidentifikasikan faktor risiko penyakit serta menentukan pendekatan penanganan yang optimal untuk praktik klinik dan untuk kedokteran preventif. 

       Epidemiologi saat ini menggunakan beragam alat-alat ilmiah, dari kedokteran dan statistik sampai sosiologi dan antropologi. Dan harus selalu diingat keberadaan bidang ini tidak hanya berkutat pada masalah penyebaran penyakit, tetapi juga dengan cara penanggulangannya. Contohnya adalah arus migrasi membuat banyak penyakit yang muncul karenanya, maka seorang epidemiolog harus memahami fenomena tersebut.

      

You Might Also Like

0 komentar

yang diikuti

Blogger Perempuan
Blogger Perempuan
Indonesia hijab blogger

Like us on Facebook

Total Pageviews

Flickr Images

Daisypath Anniversary tickers