Saat Ini Saya Masih Setia menjadi Blogger Part Time

December 11, 2018

Blogger part time atau full time
Blogger merupakan sebuah profesi yang menjanjikan jika serius ditekuni. Banyak cara menghasilkan uang dari blog seperti dari lomba, conten placement, job review dan Google Adsense. 

Job review dan content placement lebih disukai daripada kompetisi dan adsense bagi sebagian orang. Pada instagram dikenal dengan endorse. Namun, tidak mudah untuk mendapatkannya bukan? Ada syarat yang harus dipenuhi seperti niche blog dan nilai Da serta Pa. 

Ada beberapa agency yang mengkhususkan niche ,oh iya.. Apakah sudah tau niche itu apa?  Singkatnya niche adalah kekhususan dalam suatu tema blog. Misalnya kesehatan, kuliner dsbnya

Berbeda dengan niche yang udah ada sedari awal (bagi yang sudah menemukan nichenya) tidak berlaku untuk nilai DA dan PA . Keduanya didapatkan dari kesungguhan ,konsistensi dan trik dalam membangun blog. 

DA dan PA  akan menjadi tolok ukur sebuah situs web apakah berkualitas atau tidak. Keduanya 
Memiliki hubungan yang erat dengan SEO. Cmiiw ya

Domain Authority (DA) adalah sebuah tolak ukur untuk sebuah domain situs web secara keseluruhan. DA ini akan mengukur seberapa greget,  eh...  maksudnya seberapa kuat nama domain bertengger dimesin pencari. Sedangkan PA (Page Authority)  mengukur 1 halaman saja disebuah situs web. 

Jika diibaratkan , DA merupakan bangunan sedangkan PA adalah kursinya didalamnya. Saat masuk orang akan memilih tempat duduk yang disukainya bukan? Nilai yang tinggi menunjukkan kalau halaman tersebut sering muncul di mesin pencari. 

Meningkatkan nilai PA dan DA dengan cara menulis artikel yang menarik dan bermanfaat serta harus mengedepankan SEO.  Selama ini saya berusaha bikin tulisan yang ngak sekedar curhat saja tapi tetap saja nilai keduanya masih jauh. Aaah ..sudahlah daripada pusing lebih baik saya kembali ketujuan awal ngeblog yaitu aktualisasi diri. 

Bagi saya blog adalah tempat untuk menumpahkan semua isi kepala yang banyak demi mencari ketenangan. Kadangkal sulit mengungkapkan sesuatu dengan bahasa lisan, coba menulis. Ternyata, rajin menulis melatih otak supaya tidak cepat pikun. Beruntung banget saya bisa kenal dengan blog. Harapan sederhana yang ditulis bisa menjadi solusi bagi orang. 

Jadi, pertanyaan untuk menjadi blogger full time atau part time sebenarnya udah terjawab. Itupun kala ada yang menanyakannya. Bua.. ha.. ha

Memilih menjadi blogger full time itu sulit,  banyak yang harus dilakukan dan ribet. Yang pertama adalah konsisten menulis. Minimal ya, update postingan 2-4 kali seminggu.


Isi Blog seperti apa? 

Cukupkah konsistensi? Ngak , dia harus memperbaiki teknik penulisan, tidak harus bahasa puitis kayaknya pujangga.  Pilihlah kalimat yang mudah dipahami dan kalaupuan menyelipkan kata baru, beri sedikit penjelasan .

Postingan yang dibuat tidak boleh asal ,kalaupun curhat jangan kentara banget. Berkualitas dan Originilitas itu yang utama, copas dilarang dan kalaupun mau menggunakan sumber lain cantumkan . Jika diibaratkan dagangan harus memiliki nilai jual. 

Efek visualisasi harus diperhatikan. Pilihlah gambar yang tidak buram ,tidak berat dan sesuai dengan topik bahasan. Akan lebih bagus jika jepretan sendiri, kalau ngak bisa diambil dari situs yang menyediakan gambar gratis seperti pixabay, pexel dsbnya. 


Adakah hal lainnya sebelum memilih 

Hal teknis lain yang harus ada yaitu optimasi media sosial (share link untuk memasarkan tulisan dan bergabung dikomunitas ) , SEO, BW, dan analisis mendalam traffic. Setiap bulan trafiknya harus diperhatikan dan jika menurun cari penyebabnya.  Gimana, sanggup? 


Saya ada dimana? 

Saya nyerah untuk saat ini, ngak tau besok ya. Situasi dan kondisi sebagai IRT yang sedang program kehamilan tak memungkinkankan. Artinya saya harus siap ribet ngintip tool online DA, PA dan trafik tiap sebentar. Cari strategi biar tak merangkak terus nilainya . Itu bikin capek. 

Saya ingin enjoy dimasa ini, bukan hal yang besar jika lebih sering lupa share link ke media sosial. Ha..  Ha. Gimana mau mendapatkan trafik? Saya pahaam banget tanpa adanya share link,orang ngak akan kenal dan kemungkinan kecil ada yang berminat untuk membaca.

Saya mau have fun aja, tidak terbebani karena belum mahir bikin bikin infografis Ha.. Ha. Sesekali mengecek pergerakkan blog dan tak mau mempermasalahkan apapun, lebih senang menulis aja. 

Jika ditanya seriuskah ngeblog? Serius banget. Setiap mau menulis cari ide yang berbeda, kumpulkan bahan, bikin outline demi menciptakan tulisan yang berkualitas dan unduh foto.  Tapi I don't want to be a full time blogger untuk saat ini. 

Trus gimana cara perpanjangan domain tanpa ada penghasilan dari blog. Sebagai part time saya akan rajin update tulisan berkualitas dan sesekali receh kemudian apply tawaran job dari agency. Walaupun, hasilnya (nominal) ngak secetar full time blogger saya puas karena perjuangan mereka untuk sampai dititik itu besar banget.  Hasil takkan menghianati proses. 

You Might Also Like

6 komentar

  1. Waw, keren banget mba. Aku suka tulisannya, greget banget. Salam kenal ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal juga mbak
      Alhmdulillah kalau suka mbak. Terima kasih

      Delete
  2. Nambah ilmu... tiap kali baca tulisan blogger senior jadi nambah ilmu. Saya pribadi, Nge-blog hanya ingin menuliskan apa yang telah saya kerjakan agar jejak saya tetap terekam... Salam kenal..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya ..Blogger senior bisa jadi inspirasi mbak. Iya . .Kita berproses menjadi mereka ,saat ini menikmati sebagai rekam jejak aja dulu mbak

      Delete
  3. Setuju banget Mba. Walau belum nyampe nominal Gede, tapi dapat penghasilan bulanan dari blog tu seneeeng banget karena melakukan apa yang disuka eh dibayar pula.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Punya hobi yang dibayar itu mengasyikkan mbak .Semoga tahun ini nominalnya bisa meningkat

      Delete

Beautynesia

beautynesia blogbeautynesia

Iblogmarket

IBX5A99EA8C4DE69

Like us on Facebook

blogger muslimah

Flickr Images

Daisypath Anniversary tickers