5 Rekomendasi Buku Ini Wajib Dibaca, Yuk Cari Tahu Alasannya

November 29, 2018

Buku jendela dunia,ungkapan usang ini akan selalu berguna. Karena buku kita bisa pintar, mampu melihat dunia lebih luas. Buku bisa menjadikan kita orang berbeda ,ia mampu  mengubah pemikiran.
Sayangnya budaya baca kita makin rendah apalagi semenjak era digital .

Saya tak pilih-pilih dalam membaca buku ,tapi akan mengutamakan buku yang sedang banyak digunjingka orang . Tak hanya  penasaran dengan isinya tapi juga gaya bahasa penulisnya.

Saya rekomendasikan 5 buku ini wajib dibaca , kalau bisa dimiliki.
Buku apakah itu ?

1.laskar pelangi

Buku ini terdiri atas 4 bagian sehingga dikenal dengan tetralogi. Jadi harus baca buku dari awal biar  enak ngikuti ceritanya.

Buku pertama menceritakan tentang masa kecil ikal dengan teman-temannya disekolah muhammadiyah. Sekolah yang hampir tinggal nama karena kekurangan muridnya.

Semua siswa memiliki latar belakang yang berbeda-beda. Hanya satu kesamaan yang pasti, memiliki ekonomi yang lemah.

Semangat mereka ersekolah dalam keterbatasan menyentuh banget. Belajar semua pelajaran umum dan agama. Tak ada lab mereka langsung belajar di alam.

Laskar pelangi, nama ini disematkan buk muslimah untuk hobi mereka yang menanti pelangi setelah hujan. Mungkin, pelangi simbol itu untuk harapan.

2.dibawah lindungan kakbah

Inilah Karya pertama dari hamka yang saya sukai, setelah membaca buku ini saya mulai berburu karya hamka. Agak sulit mendapatkannya.

Menulislah demi keabadian, saya menemukannya sekarang. Saat tak pernah bertemu tapi bisa mengenalnya dari karya.

Dibawah lindungan ka'bah menceritakan kisah Cinta yang tak sampai . Ibu Hamid menjadi PRT dirumah zainab. Seringnya pertemuan membuat keduanya jatuh Cinta .Tak ada yang tahu jika Cinta sudah berkata, hutang budi dan status sosial mengurungkan keinginan hamid untuk bersama zainab.

Cobaan demi cobaan menghampiri keduanya.  Mulai dari diusirnya Hamid dari kampung karena dituduh secara tidak sopan menyentuh Zainab hingga akan dijodohkannya Zainab dengan anak seorang saudagar kaya.

Setelah terusir dari kampungnya hamid berkelana hingga sampai ke Mekkah.

Sementara zainab menunggu hamid dan tak mau menikah dengan orang lain karena setia dengan janji untuk mempertahankan cinta mereka.

Saat menunaikan ibadah haji hamid meninggal di hadapan Ka'bah setelah mengetahui Zainab meninggal.

3. Rasulullah is my doctor

Buku ini terdiri atas 3 bagian, bagian 1 membahas tentang kedokteran nabi. Bagian 2 ramuan alami dan saran-saran,sedangkan  bagian 3 berbahaya bagi kesehatan.

Kedokteran nabi membahas tentang doa, manfaat madu,rukyah, habbatussaudah dan bekam. Ketika sakit hal pertama yang dilakukan adalah memberikan madu.

Pengobatan lain yang dilakukan adalah rukyah,yaitu pembacaan ayat alquran dan berdoa kepada allah dalam permohonan untuk penyembuhan penyakit .

Hadist yang diriwayatkan oleh bukhari menyatakan ada penyembuhan dalam jintan hitam untuk semua penyakit kecuali kematian.

Buku ini menceritakan pengalaman yang sehat saat menderita penyakit berbahaya tapi sembuh setelah mengkonsumsi habatus. Beberapa resep penyakit meggunakan jintan hitam juga diberikan.

Bekam merupakan upaya untuk mengeluarkan darah kotor dari dalam tubuh, penyakit bisa berasal dari hal ini. Apapun upaya yang di lakukan tidak akan ada artinya tanpa doa.

Bagian 2 terdiri atas obat-obat yang berasal dari buah-buahan dan tumbuh-tumbuhan untuk menyembuhkan penyakit.

Bagian 3 agak berat bahasannya tentang rasionalisasi obat dan vaksin

4.ayah

Mengenal buya Hamka melalui karya-karyanya.Dan beruntung saya bisa mendapatkan buku ini.

Melalui penuturan anak kelimanya, Irfan Hamka,saya mengenal buya tak hanya ulama saja tapi juga sastrawan, budayawan, politisi, cendikiawan, dan pemimpin masyarakat.

Sifat teladan yang sulit kita lakukan adalah pemaaf dan buya memang panutan, mampu memaafkan orang yang sangat benci padanya. Bahkan ketika orang yang menyakiti minta tolong buya hamka tak pernah menolaknya.

Pendirian Teguh dan hati yang lembut bisa kita temukan saat membaca buku ini.
Ayah, menceritakan pengalaman irfan bersama buya selama 33 tahun. Rekaman sejarah ini ditulis dari kecil sampai dewasa .

5. Sifat sholat nabi tata cara sholat sesuai dengan tuntunan rasulullah

Buku ini lengkap menjelaskan tata cara sholat dimulai dari persiapan, gerakan dan dzikir.
Tak hanya bahasan lengkap dengan catatan kaki, juga dilengkapi dengan gambar.

Saya rekomendasi beli karena kebanyakan dari kita belajar sholat semasa kecil. Pernahkah kita update ilmu terutama tentang sholat?  Benarkah yang dibaca, gerakannya sudah tepat? Hafalkah dengan artinya?

Sholat tiang agama, maka dari itu harus diperbaiki.  Belajar dari buku salah satu caranya.


You Might Also Like

0 komentar

Hai... silahkan tinggalkan pesan dan tunggu saya approve ya...
terima kasih udah berkunjung

sosial media

LinkedIn

Join

KSB

Total Pageviews

Kelas Growth dari Growthing.id*