Cara Menjadi Istri Yang Baik

November 23, 2014

Menjadi istri itu mudah cukup dinikahi oleh sesorang setelah itu dapat gelar baru, yang sulit itu adalah menjadi istri yang baik untuk suami, lingkungan dan keluarga suami.
Menikah itu menyatukan banyak perbedaan yang kadang akan sulit untuk diterima, menerima lingkungan pergaulan baru seperti lingkungan suami dan keluarga suami. Proses pembauran jika tidak dilakukan dengan hati-hati akan membuat konflik yang baru. 

Menjadi istri yang baik merupakan idaman semua wanita tapi kadang tanpa sadar kita sebagai wanita terjebak dalam ego. Dalam islam banyak yang bisa dijadikan contoh istri yang baik salah satunya adalah khadijah binti khuwalid yang membuat Aisyah cemburu besar, karena  Rasulullah SAW mengingatnya sepanjang waktu bahkan ketika beliau dengan isteri-isterinya yang lain. Jika telah bisa menjadi istri yang baik maka akhirnya terbentuklah keluarga yang sakinah, mawaddah, dan rahmah.

Belajar menjadi istri yang baik itu tidak hanya melalui buku saja tapi dari pengalaman orang lain, pastinya kita ingat sebuah pepatah: alam takambang jadi guru. 

Walaupun belum jadi istri saya selalu mendapatkan cerita seputar kehidupan rumah tangga baik dari teman-tema yang telah :mendahului saya” dan beberapa wejangan mami. 

Berikut beberapa cara yang akan membuat diri kita menjadi istri baik yang berhasil saya kumpulkan dari berbagai wawancara dengan teman-teman secara tak resmi
1.  Bisa menenangkan suami
Sebenarnya dalam hidup ini secara alamiah telah terjadi pembagian tugas yaitu suami sebagai pencari nafkah dan istri sebagai pengatur rumah tangga. 

Kadangkala suami mendapatkan masalah ditempat kerja yang akan mempengaruhi moodnya, lelaki tak seperti perempuan yang sering mengumbar emosinya di sosmed mereka lebih cenderung diam dan memendam. Istri yang baik harus mampu menangkap perubahan mood suami dan harus bisa menenangkan akan lebih yahud lagi jika bisa memberikan solusi dengan bijak

2.  Bisa cari uang
Tugas utama lelaki adalah mencari uang bahkan saking besarnya pahala mencari uang untuk keluarga disamakan dengan jihad.

Alangkah lebih baik istri bisa membantu suami mencari nafkah sehingga suami tidak terlalu susah, Mencari uang tak harus diluar rumah dengan kemajuan teknologi saat ini di rumahpun dengan bisnis online uang tetap mengalir kekantong karena sebagian lelaki tak suka istrinya bekerja diluar rumah. 

Banyak keuntungan istri yang bisa menghasilkan uang seperti  saat terjadi musibah misalnya suami sakit atau malah di PHK tidak akan gamang dalam hal ekonomi, bukankah tangan diatas lebih baik dari pada tangan di bawah. Kadangkala kita ingin membantu saudara sedangkan itu diluar anggaran rumah tangga akan terhalang jika tidak punya uang sendiri. 

3.  Tawakal dan sabar
Istri yang baik harus mampu mengarahkan suami kepada Jalan tawakal dan kesabaran ketika ada masalah, malah hendaknya suami makin taat ketika ditimpa cobaan. 

4.  Bergaul baik dengan teman suami dan keluarga suami
Ketika menikah kita masuk lingkungan baru di kehidupan sosial suami, seorang istri harus mampu bergaul dengan teman suaminya, bisa menempatkan diri dengan teman suaminya, nyambung ketika diajak berbicara sehingga harga diri suami akan naik karena istrinya terlihat bisa nyambung dengan orang lain .

Lingkungan keluarga suami juga harus bisa bergaul dengan baik apalagi jika suami memiliki keluarga besar, masalah klasik yang sering muncul adalah hubungan yang sering konstlet dengan mertua.

Perlakukan mertua dengan baik seperti orangtua sendiri, selalu ingat jika tak ada orangtunya kita kan bertemu dengan anaknya. KAdang kala yang jadi masalah adalah suami terlalu sayang dengan istri sehingga melupakan orangtuanya, sebagai istri yang baik ingatkalah suami berbakti pada orangtua juga penting

5.  Mendidik anak-anak dengan baik.
Anak merupakan anugrah yang diberikan oleh ALLAh SWT , anak awalnya sebuah kertas putih yang akan berubah warna saat mereka dewasa, oleh sebab itu orangtua terutama istri harus mampu mendidik anaknya dengan baik karena aak lebih sering berada dekat dengan ibunya. Mulai menanamkan pendidikan agama sejak dini kepada anak”.

6.  Memanjakan suami
Setelah lelah berktifitas seharian diluar rumah suami butuh penghargaan dengan cara dimanjakan, bentuk sederhana yang bisa dilakukan adalah, menyambutnya dengan senyuman yang manis, membawakan tas kerja memasakkan makan kesukaannya.
Semoga kita bisa seberuntung menjadi Khadijah, dia mendapatkan dua cinta agung,cinta Allah SWT dan cinta kekasih Allah.  Semoga kelak kita menjadi tetangga beliau di surga




You Might Also Like

0 komentar

Hai... silahkan tinggalkan pesan dan tunggu saya approve ya...
terima kasih udah berkunjung

sosial media

LinkedIn

Join

KSB

Total Pageviews

Kelas Growth dari Growthing.id*