Palm Sugar Si Manis yang Sehat

February 10, 2014


Rasa manis tidak bisa dipisahkan dari hidup kita. Apapun makanan dan minumnya akan ditambahkan dengan yang manis. Contohnya makan dengan es teh, atau menikmati kue dengan segelas jus. 
Penggunaan makanan dan minum manis terus menerus berdampak pada kesehatan. Lalu gimana donk? Kita masih bisa menikmati yang manis tapi menggunakanpemanis sehat dan alami.
Baca: pantangan yang dipatuhi selama program kehamilan

Dan pilihan yang tepat adalah menggunakan palm sugar atau gula aren

Si manis yang aman digunakan 

Palm sugar  sudah dikenal sejak lama oleh masyarakat Indonesia, berasal dari pohon enau. Proses pembuatan gula ini membutuhkan kesabaran, saya pernah membuatnya dan terasa melelahkan karena kita harus berdiang ditungku menjaga besar api, jangan sampai hangus dan berbau asap. 
Proses pembuatannya sebanding dengan rasa manisnya yang ngak bikin neg. Berbagai makanan dan minuman manis bisa dibuat nikmat jika gunakan palm sugar . 
Kelebihan lain dari pemanis ini aman digunakan bagi penderita diabetes melitus.  
Bagi kami di sumatera barat gula aren ini kami sebut dengan soka, 


Awalanya hanya untuk membuat kolak saja dikarenakan nenek menderita diabetes melitus, sehingga dengan terpaksa kami mengurangi penggunaan gula pasir.

Adapun bahan -bahannya adalah  pisang, nangka, dan ubi jalar, Soka, santan dan daun pandan.



Permulaan menggunakan terasa berat tapi dengan seiring waktu jadi terbiasa. Sekarang hampir semua makanan dan minuman manis  kami menggunakannya.  Termasuk minuman seperti kopi, teh, cincau, bahkan ice cream juga terasa nikmat. Manisnya tidak neko-neko. 

Oh iya...Ada satu minuman yang dipercaya sehat yaitu telur ayam kampung mentah dicampur dengan  palm sugar kemudian disiram dengan air nasi mendidih. 

Jangan tanya rasanya karena menurut saya absurd tapi ingat sehat karena dari telur kita dapatkan protein, dari nasi sedikit karbohidrat dan ada gula dari palm.

Minuman ini mengeyangkan dan sangat cocok diberikan untuk orang yang kurang energi. Tuh banyak manfaatnyanya jadi ngak papalah nyetok dirumah pemanis ini.

Terus gimana kalau lagi nggak dirumah?bakalan repot membawa palm sugar. Tenang... sekarang sudah ada yang instan lebih praktis dan tentunya lebih hieginis 

Banyak pilihannya ada yang cair dan bubuk tinggal pilih info lengkapnya bisa dilihat di (http://www.palmsugarindonesia.com/)


 Tulisan ini diikutsertakan dalam ikut menulis pemanis sehat yuuuk




You Might Also Like

0 komentar

yang diikuti

Blogger Perempuan
Blogger Perempuan
Indonesia hijab blogger

Like us on Facebook

Flickr Images

Daisypath Anniversary tickers