Mengenal Epidemiologi Kesehatan

January 19, 2011

Tak pernah terpikir oleh saya akan tercebur didunia epidemiologi. Tau gak sih gambaran masa cari pitih adalah berseragam putih kerpukerli (kerja pulang kerja dan libur). Adapun tempat kerjanya adalah RSIA dan puskesmas. Sederhana bukan .
Seiring berjalan waktu saya menambah ilmu dan mengambil jurusan ini karena menurut beberapa orang rada prestise. Emang ada ya jurusan yang kayak gitu ?

Entahlah, mungkin menurut mereka jurusan ini harus menelaah fakta ,memahami makna angka dari setiap kejadian. Sebenarnya ada juga yang ngambil jurusan kespro, tapi saya tak tertariktertarik  sedangkan jurusan lain ngak saya pahami. Bukannya ngak mau belajar tapi agak sulit untuk tansfer diploma mengambil jurusan yang bertolak belakang seperti kesehatan keselamatan kerja ,analisis kesehatan, promkes .

Hanya epidemiologi yang bisa saya kejar dan benar materi ngak seberapa tapi pemahaman angka penting, analisa harus mendalam .

Epidemiologi berasal dari Bahasa Yunani yang terdiri atas 3 kata
 Epi : pada, atas
 Demos : rakyat, penduduk
 Logos : ilmu
So epidemiologi itu ilmu yang mempelajari hal-hal yang terjadi pada rakyat (penduduk).

Beberapa arti epidemiologi menurut para ahli :
 Ilmu yang mempelajari penyebaran penyakit dan faktor-faktor yang menentukan penyebaran penyakit pada manusia ( Mac Mahon & Pugh, 1970)
 Studi tentang faktor yang menentukan frekwensi dan distribusi penyakit pada populasi manusia ( Lowe & Koestrzewski, 1973)
 Pada intinya : ilmu yang mempelajari, menganalisis serta berusaha memecahkan masalah kesehatan/yang erat hub.nya dengan kesehatan pada suatu kelompok masyarakat tertentu.

Mempelajari pola penyebaran penyakit atau masalah kesehatan berdasarkan sifat orang, tempat dan waktu . Setiap kejadian dilapangan kaitkan dengan ketiga variabel diatas. 

Pada awal perkembangannya epidemiologi mempunyai arti sempit, ilmu tentang epidemic. Pada perkembangannya selanjutnya diartikan sebagai ilmu tentang Distribusi (Penyebaran) dan Determinan (Faktor-faktor penentu) masalah kesehatan masyarakat yang bertujuan untuk pembuatan perencanaan dan pengambilan keputusan dalam menanggulangi masalah kesehatan.

Disiplin ilmu ini menekankan perhatiannya terhadap keberadaan penyakit dan masalah kesehatan lainnya dalam masyarakat, bahkan pelayanan kesehatan. Cakupan luas ya 

Hasil yang diperoleh dari studi epidemiologi dapat digunakan untuk menentukan pengobatan suatu penyakit, melakukan pencegahan, atau meramalkan hasil pengobatan. 

Bicara penyakit dan pengobatan tak jauh dari ilmu kedokteran. Adapun Perbedaannya terletak pada cara penanganan masalah. Ilmu kedokteran lebih menekankan pelayanan kasus demi kasus, sedangkan epidemiologi lebih menekankan pada kelompok individu. 

Epidemiologi merupakan ilmu yang kompleks , sehingga butuh disiplin ilmu, seperti :
1.      Demografi
2.      Sosiologi
3.      Antropologi
4.      Geologi
5.      Lingkungan fisik
6.      Ekonomi
7.      Budaya
8.      Statistika 

Kedelapan disiplin ini akan melebur menjadi satu ketika membicarakan penyakit atau masalah kesehatan . Kenapa? seorang epidemiologi harus memahami penyebab masalah bahkan harus sampai ke akarnya sebelum  menganalisa.
x

You Might Also Like

0 komentar

Beautynesia

beautynesia blogbeautynesia

Iblogmarket

IBX5A99EA8C4DE69

Like us on Facebook

blogger muslimah

Flickr Images

Daisypath Anniversary tickers