Wednesday, 5 July 2017

Tetap Berada Di Rumah Dengan Cyberhome

"Besok jadwal ngelong, bakalan lama ditinggal ya"..., itulah berita yang disampaikan suami menjelang tidur.

Saya hanya terdiam. Ngelong merupakan istilah untuk jadwal lembur, yaitu menggabungkan jadwal shift dalam sehari, misalnya masuk pagi disambung dengan sore.

Jam kerja biasa saja, wajah itu sudah terlihat lelah apalagi ngelong. Dobel banget capeknya. Rasanya tidak manusiawi saja saat tubuh dipaksa over.

Libur lebaran resiko ngelong makin besar didapatkan sebab banyak karyawan yang cuti. Pabrik harus terus jalan bukan? cara yang dilakukan untuk penuhi target dengan memaksimalkan tenaga yang tidak cuti.

"Alamak.... 16 jam dalam kesendirian. Saya harus ngapain untuk habiskan waktu. Silaturahmi ke tetangga gak bisa , mereka pada mudik" curhat saya

"Sabar ya... Jangan sedih, anggap ini rejeki kita. Oh iya... Nanti paketnya diisikan lagi, dan hilangkan kesuntukan dengan rekreasi dirumah" hibur suami

Selama suami lembur sudah 2 kali kuota saya diisi ulang. Internet menjadi kebutuhan apalagi sejak sering ditinggal sendirian. Berbagai hal bisa dilakukan dengan internet seperti belajar,  bekerja, berbisnis dan rekreasi.

Rekreasi??  Iya..  Kegiatan ini dapat dilakukan dengan bantuan internet. Rekreaksi saat ini sudah mengalami perluasan makna,  tidak lagi hanya sebatas pergi ke suatu tempat.

Asalkan dapat memberikan kesegaran jasmani dan rohani, itu adalah rekreasi. Kegiatannya meliputi pariwisata, olahraga, bermain dan hobi. Keberadaan internet memungkinkan bisa melakukan semuanya dengan stay home.

Mengunjungi suatu tempat cukup dengan memandang layar smartphone saja. Ingin mencoba berbagai game, mengikuti instruksi olahraga cukup dengan melihat tablet. Bahkan melanjutkan hobi yang tertunda bisa berkat internet.

Kehebatan ini membuat pertumbuhan pengguna internet meningkat setiap tahunnya. Pertumbuhan pengguna internet tercepat didunia jatuh pada Indonesia. Hasil riset yang dilakukan oleh Google dan Temasek untuk periode 2015-2020, menyatakan proyeksi pertumbuhan rerata tahunan (CAGR) Indonesia adalah 19 persen.

Pada tahun 2016 saja pengguna internet di indonesia sudah 132,7 juta jiwa, dan saya sudah menjadi bagian dari data ini. Kegiatan dan waktu menjadi lebih efisien dan produktif berkat kehadirannya. Waktu tidak perlu terbuang dijalanan karena terjebak macet. Memulai pekerjaan dengan fresh terbebas rutinitas monoton dikantor. Semua hal dapat dikerjakan dari rumah.

Saat ini saya memanfaatkan internet untuk bekerja hanya terbatas pada blog saja. Sebenarnya ada keinginan untuk membuka toko online tapi belum siap. Saya ingin punya modal yang kuat meliputi semangat tahan banting, strategi pemasaran dan yang pasti keunganan.

Pemanfaatan dibidang rekreasi yang dilakukan adalah menonton film, mendengarkan lagu dan streaming tanpa nyangkut (buffer). Mencoba game terbaru, download Serta browsing. Kesemua itu ngak asyik saat terganggu oleh jaringan.

Saya bisa keliling dunia melihat berbagai keunikan yang ada hanya dengan internet saja. Senang mengetahui berbagai hal. Ini bentuk rekreasi sederhana tapi menyenangkan bukan?

Memanfaatkan internet untuk belajar photoshop, blogging, edit video, praktek resep, dsbnya. Kesemua itu tidak butuh buku, cukup dengan baca ebook saja. Betapa hidup makin mudah sejak ada internet.

Menikmati internet dengan maksimal saat tidak ada buffer dan kecepatan maksimal saat download dan upload. Cyberhome merupakan jawaban untuk semua keinginan tersebut.

Konsep cyberhome merupakan sebuah hunian lengkap dengan fasilitas yang modern dengan jaringan optik tapi tidak meninggalkan suasana nyaman.

Kelebihan yang dimiliki meliputi jaringan internet dengan kekuatan 100 Mbps sampai 10 Gbps dengan download dan upload sama dengan fasilitas IP public.

Cyberhome ingin menerapkan konsep Soho (small office home office).Rumah dengan jaringan internet kuat tapi berfungsi sebagai kantor. Harapanya berbagai kegiatan seperti bekerja, belajar dan rekreasi terjadi dari rumah.

Menikmati internet dengan jaringan ngadat sembari menunggu suami pulang sudah lumayan.Apalagi jika memiliki cyberhome. Sayangnya ini belum banyak di Indonesia.



No comments :

Post a Comment