Antara Cita-Cita, Masa Depan dan Kooliah

May 17, 2017

Apa cita-citamu dek? Jadi dokter. Adapula yang menjawab menjadi polisi. 2 profesi ini akan selalu disebut oleh anak kecil. Tidak aneh sebab mereka melihat keduanya begitu gagah dengan seragam masing-masing. Seorang dokter bisa menyembuhkan penyakit dan polisi mengatasi kemacetan dan menangkap penjahat.
Perjalanan waktu membuat ada perbedaan dalam penyebutan cita-cita itu, adik-adik kecil tadi tidak lagi mutlak dengan cita-citanya kadang  ditemukan perbedaan atau keraguan dalam menjawab cita-citanya.

Gambaran hebatnya profesi  tersebut masih ada tapi untuk bisa menjadi seperti harapan kian memudar.  Waktu yang panjang menyadarkan bahwa semua hal bisa berubah termasuk  cita-cita , bisa saja tidak sama bahkan berbelok. Situasi terburuk banyak yang bingung mau jadi apa dan pada akhirnya tersesat dengan pilihannya.  Ketika memasuki jenjang kuliah kebingungan makin terasa apalagi saat harus menentukan jurusan/prodi.

Ada rasa malu jika tidak kuliah apalagi  bila berasal dari keluarga yang menegah. Akhirnya  ada fenomena jurusan musiman atau tren, memilih yang banyak dipilih teman tanpa paham sedikitpun. Atau pilih sendiri jurusan yang pasing gradenya rendah dengan harapan peluang diterima lebih besar. Benar , bisa diterima diperguruan tinggi tersebut dan lagi-lagi bingung saat menjalani kuliah. Tidak jarang terdengar berita  pindah jurusan dikampus dan kejenuhan datang sehingga memilih membiarkan saja kemudian berada dititik nadir dengan DO(drop out). Sebagian lagi masih berpikir tidak mau menyia-nyiakan uang sehingga  tetap melanjutkan kuliah dengan rasa tertekan. Lihat betapa besar dampak yang timbul saat asal memilih  jurusan. 

Sebenarnya ini tidak perlu terjadi jika mengupdate cita-citanya . Beranjak dewasa kita pasti menyadari kemampuan dan merasa tidak bisa mewujudkan keinginan dimasa kecil. Realistis itu perlu dalam kehidupan, jangan memaksakan diri. #hidupcumasekali

Kuliah merupakan awal permulaan memulai masa depan dan untuk itu sebelum memutuskan memilih jurusan perlu dipikirkan dengan matang. Hal yang harus diperhatikan dalam memilih jurusan adalah
1.    Minat /passion
Jadilah diri sendiri  dengan membuang gengsi , seperti kuliah jurusan X yang banyak peminatnya itu hebat.  Cupu jika tidak berhasil masuk kampus Y yang terkenal atau tidak ambil profesi z hidup tidak akan sukses. Minat itu ada yang berbentuk cita-cita semasa kecil dan ketertarikan akan suatu hal.
Minat penting sebab akan membuat semua halangan bisa teratasi dan juga menjalani perkuliahan dengan baik tanpa merasa tertekan. Minat juga mencegah kita menjadi mahasiswa abadi.
2.    Kemampuan yang dimiliki
3.    Informasi jurusan
Galilah informasi lengkap tentang jurusan yang dipilih. Caranya dengan bertanya pada senior dan dari aplikasi kooliah

4.    Prospek ke depan
Tidak bisa dipungkiri setelah tamat kuliah pasti keinginan utama adalah mencari kerja. Pilihlah jurusan yang selalu dibutuhkan atau yang langka sehingga persaingan di dunia kerja tidak ketat.
5.    Biaya kuliah


Kooliah, aplikasi ini jika dibaca terdengar seperti kuliah. Benar banget , aplikasi ini berisi tentang jurusan dengan tujuan  untuk mengenal lebih dalam seperti apa jurusan kuliah yang diinginkan. Selain itu materi yang disajikan secara detail sehingga bisa dijadikan untuk refrensi kuliah.


 Kelebihan lain aplikasi ini tampilan dalam bentuk slide yang bisa didownload kapan saja . Contohnya saya mengambil materi kesehatan dengan judul siklus menstruasi wanita
.untuk menguji pemahaman akan diberikan quiz yang ada dibawah materi, jadi tidak perlu bolak-balik
Jika ada yang ingin ditanyakan bisa melalui form komentar, aplikasi rasa web itulah kooliah

Kelebihan terakhir adalah kita bisa merikues materi dan soal sesuai dengan jenjang pendidikan


Aplikasi ini dapat diunduh di playstore selanjutnya tinggal buat akun, mudah bukan. Semua Pengguna android bisa menikmati, termasuk pemilik zenfone 2 laser 6.0 ZE601KL. Kenapa  zenfone ini bagus ? sebab punya kelebihan yang mendukung aplikasi seperti ukuran layar besar didukung dengan kemampuan multimedia yang spektakuler., baterai sebesar 3000 ,kemampuan yang tangguh  didukung oleh RAM 3 GB yang memudahkan dalam menjalankan beragam aplikasi.

Memiliki Zenfone 2 Laser 6.0 ZE601KL tidak aka rugi, selain bisa mendukung aplikasi kooliah juga pas untuk penggemar foto yang ingin smartphone bagus dengan minim bugdet. Kualitas gambar yang dihasilkan akan lebih tajam dan jelas berkat kamera 13 mega pixels dilengkap dengan fitur Laser Autofocus serta fitur F.2.0 . Kamera depannya menggunakan 5P Lensa.



Antara cita-cita,  masa depan dan kooliah

Ketiga hal  ini akan saling berkaitan, cita-cita perlu dimiliki agar hidup punya tujuan hidup. Cita-cita bisa berubah seiring umur bertambah, cara terbaik menemukan cita-cita adalah dengan menemukan minat. 

Masa depan yang cerah merupakan tujuan yang harus diperjuangkan. Kita sepakat pendidikan akan memberi pengaruh dalam mengambil keputusan dan berpengaruh dalam menjalaninya. 
Pendidikan tertinggi diraih dari perguruaan tinggi dan untuk itu perlu memikirkan jurusan kuliah yang bagus tidak asal kuliah. 
Kemajuan teknologi membuat lahirnya aplikasi bernama kooliah yang menjabarkan tentang jurusan yang bisa diambil 

sumber :www.masardi.net


You Might Also Like

0 comments

Popular Posts

Like us on Facebook

Flickr Images

Daisypath Anniversary tickers