Melihat Potensi Wisata Halal di Sumbawa dan Lombok

November 30, 2016



Wisata halal sedang marak digencarkan saat ini, hal ini makin menjadi sejak lombok berhasil mendapatkan 2 penghargaan dalam 2 waktu secara berturut-turut. Lombok juara dunia sebagai terbaik untuk bulan madu dan tujuan wisata. Penghargaan ini diadakan  World Halal Travel Summit (WHTS) 2015 di The Emirates Palace Ballroom, Abu Dhabi, Uni Arab Emirate (UAE) 

Hebatnya lagi, Lombok berhasil mengalahkan negara-negara Islam dan negara maju seperti tuan rumah Abu Dhabi, Amman-Jodran, Antalya-Turki, Kairo-Mesir, Doha-Qatar, Istambul-Turki, Kualalumpur-Malaysia, Marrakech-Moroko dan Tehran-Iran. 

Wisata halal sebenarnya bukanlah hal baru harusnya karena penduduk indonesia mayoritas islam. Permasalahan yang dihadapai adalah pengaplikasiannya belum maksimal dilapangan. Anehnya negara yang minim muslim malahan mempunyai paket wisata halal. Semua ini berkat kemampua agen travel yang ada dinegara tersebut untuk menfasiltasinya. 

Wisata halal merupakan sebuah kegiatan untuk fasilitasi wisatawan muslim yang berkunjung di suatu daerah. Halal itu harus mencakup semua aspek kehidupan kita. Aspek halal yang harus diperhatikan dalam menyediakan  paket wisata ini seperti makanan dan minuman, objek wisata, penginapan dan transportasi. Wisata halal terbentuk kalau kerjasama dilakukan oleh pemerintah daerah dan masyarakat setempat serta didukung oleh pemerintah pusat. 

Pemberian label halal dalam makanan dan minuman harus dilakukan untuk mencegah rasa was-was. Halal pada makaanan dan minuman itu meliputi bahannya, pengolahan dan cara penyajian. Objek harus ada batasan antara perempuan dan lelaki untuk mencegah hal yang tidak diinginkan. Objek wisata rawan menimbulkan kejadian maksiat jika terjadi percampuran lawan jenis. 

Penginapan dalam bentuk hotel harus juga ada unsur halal, maksudnya fasilitas yang diberikan. Fasilitas ini harus menunjang dalam beriibadah seperti adanya alqur’an setiap kamar, arah sholat dan fasiltas untuk berwudhu. Perjalanan sering membuat lalai dalam beribadah bahkan banyak sopir yang tidak mau berhenti dengan alasan menghemat waktu. Walaupun sholat bisa dijamak tapi alangkah lebih baiknya ketika azan masuk berhenti untuk sholat. 

Lombok memiliki beberapa alasan dinobatkan sebagai destinasi paling halal sedunia, yaitu
1.    Ketika berkunjung ke wisata halal lombok kita mudah untuk beribadah, tidak salah mendapatkan julukan negeri 1000 masjid..
2.    Setiap hotel di Lombok pun rata-rata menyediakan kitab suci Al-Quran serta alas untuk melakukan ibadah salat.
3.    Agama islam mayoritas ada dilombok sejak zaman dahulu, ini ditemukan pada suku asli Lombok suku Sasak m
4.    Makanan di Lombok lebih terjamin kehalalannya. Pantas Lombok dianugerahi prestasi sebagai Destinasi Travel paling Halal Sedunia.
5.    Destinasi unggulan di Lombok diantaranya adalah Gili Trawangan, Gili Meno dan Gili Air. Masing-masing menyuguhkan pesona yang berbeda. Hanya saja memang masih didominasi dengan keindahan bahari alam Lombok.

Selain lombok ada juga daerah di nusatenggara yang sedang digalakkan untuk menjadi wisata halal yaitu sumbawa. Ketika berbicara sumbawa yang teringat adalah susu kuda liar. Sebenarnya banyak hal yang bisa digali di sumbawa. Seperti halnya lombok daerah ini akan menjadi wisata halal sumbawa

You Might Also Like

1 comments

  1. memang lombok memilki pesona wisata yang indah untu di kunjungi

    ReplyDelete

Popular Posts

Like us on Facebook

Flickr Images

Daisypath Anniversary tickers