Menelusuri Indahnya Wisata Alam Pulau Komodo

May 15, 2016

My Exotic Vacation
Menelusuri Indahnya Wisata Alam Pulau Komodo Seminggu sudah berlalu perayaan kebahagiaan kami, rasa lelah menjadi raja dan ratu sehari sudah lenyap. Kamipun menjalani rutinitas sehari-hari tapi ada rasa yang kurang terbersit dihati ,sebuah keinginan yang jika diibaratkan sebagai sebuah printilan dan tanpa dilaksanakan semua tetap baik-baik saja. Keinginan ini muncul karena melihat sebuah kebiasaan saja dan saya terjebak dengan kebiasaan itu. Terasa mengganjal dan sayapun mengutarakannya.
“Habis menikah tak afdol rasanya tanpa honeymoon da.” saya membuka percakapan kami. “Ooo jadi k mau mengikuti trend ya, boleh tapi kita tidak bisa mengunjungi tempat mahal seperti Bali. K mau mengunjungi tempat seperti apa?” uda merespon keinginan saya.

“K suka ke tempat wisata yang berhubungan dengan air sedangkan uda suka pemandangan hutan kalau kita ambil keduanya tidak cukup dengan budget kita. Jadi kita harus memilih salah satu da dan akan terasa tidak adil jika menuruti satu keinginan saja tapi mengorbankan keinginan yang lain” Kata saya. “ Jadi k mau mengunjungi tempat apa? Iyaa.. uda suka dengan hutan apalagi kalau udah mendaki dan camping rasanya segala masalah itu lenyap seketika, tapi tidak masalah kalau kita mengunjungi pantai dan danau.” mata uda berbinar ketika menyinggung kesukaannya

Saya merasa tidak enak hati memaksakan keinginan, kami harus bijaksana dalam ambil keputusan dengan tidak mengorbankan keinginan yang lain. Adakah tempat wisata yang komplit dalam arti sama-sama disukai? Andai punya banyak budget pasti tidak akan seribet ini dalam menentukan pilihan. “ Kok bengong k, pasti tidak enak hati mau mengutarakan keinginan. Daripada diam saja lebih baik  googling semoga ketemu keinginan kita berdua”.

Sejam telah berlalu dan akhirnya kami berdiskusi untuk mengunjungi Pulau Komodo, “uda yakin mau ke sini? Tanya saya “Honeymoon harus ke tempat yang luar biasa karena ini kali pertamanya kita pergi bersama dan lagi rugi tidak mengunjungi tempat wisata yang sudah terkenal di dunia. Sebagai rakyat Indonesia kita harus bangga dan mengunjunginya. Wisatawan luar negeri berbondong- bondong ke pulau Komodo karena penasaran dengan keunikannya dan juga salah satu dari 7 keajaiban dunia, Pengakuan yang didapatkan ini tidak sembarangan karena ada pihak yang berkompeten bernama UNNESCO. Kita jangan mau kalah , destinasi ini harus dikunjungi . Apa kata dunia tuan rumah tapi tidak pernah menginjakkan kaki ke Pulau Komodo” kata uda dengan penuh semangat 

“Selama ini k kira destinasi wisata ini hanya melihat kadal raksasa saja ternyata ada yang lain juga. Tapi k takut komodo itu reptil pemakan daging, belum lagi ukuran badan komodo yang besar dengan panjangnya mencapai 2-3 meter dengan berat 100-165 kg. Apalagi sudah melihat hewan purba ini mengeluarkan lidah beracunnya. “ungkap saya
pulau komodo

Uda berusaha menenangkan “Kenapa harus takut kan kita ditemani oleh ranger atau pawang dan malahan dibekali dengan tongkat yang ujungnya bercabang 2 , tongkat ini untuk melindungi diri jika komodo menyerang dengan cara menekan leher komodo. Komodo ini hewan yang unik dan dan hanya bisa di habitat tertentu dan indonesia terpilih sebagai tempat hidupnya. Betapa bersyukur dan bangga menjadi orang Indonesia” 

Kalau k masih takut dengan komodo boleh tidak ikut Trecking, tunggu saja sementara itu uda mau menikmati keindahan alam dan satwa liar. Trecking ini seru kita mendaki gunung Ara yang memilik ketinggian 538 mdpl , tapi melelahkan terutama yang jarang jalan kaki karena panjang Jalurnya sampai 8 km. Trecking ini ada 4 jalur yaitu short, medium, long sampai adventure. Memilih trecking short  akan memakan waktu ± 30 menit dan perjalanan berakhir diatas perbukitan dengan pemandangan teluk yang mengagumkan.” Lanjut uda. 

“Uda pasti memilih long dan adventure karena bisa melewati hutan, sungai dan perbukitan serta water hole kan” tebak saya. 

Dengan tersenyum uda berkata” iya, sayang udah jauh datang tidak mengambil rute yang menantang dan lagi trecking apapun pasti kita melihat water hole karena itu lubang tempat komodo minum dan istirahat. Uda jamin k bakalan meyesal tidak ikut trecking , kita bisa melihat padang savana , hutan hujan tropis membuat mata yang sepet menjadi fresh.  Selain melihat komodo kita juga melihat kuda, rusa , berbagai speses burung, ular dsb. Kalau  k setuju habis melihat komodo di taman nasional kita snorkling ke pantai pink. Snorkling untuk melihat keindahan biota laut yang kaya dan beragam, seperti 385 terumbu karang , rumput laut sebagai rumah bagi ribuan jenis ikan, penyu , paus . Ada 3 titik menyelam terbaik  dan harus dicoba :
snorkling
  •          Batu samsia, di sini bisa berinteraksi dengan kura-kura, hiu dan aneka ikan kecil
  •    Toko-toko, atau istana batu dalam air berada 7 meter dibawah permukaaan laut dan bisa menikamati keindahan terumbu karang dengan aneka warna dan ikan-ikan yang berenang diantaranya
  •      Crystal rock : berada di kedalaman 5 meter di sini bisa menemukan katak, barramundi cod dan beberapa jenis ikan lainnya 

“Waaw... keren banget, tapi bukannya kita mau ke pulau komodo kok berubah haluan taman nasional da dan pantai pink itu benaran ada? “saya bingung” Begini K , keberadaan komodo telah langka sehingga pemerintah mendirikan sebuah Taman nasional pada 6 maret 1980, dengan luas mencapai 173.300 Ha. Taman nasional ini mencakup 3 pulau terbesar meliputi Pulau Komodo, Pulau Padar  dan Pulau Rinca . Keunikannya komodo  bisa bertahan di sini karena padang rumput luas dan iklim tropis. Pantai Pink benaran ada di indonesia dan terjadi karena ada campuran pasir pantai dan koral yang hancur,   warnanya akan terlihat makin jelas saat pasir basah oleh ombak. " uda melanjutkan penjelasannya
pantai pink

"Kapan kita ke sana Da? " tanya saya "Sebenarnya tidak ada waktu khusus untuk mengunjungi pulau komodo , tapi akan lebih baik ketika musim kemarau antara bulan Maret- September sehingga semua objek wisata bisa dinikmati. Satu hal lagi, jadwal menstruasi k kapan?’ wanita yang menstrasi hati-hati karena penciuman komodo tajam. "

"Untuk bisa kesana kita pasti nyambung-nyambung da, kita ini di sumatera pasti perjalanan terasa lebih jauh?” tanya saya” Iya, untuk ke sana kita bisa melalui jalan darat, laut dan udara. Kita pilih melalui jalan udara saja dari Jambi transit ke Jakarta kemudian berhenti di Labuan Bajo Flores NTT, habis itu menyambung dengan kapal ferry ke pulau komodo."

Lelah tapi rasanya terbayar dengan pemandangan yang akan dinikmati, benar-benar komplit destinasi yang ditawarkan seperti menelusuri pulau eksotis sambil melihat komodo, menyelami laut dan bermandikan cahaya matahari . Cocok banget wisata ini bisa memenuhi keinginan kami berdua.

"Kalau k setuju kita packing sekarang dan bawa yang dirasa perlu tapi ada yang wajib dibawa yaitu body scent  dan body lotion vitalis. Ingat ya bawa body scent  Bizzare "

" O.k body lotion untuk mencegah kulit kering nah kalau body scent untuk apa da"?tanya saya penuh keheranan
"Ada yang pernah bilang wangi sesorang itu bisa menularkan semangat membuat mood bahkan  mampu memancarkan kekuatan tapi tidak meninggalkan kesan lembut . Aroma parfum yang k pakai itu ternyata memberi pengaruh positif dan  ketika bersama itu menular ke uda.Kalau uda capek  saat trecking tinggal menghirup bau parfum k saja. Percaya sama uda, sesekali menikmati hal berbeda itu seru ada sensasi kecemasan dan kegembiraan saat melihat komodo berkeliaran di sekitar pulau. Yuk kita packing "tutup uda


You Might Also Like

0 comments

Popular Posts

Like us on Facebook

Flickr Images

Daisypath Anniversary tickers