#goforit Era Internet Membuat Hidup Lebih Mudah

October 11, 2015

Era internet telah membuat cara menjalani hidup ini terasa lebih mudah , tak monoton ,lebih dekat dan efisien. Mayoritas orang secara tak sadar dalam hidupnya telah digerogoti oleh internet, walaupun terlahir dari generasi yang berbeda (tua) tapi sedikit banyak akan  berhubungan dengan internet.  Contoh yang lagi hangatnya adalah pengisian data PUPNS  yang memaksa semua PNS walaupun akan pensiun beberapa bulan lagi  diharuskan mengisi data mereka. Realnya setaip PNS harus isi sendiri data mereka kenyataan dilapangan banyak yang telah senior(tua) pakai operator. Saat ini semua orang dipaksa untuk bisa kenal internet, tak begitu akrabpun tak masalah yang penting tahu sedikit internet. Mungkin saat ini yang tak berhubungan internet hanyalah orang pikun, orang gila dan orang terasing.
Setiap tahun terjadi peningkatan pengguna internet yang menggembirakan. Menurut hasil riset nasional yang diadakan tahun 2014 oleh Asosiasi Penyedia Jasa Internet Indonesia (APJII) bekerjasama dengan pihak Pus Pusat Kajian Komunikasi (PusKaKom) FISIP Universitas Indonesia ,disebutkan pengguna internet telah mencapai angka 88,1 juta. Pertumbuhan pengguna internet di Indonesia meningkat 34,9% dibandingkan tahun 2013. Penguna internet ini meningkat karena penggunaan media sosial. Awalnya jaringan internet dapat diakses menggunakan media komputer/ laptop, kesannya dahulu memiliki laptop/komputer dan koneksi internet sudah dianggap waah sehingga pemakai internetpun terbatas pada orang tertentu .Ternyata kelahiran smartphone terutama berbasis android membuat perubahan besar dan berdampak pada meningkatnya pengguna internet.  

Smartphone muncul dengan berbagai tipe dan yang pasti dengan harga yang bisa disesuaikan dengan kantong pengguna. Smartphone dengan harga dibawah 1 juta saja sudah bisa  membuat penggunanya menikmati fasilitas ditawarkan didalamya seperti media sosial , sehingga smartphone ikut menjadi pemicu lahirnya gaya hidup digital. Rata-rata Internet menjadi sebuah kebutuhan hidup,  tak berlebihan rasanya jika telah terjadi perubahan gaya hidup digital karena internet . Era Internet itu membuat hidup lebih mudah karena:
  • Lebih mudah
Setiap terbentur masalah atau ada hal yang tak diketahui maka langkah pertama yang dilakukan mencari jawaban/solusinya diinternet dengan cara melakukan kunjungan ke website dan blog bahkan rela berjam-jam menghabiskan waktu. Hal lain yang bisa dilakukan dengan internet yaitu booking hotel, beli tiket ,  kenalan dengan sista -sista ramah(belanja online) , butuh informasi destinasi liburan tinggal browsing saja semua sudah tersedia. Berbagai ilmu terserak didalam internet tinggal searching sesuai kebutuhan, fotografi cari saja  tutorialnya, masakan, kesehatan dsb semua ada
  • Lebih dekat
Semua hal yang terjadi dibelahan dunia ini dengan mudah diketahui walaupun tak berada dilokasinya, tak ada jarak yang membatasi dan  kemungkinan kehilangan informasi jarang terjadi. Semuanya cukup klik dan klik. Jarak tak lagi jadi sebuah penghalang suatu hubungan atau istilah kerennya long distance relation (LDR), ketika rindu menggebu dengan yang terkasih lakukan vidoe call saja suara terdengar dan wajahpun bisa dipandangi. Rasanya sudah lebih dari cukup untuk pengobat rindu. Hari ini tak  ada lagi  silaturahmi terputus karena jarak. Bosan video call ingin tau keadaan sesorang apakah sedang galau atau sedang melakukan aktifitas apa cukup mantau melalui a media sosial.
  • Tak menoton
Bosan dengan kegiatan harian butuh hiburan , seperti mendengarkan musik kesukaan dan ingin menyimpannya tinggal download saja. Melewatkan acara kesayanganpun bisa dilihat kembali diyoutube, malahan mau nonton acara secara streamingpun bisa. Saat ini penggunaann televisi hampir tergusur oleh internet hal ini terasa , bahkan hal ini saya alami sendiri selama  3 bulan tanpa tv rasa tenang tapi sehari tanpa internet rasanya bosaan banget.
  • efisien 
Mengirim lamaran kerja saat ini tidak lagi menggunakan jasa pos tapi dengan email, lamaran kerja sampai ketujuan . E-proposal yaitu pengiriman propsal secara online merupakan bentuk efisien karena adanya internet. Kegiatan ini bisa menghemat penggunaan kertas sehingga program go green yang didengungkan bisa terlaksana. .   
Kemudahan hidup yang terjadi ini  takkan berarti jika tidak didukung oleh koneksi internet cepat. Ketika sinyal hilang timbul atau kecepatan kurang memuaskan sehingga keasyikan didunia digital terganngu emosi yang muncul adalah pengen banting smartphone dan teriak , akyuuu kesaaaal.... Hal ini merupakan masalah yang sering timbul dan Smartfren punya solusinya. Ketika mendengar kata Smartfren yang teringat adalah operator telekomunikasi dengan teknologi CDMA, itu saja yang saya tahu.Saya tidak pernah sekalipun menggunakan CDMA jadi sedikit ragu kecepatan dan sinyalnya. 

Tak kenal maka tak sayang  

Mengunjungi website smartfren membuat saya speccless ternyata telah ada sebuah jaringan baru bernama 4G LTE . Selama ini jaringan yang dikenal 3G sebuah standar yang ditetapkan pada jaringan telepon selular. Menggunakan 3G maka akses cepat mampu memberikan fasilitas yang beragam seperti menonton video secara langsung dari internet atau video call . Kecepatan data menggunakan  3g  paling sedikit 200 kbit/s. Sebelum 3g lahir pada awal tahun -90 muncul jaringan GSM dan CDMA dengan kecepatan transfer datanya 14,4kbit/s. 
perbedaan jaringan

Kemunculan generasi ke 4 oleh smartfren bernama  4G LTE Advanced dengan harapan jangkauan luas, koneksi internet lebih cepat dan lebih stabil di Indonesia. Jika digambarkan 


Artinya Smartfren 4G bentuk  langkah lebih maju dalam menghadirkan jaringan baru , Untuk menikmati jaringan ini syarat :   
  1. dengan menggunakan sim Smartfren 4G LTE
  2. berada dalam wilayah jaringan 
  3. menggunakan perangkat yang mendukung teknologi Smartfren 4G LTE Advanced seperti smartphone keluaran smartfren
Kehadiran generasi terbaru ini membuat pengguna internet bisa menikmati gaya hidup digitalnya. Mari migrasi ke Smartfren 4G LTE untuk bisa mendapatkan kepuasan hidup
#goforit





 sumber :
https://id.techinasia.com/talk/statistik-pengguna-internet-dan-media-sosial-terbaru-2015/
 https://id.wikipedia.org/wiki/Smartfren

You Might Also Like

0 comments

Popular Posts

Like us on Facebook

Flickr Images

Daisypath Anniversary tickers