Perhatikan Air Untuk Sehat Maksimal

May 28, 2015

Syarat untuk bisa hidup adalah mendapatkan oksigen dan air yang cukup, sesorang takkan bisa bertahan dalam beberapa hari jika kekurangan air. Air sangat penting untuk fungsi sel dan sistem organ tubuh manusia seperti  Sistem Pencernaan, jantung, ginjal, Memperlambat Tumbuhnya Zat-zat penyebab Kanker, Melembabkan dan Menyehatkan Kulit,, Memberikan Rasa Bugar Bagi Tubuh. Tubuh manusia terdiri atas air  sebesar 2/3 dari berat badan. .  Menjaga kesehatan banyak caranya salah satunya dengan mengkonsumsi air yang cukup, cara memenuhi kebutuhan air bermaca-macam bisa melalui minum, makanan berkuah dan buah. Minum air lah yang terasa dampaknya secara nyata terhadap kebutuhan tubuh . KEbutuhan air seseorang akan berbeda dengan yang lain tergantung dari berat badan , tempat berada dan aktifitas fisiknya.
Rasa haus merupakan alaram tubuh kekurangan air jika dibiarkan akan berdampak terhadap kesehatan. Dampak kekurangan air (dehidrasi ) yang mudah dikenali adalah turgor kulit lama kembali saat dicubit,  bibir kering. Penyakit yang timbul karena kebutuhan air tidak tercukupi adalah gagal ginjal, ginjal berfungsi untuk penyaring dalam tubuh. Setelah tahu air penting maka kita perlu rutin minum air minimal 8 gelas sehari,untuk air yang diminum kita harus memperhatikan benar-benar kualitas air janganlah asal minum saja. Berdasarkan Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 1405/menkes/sk/xi/2002 tentang Persyaratan Kesehatan Lingkungan Kerja Perkantoran dan industri terdapat pengertian mengenai Air Bersih yaitu air yang dipergunakan untuk keperluan sehari-hari dan kualitasnya memenuhi persyaratan kesehatan air bersih sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku dan dapat diminum apabila dimasak. Parameter kualitas air bersih yang ditetapkan dalam PERMENKES 416/1990 terdiri atas persyaratan fisik, persyaratan kimiawi, persyaratan mikrobiologis.
  1. Persyaratan  Fisik
Persyaratan fisik yang harus dipenuhi pada air minum yaitu harus jernih, tidak berbau, tidak berasa dan tidak berwarna. Sementara suhunya sebaiknya sejuk dan tidak panas. Selain itu, air minum tidak menimbulkan endapan. Jika air yang kita konsumsi menyimpang dari hal ini, maka sangat mungkin air telah tercemar.
  1. Persyaratan Kimia
Dari aspek kimiawi, bahan air minum tidak boleh mengandung partikel terlarut dalam jumlah tinggi serta logam berat (misalnya Hg, Ni, Pb, Zn,dan Ag) ataupun zat beracun seperti senyawa hidrokarbon dan detergen. Ion logam berat dapat mendenaturasi protein, disamping itu logam berat dapat bereaksi dengan gugus fungsi lainnya dalam biomolekul. Karena sebagian akan tertimbun di berbagai organ terutama saluran cerna, hati dan ginjal, maka organ-organ inilah yang terutama dirusak
  1. Persyaratan Mikrobiologis
Bakteri patogen yang tercantum dalam Kepmenkes yaitu Escherichia Colli, Clostridium Perfringens, Salmonella. Bakteri patogen tersebut dapat membentuk toksin (racun) setelah periode laten yang singkat yaitu beberapa jam. Keberadaan bakteri Coliform (E.Coli tergolong jenis bakteri ini) yang banyak ditemui di kotoran manusia dan hewan menunjukkan kualitas sanitasi yang rendah dalam proses pengadaan air.
Indonesia yang memiliki banyak perairan seperti sungai sehingga bnyak kegiatan dilakukan di sungai seperti mencuci, memasak, mandi, bahkan untuk BAB dan Bak sehingga mengotori air. Dampak dari air tercemar adalah menimbulkan kehadiran bakteri patogen, seperti bakteri Shigella (penyebab muntaber), S. Typhii (penyebab Typhus), Kolera, dan Disentri. .
Indonesia sebagai Negara berkembang banyak mendapatkan penyakit infeksi karena prilaku manusia indonesianya yang tidak patau eduli kesehatan dengan asal mengkomsumsi air tanpa memperhatikan kualitasnya air.. Hal ini banyak ditemukan didaerah bantaran kali , atau didaerah perkotaan dibawah jembatan. Kadangkala mereka bukannya tidak mampu tapi malah mereka tidak peduli dengan kesehatan. Mengatasi hal ini sebenarnya telah banyak tersedia fasilita air bersih seperti pansimas, sumur bor bersama, air aqua.
Aqua Sebagai perusahaan yang telah lama berada di Indonesia, saking lamanya aqua ada sampai beberapa air kemasan lain bagii sebagaian orang tetap di sebut aqua. Inilah bukti aqua telah merakyat dan sebagai wujud terimakasihnya berusaha mewujudkan masyarakat yang sehat dengan mengadakan program QUA Lestari direalisasikan dengan melaksanakan berbagai inisiatif sosial dan lingkungan yang mencakup wilayah sub- Daerah Aliran Sungai (DAS) secara terintegrasi dari wilayah hulu, tengah, dan hilir di lokasi AQUA Group beroperasi yang disesuaikan dengan konteks lokal. Berbagai inisiatif tersebut berada di bawah empat pilar, yaitu: Pelestarian Air dan Lingkungan, Praktik Perusahaan Ramah Lingkungan, Pengelolaan Distribusi Produk, serta Pelibatan dan Pemberdayaan Masyarakat. Harapan kita bersama menjadikan Indonesia sehat yang dimulai dari hal sederhana dengan konsumsi air bersih terwujud. Jika ingin lebih tahu tentang aqua silahkan lihat linknya di sini
Tulisan ini diikutkan dalam lomba  blogdetik dengan aqua



You Might Also Like

0 comments

Popular Posts

Like us on Facebook

Flickr Images

Daisypath Anniversary tickers