Thursday, 26 November 2020

Cara Mudah Berpenghasilan Saat Pandemi


Seorang teman pernah berkata" apapun kondisi sulit yang terjadi, mencari uang di Internet tetap akan laris manis" . Saya pun mengamini ucapannya setelah melihat kondisi saat Covid-19 melumpuhkan seluruh dunia. Seluruh aspek kehidupan terguncang terutama ekonomi.

UMKM merupakan sektor pertama yang terguncang, daya beli melemah membuat banyak yang gulung tikar. Perusahaan mengambil berbagai kebijakan seperti pemotongan pendapatan untuk karyawannya dan kalau tak bisa lagi dengan terpaksa harus memberhentikan karyawannya. Pengangguran makin meningkat semenjak Covid-19. Tak cukup sampai di sini dampak dirasakan, semenjak kebijakan melakukan aktivitas dari rumah seperti belajar dan bekerja untuk mencegah penularan Covid-19 lebih luas, bikin ekonomi makin lemah. Ada kelompok ojek dan pedagang disekitar kantor dan sekolahan yang terpuruk karena mereka tidak lagi ada pemasukan. 

Tetap berpenghasilan di tengah pandemi

Hidup harus berjalan terus, kebutuhan primer tak bisa dienyahkan. Semua butuh makan. Mungkin para pekerja bisa bernafas lega di masa ini karena masih ada pemasukan. Berbeda dengan pencari kerja atau pemilik UMKM, mereka harus memutar otak untuk bisa berpenghasilan. Akal harus dipaksa berjalan namun tetap mengedepankan kejujuran dan etika untuk melihat peluang yang ada. 

Pilihan klasik bagi pencari kerja dengan membuka usaha sendiri tapi kendala modal bikin mundur. Lain lagi dengan UMKM, modal ada tapi kelelep lantaran kondisi ekonomi yang lesu dan kian merosot.  Ditengah kondisi ini kita  harus berjuang maksimal untuk mengumpulkan pundi-pundi rupiah. Hanya orang dengan jiwa kreativitaslah yang bisa bertahan . 

Kreatif dan berkreasi saat pandemi

Tak cukup ide semata, keberadaan teknologi bak sebuah kunci yang membuat kreatif. Maksimalkan penggunaan internet. Seperti kita ketahui keberadaan internet memudahkan semua aktivitas kehidupan. Dan selama masa #dirumahaja terjadi peningkatan penggunaan internet. Menurut menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate

"Dalam masa pandemi Covid-19 ada perubahan atau pergeseran konfigurasi pemanfaatan atau penggunaan internet. Sebelumnya konfigurasi pemanfaatan internet itu berada di kantor. kampus, sekolah dan tempat publik. Namun, saat ini konfigurasi penggunaan internet bergeser ke perumahan, tempat tinggal, dan  pemukiman". Ini merupakan konsekuensi himbauan pemerintah untuk bekerja dari rumah, belajar dari rumah dan beribadah di rumah.

Kegiatan kreatif yang menghasilkan pendapatan 

Jika boleh jujur, hampir semua kegiatan kita bergantung dengan internet terutama di masa pandemi ini. Dan tak menutup kemungkinan akan mendapatkan penghasilan dari internet. Caranya dengan Siapkan karya , berkreasilah dan pasarkan secara virtual.

Beberapa kegiatan yang bisa jadi penghasilan di masa pandemi ini

1. Berjualan 

Dari sebelumnya jualan online selalu dimanfaatkan orang untuk menambah pundi-pundi rupiah. Semenjak terkurung di rumah saja dan ngak bisa ke mall orang banyak beralih belanja secara daring.

Saat ini semua dijual orang tak terbatas barang baru saja, prelove pun laris manis. Kadangkala alasan orang beli prelove tak hanya karena harga yang bersahabat tapi juga barang second dipercaya punya kualitasnya juga baik. 

Cara lain jualan yang menghasilkan dengan jadi reseller. Memilih jadi reseller tak butuh modal besar, hanya dengan memasarkan dagangan orang. Jika terjual akan mendapatkan komisi. Atau membuka jasa titipan. Selama masa pandemi orang takut keluar rumah, tawarkan untuk membelikan kebutuhan dan dapatkan uang tambahan dari titipan orang itu.

2. Conten kreator

Bicara konten kreator itu seru, bagaimana tidak? Orang berpikir ketika viral maka cuan datang dengan mudah melalui followers. Sehingga banyak yang rela dihujat demi terkenal. Duh..., Konten creator yang dibahas kali ini saya bagi atas youtuber, selebgram dan artis tiktok. Ketiganya melibatkan 3 platform yaitu YouTube, Instagram dan tiktok.

Memilih jadi conten kreator itu menurut saya tidak semudah itu. Harus punya ide kreatif yang bisa dijual, berani dan bermanfaat. Sejatinya orang tak hanya butuh hiburan dari sebuah karya tapi juga butuh manfaat . 

3.Blogger

Jika hobi menulis, lebih baik dikembangkan dengan blog. Blog kini udah menghasilkan, banyak orang yang butuh review, solusi dan pengalaman orang lain sebelum memutuskan sesuatu. Buatlah tulisan yang menjual, menghibur dan bermanfaat. Jika ingin challenge diri sendiri dan tergiur hadiah, tak ada salahnya mengikuti lomba blog. Termasuk lomba yang diadakan oleh sahabat hosting.

4. Kursus online

Jika memiliki keahlian, atau keterampilan bisa sharing dengan memberikan kursus. Dan hebatnya teknologi masa kini, bisa belajar tanpa datang. Istilahnya webinar.


Menghasilkan uang dari blog

Selain dari mengikuti lomba, cara untuk mendapatkan uang dari blog dengan : 

  1. Sponsor post , caranya dengan mengulas produk secara detail dengan menggunakan gaya bahasa sendiri (pemilik blog)
  2. Content placement, caranya dengan memposting artikel yang sudah disiapkan oleh brand diblog tanpa perlu mengeditnya
  3. Link placement, kita hanya menyisipkan link pada postingan yang sudah ada
  4. Affliate, Komisi akan didapatkan saat ada yang klik link atau banner yang mengarah pada suatu produk atau jasa.

Cara menjadikan blog layak untuk sebagai sumber penghasilan

Sebelum bisa menghasilkan cuan, blog harus dibuat profesional, minimal  memiliki domain. Seringkan liat alamat blog dengan .com, net, myid . Itu merupakan domain adapun cara untuk mendapatkannya dengan berlangganan dipenyedia yang terpercaya. 

Berikut ini cara mudah untuk berlangganan domain atau hosting 

Setelah membuka webnya pilih domain dan jika ada dana lebih sekalian dengan hosting. Selama ini orang banyak yang berpikir ulang untuk beli hosting karena harganya. Di sahabat hosting ada pilihan hosting murah, namun jangan takut akan kualitasnya. 

Jika tidak mau repot-repot mendesain di sahabat hosting udah ada pilihan web design. Semua kebutuhan ada dalam paket yang ditawarkan seperti hosting ,domain, desain web dan garansi eror beserta revisi. Jika mau tau apa saja lebih lengkap tentang sahabat hosting ke webnya aja

  • Lakukan pembayaran 
Pembayaran bisa dilakukan dengan transfer melalui BNI, BCA dan ovo.
  • Isi blog dengan baik

Ketika blog udah punya domain bukan berarti langsung dilirik brand. Perlu waktu untuk membangunnya jadi layak dibaca. Perlu waktu untuk memancing orang datang berkunjung. Perlu waktu menemukan gaya penulisan yang khas dan enak dibaca. Nikmati kesemua proses itu.

Tips menghasilkan pendapatan dari blog

1. Isilah dengan konten yang menarik dan bermanfaat . Jika tak bisa update rutin setiap hari, minimal buat postingan 3 kalo seminggu.

2.Bangun networking dengan semua orang

Silaturahmi memperlancar rejeki dan memperpanjang umur. Begitu juga dengan networking, semakin luas maka kesempatan dan enggagemenet makin bagus. Cara terbaik untuk bangun jaringan dimulai dari orang terdekat dan gabung di komunitas.

3. Daftar google adsense

Untuk bisa berada di tahap ini perlu waktu dan usaha maximal dalam menulis blog. Google akan meninjau saat kita mengirim permintaan untuk di pasang iklan. Ada yang satu kali diterima bahkan ada yang ditolak berulang. 

Ingin cari kerja tapi sulit dimasa pandemi atau mau buka usaha tapi modal minim? Jangan cemas, yuk Kreatif dalam melihat peluang dan manfaatkan internet sebagai pasar.









 















 





Masa pandemi tidak menjadi halangan untuk kamu menghasilkan pendapatan. Jangan terjebak dengan situasi terpuruk, tetapi bangun situasi tersebut menjadi tiang yang kokoh untuk kehidupanmu. 

No comments:

Post a comment

Hai... silahkan tinggalkan pesan dan tunggu saya approve ya...
terima kasih udah berkunjung