Wednesday 19 December 2018

Target Blogging 2019 Dan Cara Mewujudkannya

Target blog 2019
Ngak terasa udah hari terakhir dari challenge Blogger Perempuan. Alhamdulillah, akhirnya saya bisa menyelesaikan tulisan 30 hari dengan tertatih-tatih. Apalagi kalau udah merapel tulisan, capek banget. Pengen menyerah aja, tapi saya urungkan.

Challenge semacam ini sering bikin kalah saya, diawal menggebu-gebu memasuki pertengahan melemah dan diakhir menghilang. Paksaan harus saya lakukan dan itu berhasil apalagi jika ingat iming-iming merchandisenya. Ngak bisa dipungkiri ada yang mau dikejar membuat saya bisa mengalahkan mood.

Tak hanya mood, memaksakan otak bekerja memikirkan apa yang mau ditulis serta manajemen waktu. Berleha-leha akan tertinggal didalam tantangan ini. Mau maju harus ada strategi dan itu harus saya siapkan sebelum "berperang"

Saya merasa tertolong dengan adanya tema harian,  memudahkan menulis ngak harus mikir banyak. Buaha...ha, Akan berbeda jika ikut tantangan tapi harus mikir tema juga, kecuali saya punya simpanan draf. Demikianlah kesan saya mengikuti challenge Blogger Perempuan 2018

Tantangan udah terlewati, lalu mau apa lagi?
Saya ngak mau seperti dulu mendiamkan blog.
Trus menyesali waktu dan keadaan kenapa saya masih jalan ditempat, kemudian timbul perasaan jenuh. Sukses di tantangan serasa menjadi kupu-kupu, ingatkan bagaimana ulat berproses menjadi kupu-kupu

Mumpung akhir tahun dan masih terasa hangatnya aroma kemenangan challenge, saya mau susun target blogging tahun depan .

Seperti salah satu harapan ditahun sebelumnya saya ingin blog ini berkembang tapi kapasitasnya sebagai blogger part time.

Baca: saat ini saya masih Setia menjadi blogger part time

Maka dari itu saya harus
1. Meningkatkan Kualitas Tulisan
Blog itu disukai karena gaya bahasanya yang santai,  saya mau belajar menulis dengan bahasa yang lebih tertata dan mudah dimengerti.

Selain kualitas tulisan masih jauh, jumlah kata-katapun masih sedikit artinya tema yang disampaikan belum mendalam.  Hal jelek lainnya data pendukung minim. Gimana akan bermanfaat tulisan saya kalau kayak gini terus.

Artikel dengan tulisan yang rapih dan disertai infografis atau foto akan lebih nyaman dibaca. Maka dari itu saya juga mau belajar foto,  selama ini banyak pakai dari pixbay.

Sekarang lagi tren infografis dalam blog, saya mau belajar membuatnya biar tampilan ciamik. Belajar pakai canva/ photoshop.



2. Menambah jumlah postingan ,minimal setahun 100 buah
Tak hanya kuantitas, kualitaspun harus diperbanyak. Saya harus banyak menulis lagi,  dibandingkan tahun yang telah berlalu ada kenaikan postingan tapi tetap merasa kurang.

Saya harus rutin menulis ngak nurutin mood lagi. Minimal dalam 1 minggu harus ada 2 artikel yang berbobot, ngak banyak curhat gaje. Kalau bisa buat jadwal posting.

Jauh hari sebelum hari H , ide harus didraf. Cara untuk mendapatkan ide dengan banyak membaca. Cara lainnya lebih peka dengan kejadian sehari-hari, dan blogwalking .

Saya sering baca blog orang tapi ngak pernah ninggalkan komentar. Apakah ini bisa dikatakan Blogwalking ?

Mengikuti lomba blog akan memperbanyak postingan yang berisi, tapi  sering dilewatkan begitu aja. Alasanya melewatkan adalah ide mandek. Pernah, beberapa kali ikut dan lebih sering meramaikanya aja,  gak pernah menang.


3.Merapikan Isi Blog
Saya mau bersih-bersih blog. Mulai mengedit tulisan lama,  merapikan label, hapusin brokenlink, kalau ada rejeki mau ganti template.

4.Promosikan blog
Nulis udah rajin tapi ngak pernah di share link ke media sosial, gimana orang mau kenal saya. Buaha... ha.
Tulisan saya takkan dibaca, gimana mau punya trafik menjulang tinggi, Da serta Pa melambung nilainya kalau masih berprilaku malu. Saya akan share tapi dengan beretika maksudnya ngak nyepam.

Semoga semua rencana saya menjadikan blog berkembang bisa terwujud.  Dan saya berharap Blogger Perempuan terus mengadakan kegiatan  seperti ini sehingga dapat memacu semangat untuk konsisten ngeblog.

1 comment:

Hai... silahkan tinggalkan pesan dan tunggu saya approve ya...
terima kasih udah berkunjung