Thursday 30 August 2018

Upaya Merayakan Kemerdekaan Secara Digital

Perayaan hari kemerdekaan itu mampu mengubah wajah lingkungan sekitarnya, awalnya terlihat kusam saat mendekati hari H semua menjadi Indah. Setiap tempat bersolek dengan memasang umbul-umbul,bendera dan gapura.
Kesemarakan perayaan hari kemerdekaan takkan lengkap jika hanya dengan menghias lingkungan, upacara dan pawai. Keberadaan lomba menjadi ciri khas yang tidak bisa dilepaskan. Lomba selalu dinanti setiap orang tanpa memandang usia.

Di momen perayaan 17 Agustus itulah sarana untuk menyalurkan. Kekreatifan warga serta saat yang mampu mengembirakan hati. Bagaimana tidak, semua orang yang terlibat dalam perlombaan akan merasakan kegembiraan walaupun pulang tanpa membawa kemenangan.

Kemenangan dan kekalahan bukanlah hal yang penting dalam perlombaan dihari kemerdekaan.  Karena inilah saatnya bersenang-senang tanpa memikirkan kompetensi, saat rehat sejenak dari tekanan hidup . Merdeka dari berbagai masalah kehidupan yang makin berat.  Ceile...

73 tahun sudah Indonesia merdeka, terlepas dari belenggu penjajahan. Perjuangan panjang pejuang untuk mendapatkan kedaulatan wilayah Indonesia telah berhasil. Alam kemerdekaan yang kita rasakan sekarang janganlah disia-siakan. Kemerdekaan harus dijaga dan diisi dengan hal yang baik.

Nyatanya kemerdekaan belum sepenuhnya utuh dirasakan terutama pada bidang digital. Bidang digital adalah istilah yang di gunakan dalam kemunculan digital, jaringan internet khususnya teknologi informasi komputer.

Karakteristik dari era digital adalah adalah dapat dimanipulasi, keberadaannya menjadikan banyak manusia menjadi tidak manusiawi . Mereka seperti menurun dalam sikap bahkan hilangnya etika, moral, dan budaya. Karena saat berada di era digital tidak lagi ada batasan yang jelas. Bahkan, semua yang tabu dan salah dengan mudah diakses semua umur.

Kecepatan informasi yang datang diera digital membuat  penyebarannyapun begitu cepat, bahkan tanpa sempat menchek kebenaran. Disinilah letak kritisnya segala sesuatu termasuk isu dari dalam dalam dan luar negeri menyebar tanpa filterisasi .

Media sosial merupakan contoh dari kemajuan digital, awal keberadaannya untuk menjalin relasi dan berbagi hal yang positif. Pada akhirnya "salah jalan " menjadi sarana yang sering dilewati oleh hoax dan ujaran kebencian. Tak jarang  produk diera digital ini sering digunakan untuk hal kriminal seperti penipuan.

Sejatinya, kemerdekaan itu adalah bebas berkreasi, bebas melakukan hal yang disukai sepanjang tidak melewati batasannya. Nyatanya ada kesulitan saat mengeluarkan pendapat dan ide dengan menggunakan media sosial. Ada ketakutan dibuly bahkan bisa berakhir dipenjara akibat sebuah curhatan.

Ketakutan ini akan mematikan jiwa untuk berkreasi ,orang lebih memilih cara aman dengan diam saja atau tidak peduli saat ada hal buruk terjadi dilingkungannya. Pada akhirnya keberadaan media sosial tidak lagi untuk bersosialisasi, hanya sebagai produksi digital . Bahkan sebagian orang merasa terjajah dikehidupannya .

Walaupun begitu era digital tidaklah selalu buruk malahan keberadaannya sangat dibutuhkan dalam mencapai hal yang positif . Perkembangan yang terjadi pada era ini bisa memberikan sebuak efek positif kepada bagi kehidupan.  Berbagai aplikasi yang lahir untuk memudahkan kehidupan. Kesemua aplikasi itu kini tidak lagi terbatas pada komputer saja , perkembangan digital membuatnya bisa disematkan pada Smartphone .

Moladin merupakan contoh kemajuan positif dari era digital. Aplikasi khusus ini ditujukan bagi bikers yang butuh informasi tentang motor baik yang baru maupuan motor bekas. Selain info motor disini juga ada informasi perawatan motor dan bengkel yang terdekat dengan tempat tinggal.

Hebatnya lagi membeli motor disini bisa dilakukan dengan cara kredit .

Aplikasi moladin juga menyediakan kebutuhan lainpun sepertinya appalel ,spare part motor. Bahkan ada forum tanya jawab yang membantu biker untuk memecahkan masalahnya.

Beli motor di moladin semudah belanja secara online .Caranya download aplikasi atau buka webnya di komputer atau smartphone lalu pilih motor yang disukai, kemudian tunggu CS menghubungi, dan selesaikan pembayaran. Beli motor secara online di sini mudah, cepat, dan nggak perlu ribet. #ingatMotorIngatMoladin

Era digital memiliki 2 sisi yang akan mempengaruhi kehidupan dan kesemua itu diserahkan lagi kepada diri sendiri. Apakah ingin merdeka dimasa digital atau terjajah lagi ?

Memaknai merdeka di era digital adalah bebas mengeluarkan pendapat dan berkreasi namun tetap memiliki batas-batas tertentu. Dimana bebas yang dimaksud adalah tidak liar tapi memiliki batas baik secara vertikal maupun horizontal.

No comments:

Post a Comment

Hai... silahkan tinggalkan pesan dan tunggu saya approve ya...
terima kasih udah berkunjung