Wednesday 19 January 2011

Mengenal Epidemiologi Kesehatan

Tak pernah terpikir oleh saya akan tercebur didunia epidemiologi. Impian sederhana seorang anak kecil itu bekerja dengan seragam putih-putih . Sesederhana itu, karena merasakan kegagahan saat menjadi seperti itu
Selain mereka juga punya cita sebagai presiden, pilot ,guru, polisi, astronot ,ilmuwan . Perkembangan zaman dan mudahnya akses internet bikin bergeser keinginan anak-anak.  Mereka kini memimpikan menjadi Selebgram ,Makeup Artist, YouTuber,  Pemain Game Profesional , Fashion Stylist dan artis .
"Hasil survei yang dilakukan oleh university college london menemukan bahwa banyak anak -anak SD bercita-cita menjadi youtuber,  gamer dan bidang sosial media. "Dikutip dari Telegraph.co.uk .

Back to topik kids jaman old ,gambaran saya cari pitih dengan bekerja di RSIA dan puskesmas .Sesederhana itu .

Seiring berjalan waktu saya menambah ilmu dan mengambil jurusan epidemiologi karena menurut beberapa orang rada prestise. Emangnya ada ya jurusan yang kayak gitu ?

Entahlah,  mungkin menurut mereka epidemiologi bermain dengan angka. Jadi butuh nalar tinggi, analisa mendalam. Jurusan yang diambil merupakan bagian dari IKM. Kampus saya memilki jurusan lain yang berhubungan dengan kesmas seperti kespro,analis kesehatan,kesehatan lingkungan.

Cakupan epidemiologi itu luas membahaa kesehatan ibu,anak,remaja,lansia bahkan lingkungan.waw...ya komplit

Epidemiologi berasal dari Bahasa Yunani yang terdiri atas 3 kata

 Epi : pada, atas
 Demos : rakyat, penduduk
 Logos : ilmu
So epidemiologi itu ilmu yang mempelajari hal-hal yang terjadi pada rakyat (penduduk).

Beberapa arti epidemiologi menurut para ahli :
 Ilmu yang mempelajari penyebaran penyakit dan faktor-faktor yang menentukan penyebaran penyakit pada manusia ( Mac Mahon & Pugh, 1970)

 Studi tentang faktor yang menentukan frekwensi dan distribusi penyakit pada populasi manusia ( Lowe & Koestrzewski, 1973)

 Pada intinya : ilmu yang mempelajari, menganalisis serta berusaha memecahkan masalah kesehatan/yang erat hub.nya dengan kesehatan pada suatu kelompok masyarakat tertentu.

Mempelajari pola penyebaran penyakit atau masalah kesehatan berdasarkan sifat orang, tempat dan waktu . Setiap kejadian dilapangan kaitkan dengan ketiga variabel diatas. 

Pada awal perkembangannya epidemiologi mempunyai arti sempit, ilmu tentang epidemic. Pada perkembangannya selanjutnya diartikan sebagai ilmu tentang Distribusi (Penyebaran) dan Determinan (Faktor-faktor penentu) masalah kesehatan masyarakat yang bertujuan untuk pembuatan perencanaan dan pengambilan keputusan dalam menanggulangi masalah kesehatan.

Disiplin ilmu ini menekankan perhatiannya terhadap keberadaan penyakit dan masalah kesehatan lainnya dalam masyarakat, bahkan pelayanan kesehatan. Cakupan luas ya 

Hasil yang diperoleh dari studi epidemiologi dapat digunakan untuk menentukan pengobatan suatu penyakit, melakukan pencegahan, atau meramalkan hasil pengobatan. 

Bicara penyakit dan pengobatan tak jauh dari ilmu kedokteran. Adapun Perbedaannya terletak pada cara penanganan masalah. Ilmu kedokteran lebih menekankan pelayanan kasus demi kasus, sedangkan epidemiologi lebih menekankan pada kelompok individu. 

Epidemiologi merupakan ilmu yang kompleks , sehingga butuh disiplin ilmu, seperti :

1.      Demografi
2.      Sosiologi
3.      Antropologi
4.      Geologi
5.      Lingkungan fisik
6.      Ekonomi
7.      Budaya
8.      Statistika 

Kedelapan disiplin ini akan melebur menjadi satu ketika membicarakan penyakit atau masalah kesehatan . Kenapa? seorang epidemiologi harus memahami penyebab masalah bahkan harus sampai ke akarnya sebelum  menganalisa.


No comments:

Post a Comment

Hai... silahkan tinggalkan pesan dan tunggu saya approve ya...
terima kasih udah berkunjung