Tips Belanja Pakaian dengan Cara Online Agar Tak Menyesal

March 11, 2019

Aa....bali ni ? Caliaklah kadalam sapao tau ado nan katuju. Sapaan ini biasanya wajib didengar saat belanja  dengan orang minang
Keramahan ini menjadi pemikat membuat saya sering memasuki toko-toko tersebut  dibandingkan dengan pedagang yang diam aja.

Pembeli adalah Raja dan ketika disapa seperti itu beranggapan mereka siap melayani. Walaupun ketika raja masuk belum tentu terjadi jual beli.

Pedagang yang menjual barang yang sama buanyaaak banget dan keramahan merupakan nilai lebih yang harus dipunyai. Jadi ingat kata orang tua "yang dibali tu maco tapi indak jo baso. Maksudnya adalah harus mempunyai sikap ramah.

Keramahan o. K tapi pas masuk toko penjualnya ngak jujur mengatakan barang yang dicari ada menyuruh menunggu untuk mengambil ke gudang. Padahal, ngambil dari toko sebelah dan mengatakan miliknya. Ya ampun... Segitunya ngak mau mengecewakan pelanggan.

Dalam belanja saya bukan tipe yang betah keluar masuk toko terutama pakaian hanya demi mendapatkan harga murah.

Saya ngak mau berkeringat dan memegalkan kaki ini, apalagi ribet untuk tawar menawar mencari harga terendah. Rasanya zalim aja memaksa orang melepaskan dagangannya untuk menyetujui harga yang diinginkan . Hei... Bukankah jual beli itu ada akadnya.

Trus ngak takut ketipu??? Ada harga ada kualitas, barang bagus tidak akan dijual dengan harga kaki lima. Dan barang berkualitas itu dari jauh udah kelihatan waah.

Nyatanya...saya ini tipe yang menyukai belanja daring. Tidak suka ribet keluar masuk toko walaupun itu langganan dan ngak tega menawar. Lebih enak belanja yang leyeh-leyeh manja di kasur ditemani snack. Belanja tetap jalan tanpa habiskan waktu. Walaupun begitu, belanja tanpa melihat dan menyentuh barang sebenarnya beresiko tidak sesuai keinginan.

Baca: tips anti bangkrut saat belanja online

Alhamdulillah saya tidak pernah kecewa saat melakoni belanja online terutama pakaian, karena saya punya tips sederhana:

1. Kenali ukuran tubuh

Selama ini saya selalu menggunakan ukuran M, walaupun begitu jangan buru-buru membeli pakaian sebaiknya cek kembali daftar ukuran yang tertera pada keterangan pakaian.

Periksa lingkar dada, panjang lengan, lebar bahu dan lain sebagainya. Tujannya until mendapatkan ukuran bagian payudara, pinggang dan pinggul yang tepat .

Kadangkala ukuran tersebut tidak cocok dengan angka. Beberapa produsen tidak sama dalam menetapkan angka untuk ukuran baju. Akan lebih baik mengambil meteran dan mengukur sendiri tubuh.

Dan jangan pernah membeli ukuran all size yang semua tubuh bisa masuk. Kadang pas dipakai sempit dilengan tapi besar didada. Sayangkan, baju baru hanya tersimpan dilemari

 Baca: mulai merasa cukup pakaian dimulai dari lemari

2.kenali bahannya
Kenyamanan pakaian dipengaruhi oleh bahannya. Beberapa bahan terasa panas ketika dipakai. Ketahuilah jenis bahan kain yang ada jadi ketika membaca keterangan baju tersebut udah bisa membayangkan .

3.perhatikan dengan seksama kondisi barangnya
Misalnya warna pakaian , panjang pakaian, model pakaian walaupun hanya dari photo. Beberapa toko online menyertakan tinggi modelnya sehingga pembeli bisa mengira-ngira pakaian tersebut cocokkah saat dipakai.

4. Pilihlah tempat Yang terpercaya

5.tanyakan kepada seller apakah milik sendiri atau hanya jadi dropshiper
Kenapa ini penting???  Pernah teman saya kecewa saat belanja tidak sesuai harapannya. Dan penjualnya tidak bisa tanggung jawab karena hanya dropshiper

6. Cek Testimoni

Ini adalah hal yang juga berpengaruh. Bacalah testimoni pembeli sebelumnya. Dengan adanya testimoni, membuat kita bisa menilai bagaimana kualitas pakaian yang dijual oleh toko online tersebut. Pembeli yang cerdas akan menelusuri kapan terakhir kali testimoni dibuat.

Keberadaan testimoni ini akan membangun kepercayaan pembeli terhadap toko tersebut, jadi toko yang benar-benar serius untuk berjualan akan memberi service yang baik untuk pembelinya dan akan mendapatkan feedback berupa testimoni yang baik. Dan jika sudah selesai belanja sempatkan memberi testimoni juga

7. Cek Persyaratan
Setelah kamu teliti dengan ukuran dan pilihan bahan, satu hal yang tak boleh ketinggalan adalah mengecek persyaratan pembelian, pengembalikan barang, pengembalian uang jika barang tak ada, seberapa lama barang akan sampai di tangan dan lain sebagainya.


You Might Also Like

0 komentar

Hai... silahkan tinggalkan pesan dan tunggu saya approve ya...
terima kasih udah berkunjung

sosial media

LinkedIn

Join

KSB

Total Pageviews

Kelas Growth dari Growthing.id*