Juice Belum Tentu Menyehatkan

October 07, 2017


Saya paling susah untuk makan buah, walaupun orang disekitar saya mengatakan rasanya enak.
Berbagai buah dengan rasa lezat dan warna menggoda disajikan didepan mata tidak akan membuat saya bergeming. Saya hanya akan bergerak ketika ada durian, yaa....itulah favoritku.

Sebagian orang menghindari buah ini karena alasan kesehatan dan aromanya. Saya tidak akan berhenti makan durian sampai merasakan ketidaknyamanan dengan tubuh seperti pusing, kepanasan, tenggorokan sakit.

Saya menyadari pentingnya komsumsi buah rutin setiap hari, manfaatnya yaitu :
1.Terhindar dari berbagai macam penyakit termasuk kanker
2.Buang air besar lancar
3.Tubuh menjadi lebih segar dan enerjik
4. menghilangkan depresi
5. Mengontrol  berat badan.
Tapi saya mengabaikannya, selain manfaat besar didalam buah juga terkandung berbagai nutrisi yang komplit. Nutrisi ini tidak ditemukan pada Sumber pangan lain yaitu vitamin mineral, dan serat.

Ternyata saya tidak sendiri, banyak juga orang yang mengabaikan manfaat buah. Hasil Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) Departemen Kesehatan RI pada 2013 menunjukkan, sebanyak 93,5% penduduk Indonesia masih kurang mengonsumsi sayuran dan buah-buahan.

Saya masih mengkonsumsi sayur dikarenakan tidak suka makan tanpa kuah. *setidaknya kuah menangkap nutrisi dari sayur

Komsumsi buah yang rutin memberikan dampak pada kesehatan ,adapun porsi yang dianjurkan 400 gram perhari. Jika dibagi dengan 3 kali makan makan per satu kali  makan sekitar 130 gram.

Jika dibawa kepada 1 piring maka porsi buah itu sekitar 25%. Artinya dalam sekali makan buah menempati bagian seperempat porsi dari makanan utama. Komponen sumber karbohidrat seperti nasi hanya seperempat bagian atau 25%. Demikian juga dengan porsi lauk pauk  hanya 25%. Dan sayuranpun seperempat bagian. Jadi kita tidak lagi pakai patokan asal kenyang tapi makan harus seimbang

Beruntungnya sejak ditemukan juicer makan buah bukan hal yang berat bagi saya. Saya lebih sering komsumsi buah dari biasanya. Jus buah menjadi pilihan sebab lebih praktis, berbagai manfaat buah dapat dipenuhi tanpa harus memakan satu persatu keunggulan lain dari jus adalah mudah dicerna dan diserap.

 Jus buah pilihan terbaik untuk yang malas dengan buah, walaupun begitu harus diperhatikan dalam komsumsi buah
1.perhatikan kebersihan meliputi alat yang digunakan dan buahnya.

2.perhatikan alatnya
Setelah alat pembuat jus yakin bersih. Pastikan alat yang digunakan sudah benar. Akan lebih baik gunakan juicer sebab ampasnya akan terpisah.
Jika menggunakan blender, jangan saring tapi biarkan ampas tetap tercampur dan diminum. Pada ampas buah terdapat serat dan vitamin.

3.tidak menambahkan apapun kedalam juice seperti gula, es Batu ,susu,madu atau youghur

4. Jus harus diminum dengan segera setelah dibuat dan jeda waktu maksimal diminum adalah 4 jam. Akan lebih baik minum jus yang dibuat sendiri

5.komsumsi buah harus beragam tujuannya agar AKG harian (Angka Kecukupan Gizi) terpenuhi.
Contohnya melon, pepaya, anggur, apel, jambu biji, dan manggis dalam waktu sehari.

Menurut penelitian dengan komsumsi tujuh porsi buah sehari akan mengurangi setidaknya 42% risiko. Malahan resiko penyakit kanker akan menurun 25% dan 31% penyakit jantung atau stroke. Solusi bagi yang susah makan buah adalah jus sebab berbagai kandungan buah bisa dicampur manjadi satu.

6.Tidak terus menerus komsumsi jus
Pembuatan jus tanpa tambahan gula ternyata berbahaya bagi tubuh. Sebab buah mengandung gula yang akan pecah menjadi gula fruktosa.
Jenis gula fruktosa masuk ke dalam golongan gula monosakarida.

Dikhawatirkan, fruktosa ini berperan menjadi gula tambahan saat masuk ke dalam tubuh. Kelebihan gula didalam tubuh sangat berbahaya seperti Kolesterol dan tekanan darah.

Sebenarnya, yang terbaik adalah konsumsi buah potong. Sebab beberapa buah yang dapat dimakan seperti apel, stroberi, atau anggur, vitamin dan mineral yang terkandung dalam kulit buah akan terbuang jika dijus.

Buah yang sudah dipotong sebaiknya langsung dimakan. Sebab, kandungan gizinya akan menurun dikarenakan terpapar sinar matahari dan udara.

Jika tidak memiliki masalah pencernaan lebih bermanfaat mengonsumsi buah potong. Karena, kandungan serat, vitamin, dan antioksidan yang terdapat pada kulit buah bisa diperoleh secara maksimal.

Sementara yang punya masalah lambung dan pencernaan dianjurkan untuk mengonsumsi jus buah. Sebab hal itu akan membantu saluran cerna agar tidak bekerja terlalu keras.

Jus buah bagus untuk tubuh asalkan benar dalam pemilihan buahnya dan cara pembuatan. Kekurangan dari jus adalah kandungan gulanya bisa berbahaya bagi tubuh jika terus menerus dikonsumsi. Sebenarnya yang terbaik adalah buah potong dalam arti harus beragam konsumsinya.

You Might Also Like

0 komentar

Like us on Facebook

Flickr Images

Daisypath Anniversary tickers