Tuesday, 15 August 2017

Senyum Ceria Bayi Sehat Bersama Ougi

Diaper(popok) sekali pakai masih menjadi pilihan terbaik untuk digunakan bagi bayi dan balita karena dianggap lebih praktis. Bagaimana tidak praktis, saat sudah "penuh" tinggal masuk tempat sampah.

Ternyata praktis tidak selamanya aman, ada masalah klasik yaitu ruam,  boros dan penanganan limbahnya.

Ruam akan ditemukan didaerah bokong ditandai dengan kulit kemerahan. Penyebab ruam itu bermacam-macam seperti terlalu lama bersentuhan dengan popok kotor, popok ketat, iritasi produk, kulit sensitif, mencoba makanan baru, penggunaan antibiotik dan infeksi.

Ruam tidak berbahaya tapi menyebabkan bayi tidak nyaman sehingga membuatnya rewel. Bayi merasa tidak nyaman sehingga kita tidak bisa menikmati senyum cerianya.

Selain ruam keluhan yang dirasakan dengan pemakaian popok sekali pakai adalah boros. Idealnya popok harus diganti setiap 2-3 jam,  tapi demi menghemat malah membiarkannya lebih dari itu.

Serba salah antara hemat dan tidak tega membiarkan anak dengan popok sekali pakai lebih dari 3 jam. Akhirnya memilih ganti dalam waktu 2-3jam,  ternyata dalam sehari penggunaan popok minimal 8 buah.

Hitungan matematikanya akan dihabiskan 240 buah popok dalam sebulan. Seandainya harga sebuahnya Rp 2000, maka akan ada Rp 480.000 uang dibelanjakan. Kalau setahun kurang lebih Rp 5.760.000.

Disisi lain volume sampah akan bertambah dengan penggunaan diaper. Coba bayangkan 240 buah ini untuk 1 bayi , bagaimana jika mereka punya lebih  dari seorang anak.

Berita buruknya sampah popok tidak akan hancur ditanah dengan segera, mungkin perlu waktu 250 tahun. Bumi akan makin sempit dengan sampah yang ada.

Salah satu cara menyayangi bumi dengan tidak menggunakan diaper disposible. Saat ini tren penggunaan popok cuci ulang, atau lebih dikenal dengan cloth diaper(clodi).

Clodi tampil dengan berbagai warna yang cantik, sehingga menjadi fashion. Ingin membuat anak kalem pilih saja warna yang lembut.Atau mau tabrak warna pakaian dengan clodi,  yuk ah.

 Tidak perlu ragu menginvestigasi uang untuk membelinya sebab clodi ini mempunyai kemampuan menyerap sama dengan diaper disposible. Bonus lainnya adalah aman dari ruam. Bukankah salah satu penyebab ruam adalah iritasi produk.  Produk yang mengiritasi bisa dari diaper ,detergen atau sabun.

Seringkali kita lalai dengan membiarkan bayi menggunakan detergen yang sama dengan orang dewasa. Padahal ini tidak boleh dilakukan sebab detergen bubuk cenderung meninggalkan residu pada kain dan akan mengiritasi kulit.

Ougi detergen ramah dengan kulit bayi

Bayi memiliki kulit yang peka, ia mudah menyerap zat yang bersentuhan langsung dengan kulitnya. Bijak dalam memilih detergen akan membuat bayi sehat sehingga bisa tersenyum dengan ceria.

Detergen yang beredar dipasaran mengandung SLS,  surfaktan ini kuat dan biasanya dipakai untuk produk pembersih kotoran dan minyak dan sering ditemukan pada produk pembersih lantai dan shampo mobil. *hadehh... Mengerikannya

Detergen ramah pada bayi itu harus memiliki syarat sebagai berikut: tidak mengandung bahan kimia berbahaya seperti pemutih, pewarna dan pelembut. Anti bakteri dan syarat lainnya sedikit busa dan berbentuk cair.



Pemutih, pewarna, fosfat, dan pelembut akan menyebabkan alergi dan iritasi. Mungkin dengan pembilasan maksimal tidak akan ada sisa detergen tapi aroma pewangi berbahaya jika tercium oleh bayi. Ougi mampu menjawab semua keresahan yang ada yaitu dengan wangi natural. 

Ougi diciptakan dengan mesin modern dan hiegine sehingga mampu menghasilkan detergen anti bakteri yang berkualitas dan nyaman bagi kulit sensitif, jadi pas untuk bayi.

Detergen cair ini memiliki busa minimal
walaupun begitu kekuatannya maksimal dalam membersihkan kotoran yang melekat dikain. Berbeda dengan detergen lain yang mengandung sls sehingga menghasilkan busa yang berlimpah dan ini bisa menyebabkan iritasi.

Keuntungan lain dari busa minimal membuat proses mencuci lebih cepat dan sedikit menggunakan air.

Kelebihan terakhir yang tidak akan ditemukan pada detergen lain khusus bayi yaitu dikombinasikan  dengan aveno eczema cream yang ampuh untuk hilangkan eksim (kemerahan).


Berbagai kelebihan dari ougi telah dijabarkan,  jadi jangan lupa memasukkan detergen anti iritasi ini ke dalam daftar belanja bulanan.

Senyum ceria bayi sehat bersama ougi deterjen akan terwujud jika orangtua mengetahui syaratnya yaitu tepatnya dalam memilih detergen dan pemakaian clodi.

Kedua ini wajib dilakukan karena bayi rentan terkena iritasi terutama dalam bentuk ruam.




1 comment :

  1. Aaah bener banget mbak kalo popok sekali pakai ini memang bikin sampah rumah tangga jadi bertambah lumayan banyak dan sedihnya lagi nggak bisa diolah dengan cepat..
    untung sekarang mulai rame lagi ibu-ibu yang menggunakan clodi sebagai popok bayinya
    untung juga ada ougi sebagai teman setia ibu untuk mencuci clodinya

    ReplyDelete