Monday, 31 July 2017

Antara Me Time, Smartphone Dan Fotographi

Menjalani rutinitas harian tanpa ada variasi akan terasa monoton dan jika dibiarkan akan membuat kita menjalaninya dengan setengah hati. Keadaan ini jika dibiarkan akan berdampak pada kualitas hidup.
Hal tergampang yang bisa dilihat dari rasa bosan untuk sesuatu yang monoton adalah mood. Mood yang jelek tidak bisa ditahan dan disembunyikan sebab akan berdampak pada segala urusan domestik rumah tangga. Pekerjaan rumah tangga tak ada yang tuntas bahkan akan berakhir dengan kacau. Hal ini bisa dicegah dengan Me time.  
Bentuk me time itu tidak harus muluk-muluk dengan cara menyediakan waktu khusus untuk keluar dari rutinitas. Cukup dengan mencuri waktu ditengah aktivitas dan mengisi dengan kegiatan yang menyenangkan.

Me time sederhana saya adalah dengan memanjakan mata untuk melihat kumpulan foto dan video dari instagram. 

Berbagai foto ada di instagram dari yang acak dalam pengambilannya sampai feed rapi. Berbagai foto selfi, welfie sampai foto dengan berbagai tema bisa ditemukan dan kesemuanya itu sangat menghibur saya.

Keberadaan foto itu penting untuk merekam kenangan,  sebab ekspresi dan suasana akan lebih mudah terlupakan oleh mata. Tidak salah jika ada yang mengatakan foto  memiliki 1000 makna.

Selain itu foto bisa untuk menyampaikan pesan bahkan lebih mudah untuk menangkapnya tanpa bersifat menggurui. Berbagai foto yang dimiliki tidak akan ada artinya jika hanya tersimpan dimemori, sifat pamer sering membuat kita ingin membagikannya dan untuk itu diperlukan wadah untuk menampung semua foto.

Wadah atau aplikasi itu bernama instagram(IG) . Aplikasi ini dikhususkan untuk foto dan video durasi pendek. Video pendek lebih diminati karena langsung pada intinya. Berbagai tutorial ada di IG dan yang paling saya sukai adalah tentang DIY.

Foto yang ada di ig itu tidak akan "terasa" bahkan dipandang sebelah mata jika ditampilkan dalam keadaan jelek seperti blur. Keadaan ini berlaku sama dengan video dan untuk itu diperlukan kamera dan smarphone.

Kamera Dslr memiliki harga yang mahal dan tidak semua orang bisa memilikinya. Kendala ini janganlah menjadikan kita kehilangan kekereatifan, ternyata kamera hanya memiliki pengaruh sebesar 20% terhadap hasil foto terbaik sementara fotografer memiliki andil terbesar yaitu  80%. Jadi lupakan keinginan membeli DSLR yang mahal , kenapa tidak menggunakan kamera smartphone saja.

Kamera smartphone hari ini sudah banyak yang beresolusi untuk fotographi walapun belum bisa menyaingi kehebatan DSLR. Salah satu smartphone yang berevolusi itu bernama coolpad cool 1 dual .

Perkenalan saya tidak sengaja , ketika akan membeli smarphone saya ditawari dengan dengan Coolpad Cool 1 Dual. Saya tertarik dengan kata dual , yang berarti ada dua kamera. Salah satu syarat dalam memilih smarphone bagi saya adalah kameranya dan saat ini sedang tren kamera dual. 

Produk lain banyak yang dual kamera tapi dengan harga yang tidak terjangkau dikantong. Coolpad cool 1 dual  sebagai solusi untuk itu. Berbeda dengan produk lain yang gencar iklannya ditelevisi coolpad tidak ada, ada sedikit keraguan tentang kameranya.

Akhirnya saya membaca review dari website sinyaliti. Kenapa disini? Sebab banyak website yang tidak mereview coolpad dan disini pemaparan lengkap dari desain, fitur, performa, kamera dan baterainya,.  Keuntungan membaca mengunjungi sinyaliti adalah panduan harga yang bersumber dari hasil survei lazada,mataharimall, blibli, jd, elevania dan sinyaliti. com. Hasil survei ini membuat kita bisa bandingkan harga. Asyikkan,  bisa cari harga paling murah

Daya tarik utama dari spesifikasi Coolpad Cool 1 Dual terletak pada kameranya. kamera depan yang beresolusi cukup tinggi sebesar 8 MP yang tak hanya bisa menghasilkan foto selfie berkualitas namun juga video 1080p. Ini cocok banget untuk aktivitas video call dan selfie.

Kamera utamanya ada dibelakang , tersemat dua buah kamera sekaligus dengan resolusinya sama, yakni 13 MP dengan aperture sebesar f/2.0.

Kamera belakang lainnya dikolaborasikan bersama sensor kamera monochrome yang memiliki resolusi sebesar 13 MP pula

Perpaduan dua kamera pada perangkat Coolpad Cool 1 Dual ini difungsikan untuk mengambil gambar berwarna dan monokrom. Kamera juga diperlengkap dengan fitur-fitur canggih seperti PDAF, Dual Tone LED Flash, serta fokus lensa default di f/2.0, sehingga mampu menghasilkan foto yang tampak jernih, tajam, serta natural.

Selain mumpuni untuk membidik foto, kamera di bagian belakang ini juga mampu merekam beberapa jenis video 4K seperti 2160p@30fps, 1080p@30fps, dan 720p@. Kecanggihan kameranya tidak membuat kantong jebol, sebab coolpad Cool 1 Dual ditujukan untuk penyuka fotografi dengan low buget.

Perlakukanlah smartphone seperti kamera pro tapi jangan lupakan kekurangannya. Adapun cara menghasilkan foto yang bagus dengan smartphone :
1.    Pencahayaan
Memotret itu merupakam kegiatan menangkap cahaya ,semakin banyak cahaya maka hasil foto akan bagus. Kamera smartphone tidak sesensitif mata yang mampu melihat dalam keremangan. Hal ini disebabkan ukuran sensornya yang kecil, sehingga akan sangat rawan untuk muncul noise alias bintik-bintik ketika mengambil foto dalam keadaan pencahayaan minim. 

Cara yang dilakukan untuk bisa menangkap cahaya lebih banyak adalah menaikkan ISO agar nampak lebih terang. Beberapa smartphone telah menyisipkan pengaturan ISO manual dengan konsekuensi harga yang ditawarkan mahal. Ternyata coolpad cool 1 dual sudah ada pengaturan manualnya dengan harga ramah dikantong. 

Cara terbaik menghasilkan foto bagus dengan mengenali waktu dan tempat yang tepat. Lakukan pengambilan gambar dipagi hari dari pukul 06-09 atau pada pukul 15-18 sebelum matahari terbenam.

Jumlah cahaya pun harus diperhatikan maksudnya jika terlalu banyak cahaya justru akan menyebabkan gambar nampak silau dan memiliki kontras terlalu tinggi. Ini terjadi jika pengambilan foto dilakukan siang hari, selain itu arah cahaya juga harus diperhatikan. Jika objek dan cahaya datang dari arah bersamaan akan membuatnya terlihat gelap.

Tempat yang tepat untuk membidik foto adalah pada luar ruangan (outdoor). Jika harus indoor dengan pencahayaan kurang bisa diakali dengan menggunakan cahaya tambahan seperti lampu, sebenarnya sumber cahaya terbaik adalah sinar matahari.

Cara lain untuk mendapatkan hasil foto bagus diindoor dengan menggunakan flash dalam smartphone. Kemampuan flash terbatas hanya bisa untuk menerangi sekitar 2-3 meter saja . 

2.    Pelajari komposisi
Mempelajari komposisi itu penting sebab inilah seni dalam fotographi. Foto itu bukan hanya jepret saja tapi perlu menyusun atan meletakkan objek untuk menghasilkan gambar bagus.

Komposisi merupakan perbandingan antara objek dengan background. Sebuah komposisi akan membuat hasil berbeda walaupun objeknya sama dalam suatu foto . Foto yang tercipta tidak akan membosankan akan bahkan membuat posisi objek teratur.

Komposisi itu banyak dan yang paling simpel adalah aturan rule of third yaitu membagi bidang menjadi 3 sama besar sehingga akan ada vertikal dan horizontal

Tampilan dalam rule of third akan ada 9 kotak yang sama besar dan untuk membuat foto menarik letakkanlah diperpotongan titik vertikal dan horizontal.  Jadi tidak semua objek foto  harus berada ditengah. 

3.    Cara memotret
Ini berkaitan dengan angelnya, fotographi itu adalah seni dan untuk menghasilkan foto yang bagus dituntut cara pengambilan yang tidak biasa.

Kelebihan yang dimiliki oleh kamera smartphone  adalah ringan sehingga ini memudahkan kita mengambil dari berbagai sudut .

4.    kenali kamera smartphonemu
Sebelum memulai foto akan lebih baik diotak-atik kamera, mengenali kamera smartphone membuat kita lebih mudah menghasilkan foto yang bagus. Kenalilah filter yang ada didalamnya, kualitas resolusi dan waktu jeda shuter. 

5.    perhatikan keadaan lensa
Berbeda dengan kemera yang mempunyai tutup lensa. Smartphone tidak begitu ia akan selalu dibawa oleh pemiliknya, sehingga lensanya akan sering kotor dan tergores.

Smartphone mudah kotor karena debu dan sidik jari, untuk itu sebelum memotret periksa keadaan lensa. Jika kotor bersihkan dengan kain lembut dan jangan gunakan cairan untuk membersihkannya .

6.    pegang kamera dengan stabil dan fokus
Peganglah kamera dengan stabil sebab ini akan berpengaruh terhadap hasil foto .

Fokus dalam foto itu penting,  ini akan berpengaruh terhadap hasil akhir. Beberapa smarphone sudah mempunyai fokusnya otomatis, jika ingin mengganti fokus sangat mudah dengan cara tap dilayar. Caranya tekanlah layar maka fokus akan berubah.

Menerapakan cara diatas akan membuat hasil foto menjadi baik tapi jangan lupakan keterbatasan dari Smarphone itu. 
Keterbatasan tersebut adalah adalah tidak mampu menangkap objek yang jauh sebab tidak memiliki kontruksi untuk memaju mundurkan lensa, dan juga cenderung memperkecil obyek foto.

Banyak yang melakukan zoom demi bisa menangkap foto yang jauh padahal ini akan menurunkan resolusi foto secara keseluruhan dan membuat foto tidak tajam.
Cara yang bisa dilakukan dengan mendekat pada objek

Selalu ingat seseorang dikenal bukan dari kameranya tapi dari hasil fotonya. Yuk maksimalkan smartphonemu dan saya sudah melakukannya. Saya mengikuti berbagai komunitas fotographi dari IG, walaupun tidak menang saya bisa me time.

Iya... Saat ini me time saya sudah produktif, tidak hanya sekedar penikmat foto IG. Saya memberanikan diri untuk mengikuti tantangan foto. Mungkin bagi sebagian orang ini bukan me time sebab ada tantangan yang mengharuskan untuk berfikir.

Salah satu tantangan foto , temanya serat kayu. Ini tanpa menggunakan aplikasi edit foto.


Awalnya saya juga merasa begitu tapi ketika menjadikannya sebagai sesuatu yang menghibur rasanya malah enjoy. Ada yang hilang ketika melewatkan satu hari tanpa memenuhi tantangan jepretan.

Kata kunci:
Sinyaliti
Coolpad cool 1dual
Panduan harga




No comments :

Post a Comment