Saturday, 18 February 2017

Blog Sebagai Media PEmasaran

Digital marketing merupakan suatu aktivitas dalam bisnis untuk memasarkan produk atau jasa dan promosikan merEk dagang melalui media digital marketing contohnya internet.
Kemajuan internet dan teknologi membuat perubahan dalam wajah dunia, dulu memasarkan perlu starategi  penjualan dan sewa lokasi di pasar nyata. Hari ini yang dibutuhkan hanyalah kemampuan digital saja dalam melakukan marketing.
Dunia digital marketing menjadi sebuah profesi yang menjanjikan dengan syarat mempunyai jaringan internet dan kanal seperti smartphone, website, blog , iklan di internet maupun sosial media.
Keberhasilan digital marketing itu terjadi jika menggabungkan faktor psikologi, humanis, antropologi dan teknologi digital. Starategi digital yang bisa diterapkan ada 2 yaitu

1.    Digital marketing dengan strategi “Pull”
Pelanggan mencari informasi tentang produk dan atau jasa dengan mengunjungi sumber informasi perusahaan mencari produk tertentu atau layanan informasi. Mereka pada dasarnya meminta untuk melihat konten spesifik. Ini biasanya terletak di situs web, blog, streaming audio dan sumber video. Pelanggan telah menemukan informasi terkait di situs-situs lain atau diarahkan ke sumber-sumber perusahaan dengan sebuah website untuk menemukan informasi.
2.      Digital marketing “Push”
Pelanggan disediakan informasi dengan menerima atau melihat iklan digital, seperti: SMS, RSS, panggilan ponsel, dan sebagainya. Strategi ini biasanya membutuhkan kesukarelaan pelanggan untuk berlangganan pada sistem informasi perusahaan, sehingga informasi dapat disampaikan langsung kepada pelanggan.

Blog sebagai media digital marketing
Saat ini keberadaan blogger diperhitungkan dalam dunia digital marketing. Ulasan yang diberikan oleh blogger dalam suatu  produk akan memberikan pengaruh postif dalam dunia digital marketing. Penerapan  strategi  pull cocok dilakukan   dengan  memperhatikan  konsep AIDA (Awareness, Interest, Desire, dan Action) dalam  memberikan informasi dan atau menawarkan produk.
Pelanggan yang  hausnya akan  informasi pasti akan menghubungi google dan blogger harus punya strategi untuk berada dihalam an  pertama google. Salah satu caranya dengan belajar SEO.

1 comment :

  1. Kalau saya promosinya paling mudah pakai fanspage facebook. Saya pasang banner besar besar berukuran 13x5 cm di background halamanya. Jadi begitu ada orang yang melihatnya, maka yang pertama kali di lihat adalah banner yang berisi nomor kontak saya seperti WA dan BBM, dan ampuh juga karena dagangan saya laris berkat fanspage ini.

    Btw jangan lupa kunjungan baliknya ya, terimakasih sebelumnya :-)

    ReplyDelete