Saturday, 26 November 2016

Jagung F1 Aina bentuk UKM Yang Sukses

Berakit-rakit ke hulu, berenang-renang ke tepian;
bersakit-sakit dulu, bersenang-senang kemudian peribahasa ini kebenarannya telah dibuktikan oleh pak Imam, kerja kerasnya dimasa lalu telah membuahkan hasil. Awalnya seorang petani kini menjadi pengusaha , bahkan usahanya ini telah mempunyai banyak cabang di propinsi lain.
 
Usaha yang dilakoni oleh iman dan istrinya adalah kuliner dengan bahan dasarnya jagung manis. Varietas jagung yang digunakan adalah F1 brix 16 yang berasal dari Thailand, seperti halnya mobil formula 1 yang spesial maka Jenis jagung ini berbeda dari jagung pakan yang ada. Perbedaanya ditemukan pada rasa jagung lebih manis dan lembut dengan kadar air tinggi. 

Jagung F1 atau hibrida ini sangat diburu karena keunggulannya yang ada. Keunggulan ini terjadi karena adanya persilangan 2 spesies berbeda dengan tujuan untuk mengambil sifat yang baik . Benih hibrida ini terjadi karena campur tangan manusia sehingga lingkungan tempat dari kedua spesies berbeda ini menghasilkan keturunan langsung dan terkendali  dengan nama F1/filial(keturunan) pertama. Jika diibaratkan F1 itu merupakan anak yang berasal dari orang tua yang terpilih. Sebelum melahirkan anak yang baik , perlu dicari jodoh dengan memperhatikan kriteria bibit , bebet dan bobotnya. 

Jagung F1 Aina, demikianlah nama tempat usaha pak imam. Sebelum punya tempat usaha pak Imam  melakoninya dari nol dengan cara menjajakan jagung rebusnya secara keliling karena tidak ada pendistribusian hasil panenya. 4000 tongkol jagung itu tidak bisa dijual karena berbeda dengan jagung yang ada dipasaran. 


Roda itu berputar, respon yang besar dari pasar membuat pak iman bisa mengontrak lokasi di daerah Koto Baru Batu Hampar untuk membuka usahanya. Perjuangan dari tahun 2010 itu tidak sia-sia, bahkan di tahun 2014 kios Jagung F1 Aina sudah dibangun permanen dengan fasilitas musola, meja makan, dapur dan parkiran yang luas. Konsep ini membuat  pengunjung tidak hanya sekedar belanja saja tapi bisa beristirahat sambil memandang hijaunya perbukitan. 

Jagung F1 Aina awalnya termasuk dalam kelompok usaha kecil tapi karena perkembanganya yang pesat secara tak langsung telah menjadikannya sebuah ciri dari suatu kota. Tidak lengkap rasanya ke Payakumbuh  jika tidak  mencicipi makanan yang terbuat dari   jagung super manis F1 Aina.
Penyebab Jagung F1 Aina bisa bekembang dengan baik adalah
1.    Kesungguhan pemiliknya dalam mengembangkan usahanya
2.    Lokasi yang strategis terletak di jalan lintas Payakumbuh-Bukittinggi
3.    Strategi yang diterapkan dalam memasarkan produk , yaitu penghentian beberapa produk yang ada dipasar per 6 bulan dan 6 bulan berikutnya. Sehingga produk yang dihentikan akan terlihat baru.
4.    Harga yang ramah , bahkan saking ramahnya dengan uang Rp 20000,- kita bisa membawa berbagai makanan yang ada di sini. Pengolahan jagung kini tidak terbatas pada rebus dan bakar saja, Inovasi yang dilakukan pemiliknya telah menciptakan 24 macam produk makanan dengan berbagai jenis rasa dan bentuk. Diantaranya pergedel, kolak jagung, puding jagung, kue jagung, bakwan jagung, risoles jagung, dan lainnya.


 UKM Sebagai Roda Penggerak Perekonomian Rakyat”

Defenisi Usaha kecil menengah (UKM) berdasarkan undang- Undang Nomor 20 Tahun 2008.
Usaha Kecil adalah usaha ekonomi produktif yang berdiri sendiri, yang dilakukan oleh orang perorangan atau badan usaha yang bukan merupakan anak perusahaan atau bukan cabang perusahaan yang dimiliki, dikuasai, atau menjadi bagian baik langsung maupun tidak langsung dari usaha menengah atau usaha besar yang memenuhi kriteria asset: 50 juta - 500 juta, kriteria Omzet: 300 juta - 2,5 Miliar

Usaha Menengah adalah usaha ekonomi produktif yang berdiri sendiri, yang dilakukan oleh orang perseorangan atau badan usaha yang bukan merupakan anak perusahaan atau cabang perusahaan yang dimiliki, dikuasai, atau menjadi bagian baik langsung maupun tidak langsung dengan Usaha Kecil atau usaha besar dengan kriteria asset: 500 juta - 10 Miliar, kriteria Omzet: >2,5 Miliar - 50 Miliar rupiah.:
.
Peran UKM di Indonesia sangat besar dan telah terbukti menyelamatkan perekonomian bangsa pada saat dilanda krisis ekonomi tahun 1997.. UKM merupakan salah satu sektor industri yang sedikit bahkan tidak sama sekali terkena dampak krisis global yang melanda dunia . Produk yang dihasilkan oleh UKM selalu dibutuhkan masyarakat sehingga daya beli dan jual akan terus terjadi . Jika UKM sudah sehat maka pertumbuhan ekonomi lebih kua bahkan bisa jadi penopang perekonomian. Dampak langsung yang bisa dilihat adalah  kesejahteraan masyarakat meningkat . Untuk bisa mewuujdukannya perlu peran pemerintah dalam bentuk pemberdayaan pada usaha kecil dan menengah 






No comments :

Post a Comment