Contoh Menjalankan Praktek Pancasila di Tingkat Lokal

November 25, 2016


Ketika kelas 1 SD kita belum bisa baca tulis tapi  sudah dikenalkan dengan pancasila. Ini terlihat dari pelaksanaan upacara bendera setiap senin pagi, peserta diwajibkan mengikuti pembacaan teks pancasila oleh pembina upacara walaupun tidak mengerti apapun tentang pancasila. Semakin besar kita tidak hanya hafal pancasila saja tapi sudah kepada makna dari sila yang terkandung didalamnya.

1.    Pancasila dan kelahirannya yang mengagumkan

Pancasila tidak asing lagi bagi seluruh rakyat Indonesia, bahkan sebelum kita menjadi sebuah negara. Sejak zaman kerajaan Sriwijaya dan Majapahit, keberadaan sila-sila yang terdapat dalam pancasila itu sudah diterapkan .Perbedaannya adalah sila-sila tersebut belum dirumuskan secara konkrit

Kata pancasila berasal dari bahasa sansekerta dan terdapat dalam buku Sutasoma karangan Mpu Tantular. Penulisan pancasila yang benar itu adalah 1 kata saja tapi jika dipecah akan kita temukan kata panca dan sila. Kata panca memiliki arti “lima” dan sila yang berarti “dasar atau aturan.Jadi secara harfiah, “Pancasila” dapat diartikan sebagai “lima dasar”.

Pancasila sangat cocok dengan bangsa Indonesia karena nilai yang terkandung didalamnya. Nilai itu berupa adat-istiadat, kebudayaan, serta nilai-nilai religius. Ketiga nilai ini dapat bersanding dengan perkembangan jaman. Sebelum negara terbentuk tepatnya ketika masih menjadi kerajaan semua nilai ini telah ada artinya berasal dari bangsa Indonesia sendiri. Para pendiri negara ini pun mengangkat nilai-nilai tersebut kemudian merumuskannya dalam beberapa kali sidang.

Sidang yang melahirkan Pancasila diadakan oleh BPUPKI pada tanggal 29 Mei s/d 1 Juni 1945. Dalam sidang pertama tersebut yang dibicarakan khusus mengenai dasar negara untuk Indonesia merdeka nanti. Dalam sidang ini ada 2 tokoh yang mengusulkan dasar negara yaitu MuHAMmad Yamin dan Ir. Soekarno. Tanggal 1 juni 1945  usulan Ir. Soekarno yang diterima dan diberi nama dengan Pancasila.

2.    Hubungan pancasila dengan sendi kehidupan

Pancasila merupakan rumusan dan pedoman kehidupan berbangsa dan bernegara bagi seluruh rakyat  Indonesia. Mengamalkan pancasila berarti melaksanakan Hak Asasi Manusia (HAM)  karena Nilai-nilai yang ada dalam Pancasila itu sejalan dengan HAM.

HAM merupakan hak yang melekat pada diri setiap manusia sejak awal dilahirkan yang berlaku seumur hidup dan tidak dapat diganggu gugat siapa pun. Hidup pasti aman dan tentram jika kita menggunakan pancasila sebagai  pandangan hidup. Bukankah tujuan ini yang diharapkan dari menghormati HAM. Adapun nilai HAM yang ada dalam pancasila  adalah :
a.    Ketuhanan Yang Maha Esa", dalam sila pertama ini dinyatakan Indonesia mengakui banyak agama tapi tidak menerima ateis. Manusia merupakan makhluk ciptaan tuhan dan untuk memenuhi kebutuhan spritualnya harus menjalankan ibadah. Bisa menjalankan ibadah sesuai dengan agama masing-masing tanpa merasa takut.
b.    Kemanusiaan Yang Adil dan Beradab,  maksudnya adalah nilai yang sama dihadapan hukum dan berhak mendapatkan kehidupan yang layak, nyaman dan aman
c.    Persatuan  Indonesia,  sila ketiga ini memiliki makna menghormati setiap perbedaan yang ada dan harus mengutamakan kepentingan dan keselamatan bangsa di atas kepentingan dan keselamatan pribadi (semangat rela berkorban)
d.    Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/ perwakilan,  mengandung makna kebebasan mengeluarkan pendapat, memilki hak ikut serta dalam pemerintahan juga berhak menduduki jabatan. Dan harus selalu ingat kekuasaan tertinggi berada ditangan rakyat
e.    Keadilan sosial bagi seluruh rakyat  Indonesia,  maknanya adalah pengkuan hak milik perorangan dan dilindungi pemanfaatannya oleh negara serta memberi kesempatan sebesar-besarnya untuk memanfaatkan hak tersebut . 


Saat ini gema HAM sedang giat didengungkan, untuk bisa menegakkannya tidak mudah membutuhkan perjuangan serta proses waktu yang cukup panjang.Banyak tantangan dalam menegakkannya, selalu ada masalah dalam HAM seperti agama , etnis dan kebudayaan serta kemiskinan. Masalah ini timbul jika ada tindakan didominasi kelompok tertentu yang menyebabkan konflik.

Keberagamanan dan dominasi jika ditangani dengan baik bisa mewujudkan kota ramah HAM. Hal tersebutlah yang berhasil dilakukan oleh pemda Bojonegoro dan saat ini berhasil menjadi percontohan sebagai kota layak HAM.  Keberhasilan ini karena peran pemerintah dan perjuangan bersama rakyat. Pelaksanaan praktik pancasila dilingkungan lokal berhasil dilakukan oleh Bojonegoro contohnya adalah toleransi umat beragama di desa sambeng kec kasiman. Hal ini sesuai dengan sila pertama pancasila yaitu kebebasan menjalankan agama walaupun adanya dominasi. Desa sambeng ini mayoritas muslim tapi toleransi begitu besar, ketika acara duka dan perayaan umat muslim dan kristiani saling mengunjungi.

Kabupaten Bojonegoro, Provinsi Jawa Timur, akan menjadi tuan rumah dalam Festival HAM 2016. Tujuan festival ini adalah untuk berbagi pengalaman, ide, inovasi, dan praktik-praktik sosial yang telah dilakukan oleh pemerintah daerah bersama-sama dengan pemangku kebijakan yang lain dalam rangka penghormatan dan perlindungan HAM.

HAM itu luas cakupannya tidak hanya tentang fisik , namun juga dapat dilihat pemerintahan yang bersih dari korupsi, pungli, serta pelayanan publik untuk kaum disabilitas. Kesemua dapat diwujudkan oleh pemerintah asalkan bisa mengamalkan nilai yang ada didalam pancasila itu.

Paham yang terkandung dalam Pancasila meletakkan asas kebersamaan hidup, mendambakan keselarasan dalam hubungan antarindividu maupun masyarakat, tidak memihak yang kuat, tidak mengenal dominasi mayoritas. 

Pancasila selain menjadi dasar negara  Indonesia ini juga memiliki fungsi dan peranan yang luas dalam kehidupan bermasyarakat, bangsa dan negara. Fungsi Pancasila ini terus berkembang karena Pancasila merupakan ideologi yang terbuka dan dapat digunakan tiap zaman asalkan tidak melenceng dari nilai-nilai yang ada dalam Pancasila.

Sumber::
·   ·         http://www.mirajnews.com/id/komnas-ham-dan-infid-akan-selenggarakan-festival-ham-2016-di-bojonegoro/137536

You Might Also Like

1 comments

  1. sayangnya saat ini banyak orang yang salah paham terhadap Pancasila

    ReplyDelete

Popular Posts

Like us on Facebook

Flickr Images

Daisypath Anniversary tickers