Sunday, 16 October 2016

Theragran M Sahabat Tubuhku

gra
Kepala makin berdenyut-denyut , badan panas dingin dan tenggorokan sakit.Seluruh tubuh ini terasa lemas, kondisi yang benar-benar tidak nyaman. Berusaha meredam semua ketidaknyamanan ini dengan tidur dan berharap pagi cepat datang. Malam yang sunyi , tubuh terasa sakit dan jauh dari keluarga rasanya tidak ada yang sehoror ini. Air matalah pengobat semua ini, menangis tidak akan menyelesaikan tapi setidaknya mengurangi rasa .

Saya suka pagi,semua rasa tak nyaman ini biasa dinetralkan dan ketika matahari tenggelam saat semua aktivitas berakhir akan diserang  lagi. Ini  kali keduanya saya berada dikondisi ini dan rasanya tidak nyaman. Atau lebih tepatnya saya benci dengan keadaan ini. Apakah seberat ini yang harus dijalani demi mengumpulkan rupiah? 

Jujur tubuh ini tidak siap dengan rutinitas yang berat dari biasanya, belum terbiasa dipres untuk bekerja keras dengan tekanan maksimal. Bukannnya manja tapi inilah kondisi ketika alarm tubuh terbangun , setelah sekian lama mati suri. Tubuh tidak bisa berkhianat, ketika beban lebih dari biasanya otomatis alarm tubuh bekerja. 

Terasa adanya perbedaan nyata, di kampung suasana nyaman karena dekat dari keluarga dan bekerja di puskesmas dengan jumlah pasien yang tidak banyak. Malahan ada hari tertentu pasien banyak karena ada jadwal untuk pengambilan obat rutin  dan ketika itu saja merasa agak capek dari hari biasanya. 

Merantau dan lingkungan kerja baru semua bertolak belakang, begitu banyak penyesuaian  dimulai dari peraturan, bos  dan suasana kerja dan beban kerja. Minggu  pertama berada di tempat kerja alarm tubuh langsung menggema. Tubuh kaget dengan semuanya, bayangkan saja bekerja di poli anak sebuah rumah sakit dan dibandingkan dengan puskesmas, jelas berbeda nyata. 

Jam kerja yang tak seimbang antara jumlah jumlah pasien dengan gaji,ditambah lagi bos yang tak pengertian dengan karyawannya membuat semua terasa berat diawal masa kerja. Bukannya lebai tapi itu nyata , beban kerja yang tidak masuk akal. 

Saya memulai bekerja dari jam 14.00 sampai 19.00 dengan jumlah pasien lebih dari 30 orang setiap harinya. Apalagi jika sabtu , banyak pasien dari luar kota berdatangan untuk berobat , sirkumsisi dan mengimunisasi anaknya sehingga jadwal kerja dimajukan. Pernah di hari sabtu pasien sampai 70 orang sehari.

Betapa lelahnya , pasien di poli kami lebih banyak dari poli anak lainnya. Tidak ada poli anak yang bisa menandingi poli kami, sehingga membuat bos punya standar dalam bekerja . Kami harus bisa cepat dan sigap melayani, dan jangan biarkan pasien menunggu lama. Menghadapi pasien anak sangat berbeda dengan dewasa yaitu dituntut kesabaran yang maksimal kepada anak dan orang tuanya

Ketika poli anak lain telah tutup kami masih bekerja sampai pasien anak habis, akibatnya sering telat makan.Saya merasa berada dilingkungan kerja yang tak manusiawi, kebutuhan dasar manusia (KDM) yaitu makan tidak bisa dilakukan diwaktunya. Seandainya ada batasan dalam jumlah pasien pasti makan bisa tepat waktu. 

Awalnya saya berusaha mengikuti irama kerja ini tapi tubuh tidak bisa dibohongi sehingga saya merasa tidak fit. Pulang kerja saya lebih memilih tidur dari pada makan karena lelah yang mendera. Saya bekerja dibidang kesehatan tapi sering tidak fit, selama ini saya memompa tubuh agar tetap sehat dengan minu vitamin C dan vitamin E , makan waalaupun sedikit dan tidur cukup. 

Iseng saya bertanya kepada senior kenapa bisa tahan banting dalam bekerja., ternyata senior menggunakan multivitamin yang komplit karena mengandung vitamin dan mineral. Keduanya termasuk dalam kelompok mikronutrien tapi hilang karena proses pemasakan. Untuk mencukupi kebutuhan minum theragran m dengan dosis  1 kali sehari saja maka akan terpenuhi kekurangan tersebut




Komposisi:
Tiap tablet salut gula Theragran®-M mengandung:
VITAMIN

KADAR
% dari AKG/hari*
A
D
B1
B2
B6
B12
Niasinamida
Kalsium Pantotenat
C
E
MINERAL
Iodium
Besi
Tembaga II
Mangan II
Magnesium
Seng
(sebagai asetat)           
(cholekalsiferol)
(tiamina mononitrat)
(riboflavin)
(piridoksina hidroklorida)
(sianokobalamina)


(sebagai natrium askorbat)
(sebagai dl-alfatokoferil asetat)

(sebagai kalium iodida)
(sebagai fumarat)
(sebagai sulfat)
(sebagai sulfat)
(sebagai karbonat)
(sebagai sulfat)
     10.000 SI
         400 SI
          10 mg
          10 mg
           5 mg
           5 mcg
       100 mg
         20 mg
       200 mg
         15 SI

       150 mcg
         12 mg
           2 mg
           1 mg
         65 mg
        1,5 mg
505
200
833
769
385
208
625
-
333
150

115
  41
    -
    -
  25
  14
*Berdasarkan diet 2000 kkal

2 comments :

  1. waah... kalo kerja seperti itu memang sangat butuh multivitamin utk stamina tubuh ya mba, supaya tdk mudah sakit

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya.. mbak kerja di poli tapi serasa di bangsal he..hee

      Delete