Cegah, obati dan lawan diabetes dari usia Muda

October 25, 2016

Diabetes atau ada juga yang menyebutnya dengan penyakit kencing manis, merupakan penyakit tidak menular tapi sangat berbahaya. Diabetes disebabkan oleh ketidakmampuan tubuh untuk memproduksi hormon insulin atau karena penggunaan yang tidak efektif dari produksi insulin. Hal ini dapat diketahu dari tingginya kadar gula darah.

Ada beberapa sebutan untuk diabetes seperti great imitator karena penyakit ini dapat mengenai semua organ tubuh dan menimbulkan berbagai macam keluhan dengan gejala sangat bervariasi.
Tidak salah jika ada yang menyebut silent killer, karena banyak orang yang tak sadar dirinya terkena diabetes. Penderita penyakit ini  sangat banyak karena orang akan datang ke dokter jika merasa tubuh tidak sehat dan ketika itu komplikasi diabetespun  ditemukan. Penyakit ini membutuhkan perhatian yang serius dan perawatan medis dalam waktu lama jika telah ada komplikasi..
Jumlah penderita diabetes melitus meningkat drastis di Indonesia. Berdasarkan data World Diabetes Foundation, Indonesia menduduki peringkat ketujuh dunia sebagai negara penderita diabetes melitus pada tahun 2015. Negara lain yang juga banyak penderita diabetes china, india, Amerika Serikat, Brazil, Rusia, dan Meksiko dengan jumlah estimasi orang yang mengidap diabetes sebesar 10 juta Secara epidemiologi, diperkirakan bahwa pada tahun 2030 prevalensi di Indonesia mencapai 21,3 juta orang (Diabetes Care, 2004).
Menurut WHO Diabetes terdiri dari 3 tipe yaitu
·         tipe pertama disebabkan Insulin tidak bekerja dengan baik dalam tubuh
·         Tipe 2 merupakan bentuk umum yang diidap sekitar 90% penderita diabetes di seluruh dunia. Pankreas menghasilkan jumlah yang tidak memadai insulin, atau tubuh tidak mampu menggunakan insulin yang tersedia dengan benar. Tipe kedua disebabkan gaya hidup.yang tidak baik.
·         Tipe gestasional karena kehamilan

Cegah
Ada pepatah lama yang harus selalu kita ingat mencegah lebih baik dari mengobati , terdengar klasik tapi sangat efektif jika diterapkan.  pencegahan dini melalui upaya pencegahan faktor risiko dengan promotif dan preventif

Untuk bisa menerapkan pencegahan kita perlu tahu gejala diabetes seperti

1. Frekuensi buang air kecil yang terlalu sering. Tingginya kadar glukosa atau gula dalam darah membuat tubuh menarik air dari sel ke darah. ‘Kelebihan’ cairan ini kemudian dikeluarkan dalam bentuk urin, sehingga frekuensi buang air kecil pun meningkat.
2. Lebih cepat haus. Tubuh membutuhkan asupan cairan yang lebih banyak karena frekuensi buang air kecil yang terlampau sering. Rasa haus ini adalah reaksi tubuh agar tetap terhidrasi dari asupan cairan.
3. Rasa lapar yang berlebihan. Kondisi ini terjadi karena tubuh tidak dapat menggunakan glukosa sebagai sumber energi dengan baik; sehingga secara alami tubuh akan memberi respon pada Anda untuk terus makan guna memperoleh lebih banyak energi.
4. Penurunan berat badan secara drastis. Hal ini terjadi karena tubuh tidak bisa memakai glukosa secara efektif. Akibatnya lemak akan dipecah untuk dimanfaatkan sebagai sumber energi sehingga pasien mengalami penurunan berat badan secara tiba-tiba.
5. Kelelahan kronis. Ketika tubuh gagal mengolah glukosa menjadi energi, maka pasien akan terasa lesu dan menjadi mudah lelah.
6. Penglihatan mulai kabur. Kadar glukosa yang terlalu tinggi juga dapat berpengaruh terhadap kemampuan penglihatan pasien diabetes.
Pencegahan Penyakit Diabetes Diabetes tipe 1 tidak dapat dicegah. Akan tetapi diabetes tipe 2 dengan cara
1.      menerapkan pola hidup sehat. Makan makanan sehat dengan rendah kalori dan lemak.Teliti dalam membeli dengan memperhatikan kandungan karbohidrat dalam suatu makanan
2.       Sering melakukan aktifitas fisik seperti dengan berolahraga
3.      Menjaga berat badan agar selalu ideal. Terjadi perubahan yang signifikan yaitu Penyakit diabetes miletus tidak hanya dialami orang dewasa atau remaja, melainkan anak-anak juga berisiko terkena diabetes melitus. "Namun, umumnya penyakit ini diderita remaja-remaja yang mengalami obesitas, yang gemuk.
4.       
obati penderita diabetes
Penderita diabetes harus memperhatikan pola makan dengan 3J yaitu Jenis, jumlah dan jadwal. Selain itu juga harus meminum obat diabetes dan melakukan pengecekan gula darah setiap bulan secara berkala.

You Might Also Like

0 comments

Popular Posts

Like us on Facebook

Flickr Images

Daisypath Anniversary tickers