Wednesday, 26 October 2016

Atasi ayang-ayang dengan uri-cran

“Perempuan itu kalau belum menikah malunya minta ampun, tapi kalau udah laku mendadak kadar malunya bisa hilang. Contohnya mau menahan Bak sampai ketemu toilet yang layak ini biasanya dilakukan para gadis  atau ibu-ibu menyusui anak bisa dimana saja” . Sebuah candaan teman saya kalau dipikir kadang ada benar juga.
Saya sendiri juga begitu saat ada keinginan BAK ditoilet umum, pasti memilih banget. Perlu pertimbangan untuk menggunakan toilet tersebut seperti keamanan dan kebersihannya.Apakah kunci toilet itu bisa digunakan? Dan untuk kebersihannya meliputi berbaukah, air yang digunakan bersihkah?apakah sampah berserakkan? Akibat terlalu selektif  memilih saya sering menahan BAK, Apalagi kalau perjalanan jauh yang menggunakan kendaraan umum saya pernah menahannya sampai berjam-jam
Kebiasaan buruk ini memberikan dampak yang membuat kesal yaitu ketika ingin buang air kecil, harusnya lancar dan keluar banyak namun yang terjadi air seni yang keluar sedikit dan terasa nyeri. Saya tanpa sadar telah membahayakan kesehatan karena sering menahan BAK dan mengakibatkan menderita ayang-ayang. Menurut bahasa kedokteran ayang-ayang dikenal dengan nama infeksi saluran kemih. Sesuai dengan namanya infeksi maka akan terasa demam, nyeri ketika BAK. 
Ayang-ayang bisa menyerang semua umur dan tidak membedakan jenis kelamin. 50%. perempuan lebih sering terkena ayang-ayang  dari pada lelaki . Hal ini disebabkan oleh banyak hal yaitu
1.      Anatomi , jarak antara saluaran kemih yang berdekatan dengan anus lebih dekat sehingga bakteri  E.Coli dengan mudahnya menginfeksi. 80-85% dari kejadian ayang-yang disebabkan oleh bakteri  E.Coli. Bakteri  ini biasanya masuk ke saluran kemih melalui uretra, dimana setelah memasuki kandung kemih, E. Coli dapat menempel ke dinding kandung kemih dan membentuk biofilm yang kebal terhadap respon kekebalan tubuh. Selain itu bakteri Chlamydia penyebab keputihan juga harus diwaspadai
2.      Kehamilan
Pada trimester ke 3 kandungan makin besar sehingga akan menekan kandung kemih walaupun urin yang ada sedikit tapi ibu hamil akan sering ingin BAK,
3.       Alat KB
Kb spiral yang ditanam dalam rahim kemungkinan bisa menyebabkan rasa ingin buang air kecil secara terus menerus,
4.      Menopause
Penurunan hormon estrogen bisa menyebabkan terkena infeksi saluran kemih.
Pria juga bisa terkena ayang-ayang hal ini disebabkan
5.      Kurang Menjaga Kebersihan
Penyebab timbulnya anyang-anyangan adalah kurang menjaga kebersihan organ intim terutama sebelum dan sesudah berhubungan. Banyak pasangan yang sebelum melakukan hubungan seksual tidak membersihkan organ intimnya terlebih dahulu, begitu pula setelah berhubungan seksual. Hal itu bisa menjadi penyebab timbulnya anyang-anyangan.. Bakteri dan kuman yang ada di dalam organ intim bisa masuk ke dalam saluran kemih jika tidak dibersihkan terlebih dahulu.
6.      Alergi
Alergi itu bisa disebabkan oleh lendir atau cairan vagina yang adapada pasangannya setelah berhubungan intim.
7.      Gangguan Prostat
Prostat yang tergangggu fungsinya bisa menjadi penyebab anyang-anyangan pada pria. Hal itu dikarenakan prostat tidak bisa menjalankan fungsinya dengan baik.
Ada kalanya ayang-ayang disebabkan oleh hal lain yaitu
8.      Struktur Organ Intim yang Tidak Normal
Salah satu hal yang menyebabkan seseorang terkena anyang-anyangan adalah struktur organ intim yang tidak normal. Struktur itu misalnya saja adalah refluks urin yang lebih tinggi dibandingkan saluran kemih bisa meningkatkan tekanan hidrostatik. Tekanan itu bisa memunculkan infeksi saluran kemih.
9.      Diabetes
Akiabt dari diabetes mellitus penderitanya akan mengalami anyang-anyangan yang timbul akibat reaksi dari penyakitnya tersebut. Orang yang mengalami diabetes mellitus akan merasakan ingin selalu buang air kecil meskipun urin yang dikeluarkannya hanyalah sedikit.
10.  Dehidrasi
Kurang minum maka urin yang dikeluarkan dalam jumlah sedikit dan akan sulit untuk BAK.
11.   Batu Ginjal
Batu ginjal itu bisa menekan saluran kemih sehingga rasa ingin berkemih terus-terusan namun tidak bisa dikeluarkan semua dikarenakan tersumbat dengan adanya batu ginjal tersebut.
Cara mengatasi ayang-ayang
1.      Banyak minum untuk cegah dehidrasi
2.      Menjaga kebersihan organ genital terutama wanita dengan cara membasuh dari depan ke belakang
3.      Mengkomsumsi  Prive Uri – Cran. Prive Uri – Cran terbuat dari ekstrak buah Cranberry. Cranberry adalah tanaman jenis berry yang termasuk tanaman semak yang biasanya tumbuh liar. Tanaman Cranberry memiliki banyak kesamaan dengan blueberry. Buah ini mempunyai kadar vitamin C yang cukup tinggi. Selain itu kaya akan serat makanan, mineral, dan sianidin. rivĂ© Uri-cran bukan hanya solusi untuk mencegah dan mengatasi Anyang-anyangan, tapi bermanfaat juga untuk menjaga kesehatan saluran kemih. PrivĂ© Uri-cran plus dalam bentuk powder sachet bisa diminum kapanpun dan dimanapun.
4.       

2 comments :

  1. Kak ika

    Kalo bagi kaum adam berlaku tidak? Buang air kecil ditahan berjam jam ketika dalam perjalanan?

    Untuk paragraf dimudahkan biar enak dibaca. Ini pas saya baca belum nyaman kakak

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada juga untuk kaum adam mas, tapi saya cerita dari sisi hawanya mas. Iyaa,, akan saya perbaiki lagi dan terima kasih untuk sarannya mas

      Delete