Gaya Hidup Sehat Untuk Jantung Sehat

September 27, 2016

Menerapkan gaya hidup sehat itu  harus dilakukan karena dapat meningkatkan kualitas hidup dan mengurangi resiko kesehatan yang tidak diinginkan.Point yang harus diingat adalah kita hanya bisa mengurangi resiko kesehatan tapi tidak bisa menghilangkannya, karena ada faktor penyebab masalah kesehatan yang tidak bisa dimodifikasi. Adapun faktor yang dimaksud adalah umur , genetik dan  jenis kelamin .

Pada kenyataanya kita tidak bisa menerapkan gaya hidup sehat ini 100% , saya sendiri mengalaminya. Kesibukan sebagai wanita pekerja dan IRT membuat semuanya hanyalah teori semata. Seringkali menjadi lilin memberi penyuluhan kesehatan tapi tidak bisa menerapkannya dan yang paling mirisnya orang terdekat saya yaitu suamipun tidak bisa diubah gaya hidupnya menjadi lebih sehat. Pengaruh kehidupan modern yang dijalani meminta kita untuk aktif dan melupakan untuk menerapkannya dalam keseharian. Ketika tubuh telah drop barulah mencari penyebab masalahnya  

Banyak penyakit yang berkaitan dengan gaya hidup, salah satunya  adalah penyakit jantung. Jantung termasuk dalam silent killer, karena kematian akibat penyakit jantung masih tinggi di indonesia dan sampai saat ini masih berada dirangking kedua setelah pecahnya pembuluh darah. Terjadinya serangan jantung itu tidak begitu saja tapi ada prosesnya dimulai dari tersumbat aliran darah ke jantung jika dibiarkan makin parah dan menimbulkan penyakit jantung iskemik. Ketika sumbatan makin parah darah tak bisa mengalir maka batulah serangan jantung datang. 

Sebelum terjadi serangan jantung marilah lakukan tindakan pencegahan, bukankah ada kata bijak mencegah lebih baik dari mengobati. Kenapa kita tidak bisa menjadikannya sebuah pedomansehinggs bisa membuat kita hidup lebih lama. Adapun tindakan pencegahannya yang bisa dilakukan. 
1. Olahraga secara teratur
Melakukan olahraga tidak perlu berjam-jam yang menyita waktu cukup lakukan 30-60 menit saja setiap hari. Syarat suatu kegiatan itu dikatakan olahraga adalah mengeluarkan keringat, tidak menyita waktu, ada kegiatan menggerakkan tubuh. Jadi jika ada yang berpikiran olahraga harus ke gym, lebih baik ubah persepsi sekarang karena dengan berjalan kaki, membersihkan rumah dan berkebun itu sudah termasuk olahraga. Olahraga jenis ini ringan tapi sanagt baik dilakkan terus menerus karena tidak akan memberatkan kerja jantung.
Olahraga itu banyak manfaatnya yaitu
  • menjaga berat badan, Berat badan yang berlebihan akan menyebabkan lemak tertimbun dalam tubuh. lemak akan mengahalangi kerja jantung.
  •  meningkatkan stamina 
  •  efek psikologis
 2. Mananjemen stres
Tekanan terutama ditempat kerja akan membuat stress ,saya melihat ditempat suami sering terjadi PHK sehingga membuat suasana tegang. Ada rasa khawatir sedikit salah akan berbahaya untuk kelangsungan dapur untuk bisa tetap mengepul. 
Ketika stress jantung menrima adrenalin lebih besar hal ini akan menyebabkan ketidaknormalan irama jantung dan apada akhirnya membuat arteri menyempit, kalau arteri menyempit bisa menyebabkan jantung dalam bahaya.  
Pengelolaan emosi sangat penting dalam manajemen stres.
3.Mengkomsumsi makanan dan minuman yang mengandung antioksidan
Antioksidan berfungsi untuk melindungi pembuluh darah jantung serta mencegah pembentukan pengumpalan darah.Makanan dalam bentuk antioksidan banyak ditemukan dalam buah-buahan, bijian-bijian , sayur-sayuran dan kacang-kacangan. Salah satu dari makanan yang mengandung antioksidan ini harus kami komsumsi setiap hari.
Minuman yang mengandung antioksidan adalah teh hijau, saya dan suami rutin minum teh hijau tanpa gula. 
4. Mengurangi makanan yang manis, asin dan lemak
Hasil penelitian dalam Journal of American Heart Association pada tahun 2013 akibat  kebanyakan mengkonsumsi gula bisa membuat terganggunya cara kerja organ jantung dalam melakukan fungsinya sebagai pemompa darah. Hasil studi tersebut menyatakan bahwa molekul yang terdapat dalam gula yang disebut dengan glukosa 6-fosfat bisa mengakibatkan otot jantung berubah dan apabila hal tersebut terus dibiarkan, maka gula sama saja dapat meningkatkan seseorang terkena gagal jantung.
Serangan jantung merupakan penyakit paling mematikan didunia, serangan jantung dapat menyebabkan orang mati mendadak tanpa adanya gejala. Ini disebabkan kebiasaan mengkonsumsi makanan asin.Makanan asin akan menyebabkan tekanan darah naik hingga akhirnya pembuluh darah menjadi sempit dan darah tidak bisa mengalir dengan lancar.
Makanan berlemak akan sebabkan kolesterol naik Kolesterol berlebih akan menumpuk pada pembuluh darah sehingga terjadi penyempitan dan buntu, akibatnya bisa sebabkan kematian mendadak. Begitu berbahayanya lemak menyebabkan kita hati-hati tapi sayangnya banyak yang melupakan bahaya dari lemak trans.  Lemak trans ini dapat meningkatkan kadar kolesterol jahat didalam darah, meningkatkan resiko peradangan pada tubuh serta menurunkan jumlah kolesterol baik di dalam tubuh. Contohnya makanna yang digoreng, biskuit dan margarin.
5. Mengkomsumsi air putih
Menurut penelitian yang diterbitkan oleh journal of epidemiologi resiko penyakit jantung dan kematian mendadak dapat dicegah sekitar 41% dengan cara mengkomsumsi banyak air putih lebih dari 8 gelas setiap hari.

6. Tidak merokok
Rokok mengandung lebih dari 6000 zat kimia yang dapat merusak sel dalam arteri , akibatnya dapat memicu peradangan dan kematian. Tapi walaupun begitu perokok pasif juga bisa mendapatkan dampak dari asap rokok juga.Merokok adalah musuh utama saya karena suami merokok dan sangat sulit untuk hentikan kebiasannya ini. Pada akhirnya kami punya kesepakatan untuk tidak boleh merokok dalam rumah dan suami bebas menikmati asap rokonya sendirian. 

7.  Tidur
Tidur merupakan aktivitas yang mengistirahatkan seluruh kegiatan tubuh termasuk jantung, buktinya ketika tidur denyut jantung akan melambat. Bangun tidur tubuh terasa segar karena ketika tidur tubuh akan  menchager. Kurang tidur menyebabkan kerusakan jantung ,hal ini disebabkan terjadi penumpukan mineral kalsium dalam pembuluh darah . Penumpukan yang terus menerus akan mengakibatkan pecah pembuluh darah yang akan menyebabkan serangan jantung.  kurang tidur membuat sesorang mempunyai resiko 2 kali lipat terkena serangan jantung. Tidur yang berkualitas adalah cukup waktunya yaitu 7-9 jam perhari

 8.Rutin mengunjungi dokter
Tidak perlu menunggu sakit untuk ke dokter, tapi lakukanla pemeriksaan rutin seperti cek tekanan darah dan kolesterol. Beruntung, ditempat suami bekerja dilakukan general check up setiap tahun, walaupun begitu jika terasa ada yang tak nyaman maka sebelum jadwal cek datang kami mengunjungi dokter.

Sebenarnya tidak berat menerapkan gaya hidup sehat, asalkan ada kemauan. Dari 8 hal ini saya merasa gagal pada bagian merokok .Rokok maih menjadi teman suami
sumber
http://hariansehat.com/bahaya-konsumsi-gula-berlebih-bagi-kesehatan-tubuh/
http://www.perawatankulitwajah212.com/2016/03/dampak-buruk-makanan-asin.html
http://intips-kesehatan.blogspot.co.id/2014/03/makanan-nikmat-kandung-lemak-trans.html

6.       .     

You Might Also Like

0 comments

Popular Posts

Like us on Facebook

Flickr Images

Daisypath Anniversary tickers