Saturday, 20 August 2016

Meneladani Sikap BJ Habibie

Bj Habibie, rasanya tak ada orang di negeri ini yang tidak kenal dengan beliau.Hal ini dikarenakan Habibie itu seorang cerdas ,negarawan dan juga pemilik kisah yang menginspirasi. Kisah cintanya yang telah difilmkan  dengan ibu ainun mampu menyedot perhatian publik.

Habibie merupakan tokoh yang sukses dalam kehidupannya, karena memiliki sifat dan sikap yang baik . Sifat ini merupakan modal bagi seorang pemimpin untuk bisa mengubah negara menjadi lebih baik lagi.Adapun keteladan yang harus ditiru dari seorang Habibie adalah :
1. Gigih
Keinginannya menjadi seorang insiyur mengantarkan sampai ke jerman, bahkan saat teman-teman lain berlibur Habibie mengambil kuliah dimusim panas. Belajar akan mengubah hidup lebih baik dan beliau tidak ingin mengecewakan ibunya yang berjuang di tanah air untuk bisa menyekolakan Habibie.
 2. Cerdas
      Setelah bapak Habibie yang bernama Alwi Abdul Jalil Habibie meninggal  dunia, maka beliau bersama saudara dan ibunya bernama RA tuti marini puspowardoyo hijrah ke Bandung. Habibie muda sangat tertarik dengan Iptek khususnya dalam mata pelajaran fisika. Lulusan SMAK Dago Bandung ini kemudian melanjutkan kuliah di ITB jurusan teknik mesin .
Keinginan yang besar menjadi insinyur dan ditambah oleh doa ibunya membuat Habibie berhenti dari  ITB dan melanjutkan ke rhenisch wesfalishe tehnische hochcule di aachen di jerman barat dengan jurusan teknik penerbangan dengan spesilisasi konstruksi pesawat terbang . Selama 10 tahun waktu dihabiskan di kampus ini sampai berhasil menyelesaikan pendidikan s3.
Kuliah, kerja dan mencari nafkah itulah rutinitas Habibie.Kehidupan yang keras diperantau tak membuat Habibie dan keluarga menyerah.
Waktupun berlalu tak terasa ibu pertiwi memanggil putranya yang cerdas untuk pulang. Habibie pun merasakan itu dan kembali. Kepulangannya tidak sia-sia karena berkat itu indonesia mempunyai PT dirgantara. Dibawah kepemimpinan Habibie Indonesia mampu membuat pesawat terbang sendiri
Ha


3. Sabar
Habibie pernah menjadi wakil presiden ke 7 dan presiden ke-3 pada tahun 1999. Ketika masa itu reformasi sedang bergulir, negeri ini telah berubah menjadi tidak ramah hal ini ditandai dengan suasana kacau , rupiah melemah,keinginan timor-timor lepas dari NKRI dan semua orang bebas berpendapat  merasa paling benar . Habibie berusaha sekuat tenaga membuat indonesia kembali aman dan berhasil.
Tantangan lain datang ketika  MPR menolak pidato pertanggung jawaban Habibie, artinya hasil kerjanya tidak memuaskan , bahkan dengan tenang Habibie mengundurkan diri  pencalonan presiden dan wakil presiden di tahun 1999.


4.        
4. Lelaki yang setia dan mencintai istri dengan tulus
Kisah cinta dengan ibu Ainun mampu membuat kita memahami cinta sejati. Mereka adalah pasangan yang tak pernah terpisahkan kecuali oleh maut. Ibu Ainun dengan setia mendampingi Habibie dalam suka dan duka.Pertemanam masa kecil yang berakhir di pelaminan dan menghadirkan 2 anak yang cerdas


5. relijius
Hal ini dibuktikan oleh Habibie dengan mendirikan wadah bernama ICMI(ikatan cendikiawan muslim). Habibie sadar agama sebuah pengatur kehidupan dan harusvada wadah yang menaunginys


"Pameran foto Habibie dan gebyar aneka lomba yang diselenggarakan berbagai komunitas yang tergabung dalam Friends Mandiri Museum. Pameran ini dibuka untuk umum mulai 24 Juli 2016 hingga 21 Agustus 2016 di Museum Bank Mandiri, Kota Tua - Jakarta Barat"