Wednesday, 31 August 2016

Layanan SMS Bunda untuk Mempersiapkan Ibu hamil

Tenaga kesehatan terutama bidan memiliki peranan penting dalam mencegah angka kematian ibu. Bidan sebagai ujung tombak pelayanan wanita dimulai dari hamil, bersalin, nifas dan bayi baru lahir. Dalam melayani bidan memberikan pengetahuan dan melakukan pemeriksaan kehamilan atau Ante natal care (ANC) dilakukanlah pemeriksaan menyeluruh dengan cara 7T serta mengkaji biopsikososial.  Istilahnya pelayanan yang diberikan secara holistik  jika dilakukan seperti ini maka angka kematian ibu (AKI) dan bayi bisa dicegah.
Pada kenyataannya angka kematian masih tinggi , menurut data SDKI tahun 2012 angka kematian ibu sebesar 359 per 100.000 kelahiran hidup. Sementara target AKI tahun 2015 yaitu 102 per 100.000 kelahiran hidup. Tingginya AKI  di indonesia disebabkan oleh kehamilan, kelahiran dan nifas. Peristiwa yang mengiringi AKI adalah  perdarahan, eklamsi, sepsis dan infeksi Kematian ibu hamil dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti
  • kondisi ibu sebelum menjelang  hamil
  • komplikasi ibu hamil dan melahirkan 
  •  fasilitas kesehatan
Selain hal diatas AKI juga berkaitan dengan layanan kesehatan , fasilitas kesehatan dan pengetahuan masyarakat. Untuk bisa merasakan pelayanan kesehatan terutama bisa menjangkau daerah pelosok maka pemerintah melakukan PTT Bidan dengan jangka tugasnya selama 3 tahun. Akses yang jauh dari pelayanan terutama daerah pelosok membuat pemerintah mewajibkan bidan PTT tinggal di wilayah tempat bertugas. 

Pengetahuan akan mempengaruhi sesorang dalam mengambil keputusan, begitu juga dengan ibu hamil dan keluarga. Penanganan yang cepat dan tepat selama hamil dan melahirkan mampu menyelamatkan nyawa ibu dan bayi. Penanganan akan terjadi jika ibu hamil dan keluarga paham dan mampu mengambil keputusan secara cepat. 

Selama ini ibu hamil hanya mengandalkan bidan dalam menambah pengetahuannya ketika melakukan ANC. Kadangkala ketidaktahuan ibu dipendam saja, sehingga ketika ada hal yang berkaitan dengan kehamilan, persalinan dan perawatan bayi ibu hanya mengikuti saran orangtua. Misalnya untuk perawatan tali pusat ibu tidak tahu dan mengikuti saran orang tua dengan memberikan daun-daun di pusat akibatnya pusat menjadi infeksi. 

Kehamilan merupakan peristiwa alamiah tapi harus tetap diawasi dan harus hati-hati. Tidak semua bisa diawasi oleh bidan sehingga perlu perpanjangan tangannya yaitu dari keluarga. Masalah akan timbul jika keluarga kurang pengetahuan sehingga dalam menjaga ibu tidak sesuai. Cara untuk menambah pengetahuan dengan membaca, sayangnya minat baca yang rendah membuat buku tidak berfungsi sebagai penambah ilmu. Orang lebih suka membaca sesuatu yang singkat, jelas dan padat. Hal ini sangat dipahami oleh Jhpiego dan dukungan dari GE foundation dengan meluncurkan pelayanan dalam bentuk SMS. Layanan ini bernama SMS bunda SMS bunda akan memberikan informasi yang terpercaya meliputi kehamilan, persalianan dan perawatan bayi. 

SMS bunda ini akan dikirim gratis kepada ibu hamil langsung ke nomor HP. Adapun informasi yang diberikan seperti perawatan ANC, pada akhir kehamilan pesan yang dikirim tentang hari pertama setalah melahirkan pada ibu dan bayi. Di bulan pertama kelahiran informasi tentang kesehatan ibu. 
Layanan ini sangat membantu karena zaman sekarang hampir semua orang punya HP. Untuk bisa mendapatkan layanan ini dengan cara mendaftarkan  no Hp dan perkiraan tanggal kelahiran.  Semoga layanan ini bisa menurunkan AKI dan AKB , AKB ternyata masih tinggi yaitu sebesar 60% dari keseluruhan kematian bayi dibawah usia 1 tahun dengan tingkat ketahanan hidup bayi baru lahir yang tidak mengalami perbaikan sejak tahun 2002. Artinya selama tahun 2002 fokus lebih kepada upaya mencegah AKI dan melupakan AKB juga penting dicari solusi untuk mencegahnya.

No comments :

Post a Comment