Jangan Takut Kuliah UT , Kesuksesan Tetap Bisa Diraih

August 18, 2016


Ketika saya Sekolah Dasar (SD) mami memutuskan untuk melanjutkan kuliah ke jenjang lebih tinggi yaitu program sarjana. Ada rasa aneh saat itu karena mami tidak kuliah seperti orang lain yang sibuk berkutat di kampus. Semua urusan rumah tangga dan sekolah masih dijalani, bahkan mami hanya tatap muka (TTM) sekali sebulan dengan dosen selebihnya belajar bersama dengan teman seprofesi atau kelompok belajar (pokjar) dan sibuk membaca buku tebalnya. Isi buku itu diambil dari berbagai sumber mata kuliah yang ada kata mami dan inti sarinya akan dicetak kedalamnya, ternyata buku itu diberi nama modul. Iseng saya membaca dan bahasa didalamnya tidak jelimet  , bisa  dipahami oleh anak sekecil saya . Selain pakai modul mami juga belajar dengan cara mendengarkan kaset dan berkat itu saya tidak asing dengan bahasa inggris .

Akhir pembelajaran ada yang namanya Ujian akhir semester (UAS) dan seperti orang kulaih lainnya mamipun ujian tapi seperti TTM itu diadakan di sekolah saya. Betapa aneh model kuliah yang dijalani mami tidak perlu datang tiap hari, rutinitas sebagai guru tidak terganggu bahkan kami anak-anaknya tetap masih diperhatikan dan satu lagi kampusnya tidak ada. Mami akhirnya menjelaskan kalau sedang menjalani kuliah di Universitas Terbuka(UT). Berkat semangat dan dukungan kami semua terutama papi yang bersedia mengetikkan Tugas akhir program dan  menjadi tukang ojek ,  akhirnya mami geser toga. 

UT sangat berjasa dalam kehidupan kami, berkat kuliah di UT mami sudah menjadi sarjana. Pendidikan yang tinggi membuat kesempatan lebih besar dalam mendapatkan sertifikasi guru. Tak kenal maka tak sayang, tak sayang maka tak cinta, pepatah ini bisa harus diterapkan dalam kehidupan. Salah satu cara untuk sukses dengan mempunyai pendidikan formal yang tinggi , untuk mendapatkanya dengan kuliah. Sayangya banyak yang terhempas cita-cita karena tersandung biaya kuliah yang mahal. Sebenarnya jika membuka mata dan telinga lebih lebar ada universitas negeri yang murah tapi berkulitas, yaitu UT. 

UT merupakan perguruan tinggi negeri ke -45 di Indonesia yang diresmikan pada tanggal 4 september 1984, berdasarkan keputusan presiden RI nomor 4 tahun 1984. Perguruan tinggi negeri berarti kualitasnya telah terjamin , bahkan telah terakreditasi nasional dan internasional. Artinya tidak perlu lagi takut ijazah tidak diakui atau susah dapat kerja .  Mami telah membuktikan dengan kuliah di UT bisa setara pendidikan  dan yang pasti tidak membuat kantong bolong. Tetangga kami yang juga berprpfesi sebagai guru sering mengeluh capek dan banyak menghabiskan uang karena harus bolak-balik ke kampus setiap minggunya. Untuk bisa ke kampusnya memakan waktu 4 jam, ketika akhir minggu dan subuh merambat dia harus bersiap berangkat menuju kampus. Itulah ritme yang harus dijalani tetangga kami selama beberapa tahun sangat berbeda dengan mami yang santai tapi selesai juga kuliahnya. 

Berkat kehadiran UT membuat  daya jangkau dan pemerataaan kesempatan pendidikan tinggi yang berkualitas. Tidak lagi ada alasan daerah terpencil di Indonesia tidak bisa menikmati pendidikan karena satu-satunya universitas negeri yang memilik banyak cabang tiap propinsi,  bahkan dari belahan dunia lain pun bisa kuliah di UT . Hal ini dikarenakan UT memberikan kemudahan bagi mahasiswanya dan murah dengan tidak biaya uang pembangunan itulah kuncinya. UT menerapkan sistem belajar jarak jauh dan terbuka. Jarak jauh dengan cara menggunakan media cetak (modul) dan non cetak (video,kaset , siaran radio, televisi dan internet). Masa mami kuliah belum secanggih sekarang jadi masih gunakan kaset. UT tidak ada batasan usia, tahun ijazah, masa belajar, waktu registerasi dan frekuensi mengikuti kuliah. Asalkan sudah tamat SMA maka boleh masuk UT. 

Kemajuan teknologipun ikut membuat UT selangkah dalam berinovasi kalau dulu perkuliahan sistem konvensional dengan tatap muka, maka UT telah lebih dulu menerapkan sistem pendidikan tinggi terbuka jarak jauh(PTTJJ). Hal ini sangat memudahkan bagi yang kuliah sambil bekerja karena tidak akan menyita waktu. Sekarang aplikasi kuliah UT dapat diunduh diandroid mulai bahan ajar digital interaktif, perpustakaan, daftar ujianm hingga komunikasi antarmahasiswa. 

Mulai hari ini tidak ada lagi alasan biaya pengganjal kuliah, kuliah di UT  itu pilihan terbaik. Tidak perlu ragu untuk kualitasnya sudah terbukti mampu bertahan selama 4 windu. Ubahlah paradigma , kuliah di UT bisa sukses asalkan manajeman waktu dan usaha keras melawan kemalasan. Kuliah disini yang diperlukan adalah kemandirian , rajin dan kreatifitas karena kesuksesan berada ditangan masing-masing. Prinsip di UT belajar bisa dimana saja asalkan bawa modul dan ada koneksi internet.

Hal lainnya yang harus diketahui adalah disini tidak hanya tempat bagi guru untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi , karena ada 4 fakultas dan program pasca sarjana yang menawarkan lebih dari 30 program studi meliputi program megister(S2), program sarjana(S1), program diploma dan program setifikat . Fakultas tersebut adalah fakultas keguruan dan ilmu pendidikan, fakultas ilmu sosial dan ilmu politik, fakultas ekonomi management dan fakultas ekonomi dan ilmu pengetahuan alam.


“Tulisan ini dibuat untuk mengikuti lomba blog dari Universitas Terbuka dalam rangka memperingati HUT Universitas Terbuka ke-32. Tulisan adalah karya saya sendiri dan bukan jiplakan.”

You Might Also Like

0 comments

Popular Posts

Like us on Facebook

Flickr Images

Daisypath Anniversary tickers