Wednesday, 24 February 2016

Body Image Positif Berpengaruh Terhadap Percaya Diri

Wanita memiliki berbagai masalah yang berkaitan dengan tubuhnya seperti kurang tinggi, kurang putih , kurang langsing. Artinya semua yang ada itu kurang dan perlu cara menjadikannya lebih baik sehingga memunculkan berbagai cara untuk memperbaiki tampilan tubuh menjadi lebih baik.
Cara yang muncul dimulai dari dari yang sederhana seperti memakai high heels dan pakain yang yang pendek dengan tujuan menimbulkan ilusi tinggi. Pemakaian high heels terus menerus berbahaya bagi tubuh bisa menyebabkan keseleo dan nyeri. Dampak lain yang timbul karena high hells yang tidak disadari adalah perubahan posisi tubuh .

Banyak yang tertarik dengan janji yang ditawarkan produsennya yaitu bisa memutihkan kulit dalam hitungan minggu, sehingga banyak yang membeli produk yang beredar tersebut. Sayangnya produk yang dijual itu banyak mengandung zat berbahaya , hasil dari pemakaian produk membuat wajah putih tapi sayangya putih pucat dan bersifat ketergantungan. Jika berhenti kondisi akan kembali ke semula.

Cara yang bisa dilakukan untuk membuang berat berlebihan dengan cara komsumsi obat pelangsing . Penggunaan obat pelangsing berbahaya untuk kesehatan bahkan bisa menggangu kerja ginjal. Dan yang punya uang berlebih bisa melakukan sedot lemak ditempat kecantikan

Kenapa hal Ini Bisa terjadi?

Kenapa semua usaha ini terjadi? Karena wanita ingin terlihat cantik dan sempurna. Selama ini konsep yang tertanam dalam pikiran dan diperparah dengan iklan yang beredar bahwa Wanita cantik itu berkulit putih, langsing dan tinggi. Gambaran mental seseorang mengenai bentuh tubuhnya ini disebut sebagai body image . Jika dibiarkan kondisi seperti ini akan mempengaruhi kesehatan dan mental (psikologi). Body image berkaitan dengan kepribadian dan sikap penerimaan yang terjadi secara sadar ataupun tidak sadar ketika memandang diri sendiri.

Memiliki Body image positif akan membuat rasa percaya diri , terhindar dari kecemasan dan adanya kepedulian terhadap kondisi tubuh dengan cara berusaha menjaga kesehatan.. Jika  memiliki body image negatif terhadap tubuh, maka rasa percaya diri akan hilang , menimbulkan masalah kesehatan baru seperti anorexia nervosa dan juga bisa mengganggu aspek lain di kehidupannya. Contohnya akan berusaha fokus untuk membuat body image manjadi sempurna dengan menumpahkan seluruh energi yang ada hanya untuk mendapatkan kesempurnaan yang dinginkan sehingga membuat produktifitas terganggu.

Cara saya untuk kembalikan body Image

Orang Kurus itu enak dalam berpakaian, semuanya bisa masuk. Menurut saya tidak benar karena saya merasakan tidak begitu , jadi kurus itu susah banget cari pakain yang pas dan enak dilihat saat menggunakannya.Setiap mau pergi keluar rumah saya pasti membongkar lemari mencari pakaian yang bisa dipadu-padankan dengan tujuan menutupi kekurangan ditubuh.

Saya sudah berusaha memperbaiki tubuh ini bukan karena tidak bersyukur tapi merasa lelah dengan setaip tanggapan orang terhadap tubuh ini . Aduuh... kurusnya kenapa sakit ya? sisi positif adanya kepedulian yang terlihat tapi sisi negatifnya dianggap menderita penyakit. Adapun usaha yang dilakukan untuk menjadi lebih berisi dengan cara”
  1. Makan teratur dengan porsi sedikit tapi sering
  2. Olahraga dengan tujuan membentuk masa otot
  3.  Konsumsi makanan tinggi protein
  4.  Minum air putih
  5. Konsumsi obat cacing
  6. Istirahat yang cukup

Hasil dari usaha yang dilakukan sampai saat ini masih kurus, saya memutar otak dengan cara memcari refrensi pakain untuk orang kurus melalui majalah, website. Referensi saya dalam berpakain adalah Hijub.com karena di sini saya melihat karya desainer muslimah yang bagus . Dan juga ada E-magazine yang diterbitkan dan berisi berbagai tips yang berguna untuk mempercantik penampilan.

Saya mencari pakain yang terlihat gombrong atau dengan warna yang lembut dengan tujuan menutupi kekurangan, ini ada pakaian yang saya suka dari desainer ternama seperti: 

ini karya hannie hananto bernama sapporo outer blouse


Ini karya zaskia sungkar bernama ettnicaiales outer 

Kesempurnaan dalam penampilan tapi perlu tapi kadangkala body image membuat semuanya kacau, daripada melakukan hal ekstrim demi mendapatkan tampilan , lebih baik mengakali dengan trik yang ada. Mari ubah body image menjadi positif karena hal ini kan berpengaruh terhadap percaya diri