Saturday, 20 February 2016

Berbagai Bentuk Kepedulian Kepedulian Terhadap Sesama

Selama ini bentuk kepedulian yang dilakukan orang adalah dengan memberikan sumbangan dan mendirikan fasilitas pendidikan. Sumbangan biasanya disalurkan ke badan tertentu atau melalui rekening bersama, setelah dana terkumpul mka diakukan aksi untuk mewujudkan sumbangan tersebut. Misalnya melakukan operasi bibir sumbing, operasi katarak dsb.

Memiliki kemampuan bisa membaca dan menulis akan membuat kita mengenal dunia dan kejadian yang ada disekitranya. Hal yang selalu jadi masalah adalah banyak anak-anak yang kurang mampu tidak bisa merasakan bangku sekolah, mereka lebih memilih membantu orangtua demi membuat dapur tetap mengebul. Selain memberikan bantuan langsung kita juga bisa menunjukkan kepedulian dengan  mendirikan fasilitas pendidikan bagi yang kurang beruntung, menjadi guru disekolah tersebut,  menjadikan rumah sebagai tempat belajar bagi anak-anak yang tidak bisa sekolah, dan mendirikan perpustakaan dsb.

Banyak cara yang dilakukan untuk bisa menunjukkan kepedulian terhadap sesama yang kurang mampu. Bidang kesehatan juga perlu melakukan aksi kepedulian terhadap sesama dengan cara mengadakan pemeriksan kesehatan gratis, pengobatan, mengubah prilaku disekitar menjadi cinta dengan kesehatan. Hal yang paling jarang dilakukan adalah mengubah prilaku buruk menjadi prilaku sehat.

Proses mengubah prilaku membutuhkan kesabaran dan dorongan secara terus menerus. Untuk bisa mengubah prilaku dimulai dari hal yang sederhana seperti cuci tangan dengan sabun, menggosok gigi minimal dua kali sehari, memotong kuku dan jaga kebersihannya, menggunakan alat pengaman diri bagi pemulung seperti sepatu ketika bekerja, memakai sarung tangan dan rajin cuci tangan.

Saya tidak pernah melihat diadakan penyuluhan dengan tujuan untuk ubah prilaku sasarannya. Hal yang sering dilakukan adalah pengobatan masal, sebenarnya cara ini tidak salah tapi lebih baik dilakukan dengan cara ubah mindsetnya. Lakukanlah penyuluhan cara hidup yang bersih dan sehat. Beri door price kepada sasaran tersebut sehingga mereka tertarik untuk menyimak dan mendengarkannya.

Pemulung merupakan bagian kelompok yang rentan terkena penyakit. Mereka bergelut dengan sampah setiap harinya sehingga berbagai penyakit sering menggerogotinya. Mereka perlu diberi penyuluhan APD,yaitu alat pelindung diri dan kebiasaan cuci tangan sebelum dan sesudah bekerja, Saya merasa miris melihat nasib mereka, mereka butuh bantuan dari berbagai pihak


Artikel ini diikutsertakan dalam #GiveAwayPeduliKasih”