Wednesday, 18 November 2015

Blog Kekinian Dengan Konten Marketing

gambar google
Awalnya menjual produk atau brand dilakukan melalui media sosial dengan cara membuat akun, menambahkan teman dan memasukkan ke grup. Ketika ada berita pembaharuan produk atau brand akan langsung masuk ke grup tersebut. Cara ini sangat mudah dan menguntungkan tapi ada sebagian yang merasa terganggu, karena dalam sebuah grup tidak semua anggota yang join itu diminta kesediannya bergabung malahan banyak admin grup tersebut menambahkan anggota secara serampangan. 

Penjualan melalui media sosial lebih menitik beratkan pada gambar saja, tidak ada penjelasan yang detail untuk produk atau brand . Notifikasi akan terus masuk ke grup bahkan tumpukan gambar produk yang dijual sudah banyak, Ketika ada yang tertarik maka secara personal akan menghubungi admin. Kadangkala kesabaran admin diuji oleh cerewetnya anggota yang bertanya tentang produk atau brand dengan pertanyaan yang sama dan yang lebih menguji kesabaran ketika semua pertanyaan telah terjawab dan keputusan yang didapatkan tidak jadi membeli atau sekedar bertanya saja. Proses terjualnya suatu  produk itu tidak terjadi secara langsung , sebelumnya akan ada proses yang harus dilalui  yaitu: 
  • Awareness
Adanya kesadaran memiliki masalah dan butuh sesuatu , maka dilakukanlah browsing mencari informasi mengenai masalah dan solusi yang bisa mengatasi masalahnya. Berselancar didunia maya meminta petunjuk google dan menemukan beberapa blog yang bisa membantu.

  •  Evaluation
Evaluasi merupakan kegiatan untuk memilah manakah solusi yang tepat untuk mengatasi masalah tersebut , pada tahap ini konten sebuah blog diuji kesaktiannya mampukah mempengaruhi sehingga membuat orang tertarik  atau hanya sekedar lewat saja. Konten blog yang terbaik itu jika  mampu membuat siapapun yang melihatnya ingin terus membaca dan membagikannya. Adapun cara yang bisa dilakukan untuk menciptakan konten efektif , ringan dan informasi:  

  1.  memilih judul yang memancing
  2.  menulis konten dengan cara khas, setiap orang punya kekhasan tersendiri dalam menulis
  3.  konten  harus memiliki isi yang padat , kalimat jelas tapi tidak berbelit dengan memperhatikan unsur 5w 1H
  4. Selain itu penambahan konten visual juga diperlukan, tambahkanlah gambar, video serta infografis.  
  5.   menerbitkan konten berkualitas secara konsisten dan salalu terupdate dengan kondisi dan peristiwa serta perkembangan yang sedang terjadi.
 Orang takkan mau mengambil resiko membuang uang tanpa tau produk bagus atau tidak jadi jika ingin Menghasilkan buatlah blog yang bagus dan lengkap. Blogger harus membuat konten dalam bentuk review yang menjelaskan jenis produk keunggulan, cara mendapatkan dan testimoni dengan melibatkan influencer . Influencer juga perlu dilibatkan karena  daya tarik lebih maksimal jika direkomendasikan oleh orang  yang berpengaruh dan juga jangan lupakan peran media sosial. Tahap evaluasi ini menjadi jembatan apakah produk akan dlirik tau tidak,

  •  Purchase




Tahap ini Orang sudah  yakin kalau inilah produk atau brand ini layak dipilih sehingga dilakukan pembelian.Ketiga tahap ini lebih dikenal dengan istilah konten marketing. Istilah ini sebenarnya sudah lama ada tapi tidak begitu familiar ditelinga. 
Sebelum jauh melangkah mari kita kenali dulu istilah konten marketing. Konten marketing adalah penggunaan informasi relevan dan berharga untuk menarik pelanggan potensial. Tidak hanya menarik, informasi ini jika dikerjakan dengan benar akan mampu merangkul target audience dan menghasilkan keuntungan bagi bisnis Konten marketing dapat digunakan sebagai cara kita berkomunikasi dan berinteraksi dengan pelanggan tanpa menjual. Misalnya, menulis tentang suatu produk tujuan terselubung adalah menjual sedangkan tujuan awalnya adalah mengenalkan tapi tidak memaksa untuk membeli, artinya semua keputusan diserahkan kepada konsumen.    

Konten marketing merupakan seni berkomunikasi yang beretika menggunakan metode pendekatan pemasaran yang di fokuskan pada pembuatan dan pendistribusian konten terkait yang bisa menarik dan mempertahankan pelanggan. Konten sanagt berbeda dengan spam yang membom setiap media sosial dan blog dengan iklan-iklan.  Konten marketing cara terbaru mengenalkan produk dengan memanfaatkan blog dan sosial media dengan cara marketing.

Blog dan marketing tidak akan bisa dipisahkan karena  blog merupakan media informasi sehingga sangat tepat jika dijadikan tempat promosi.Blog akan selalu dicari dan jadi pilihan utama dalam menemukan solusi masalah, hal ini terjadi akibat rasa haus informasi oleh masyarakat digital . Berdasarkan data setiap tahun persentase pembaca blog meningkat pesat dari 45.0% (2008) hingga 60.0% (2014). Namun, jumlah penulis blog meningkat dengan lambat.Yuk, blogger mulai ciptakan konten yang berkualitas demi Mendapatkan dompet tebal (uang). Setiap blogger bisa menjadi marketing asalkan melatih diri menciptakan konten yang bermanfaat bagi orang lain dan satu hal lagi blog akan bekerja jika ada koneksi stabil dari internet. 



sumber :
 http://panduanim.com/content-marketing/
http://www.marketing.co.id/marketer-harus-mahir-merancang-konten-marketing/

No comments :

Post a Comment