Thursday, 15 October 2015

Film 3 idiot Tidak Membuat Idiot

Saya bukan  penggemar film bollywood garis keras tapi ada film yang buat spechless.Film ini sangat menghibur dan tak membosankan, bahkan saya berkali-kali menontonnya, selalu menemukan pencerahan yang membuat saya insyaf.  3 idiot itulah judul yang berbekas dihati dan pikiran. Film ini diproduksi tahun 2009 dengan lokasi india yang diperankan oleh Farhan Qureshi (R. Madhavan), Rastogi Raju (Sharman Joshi) yang memiliki sabahat nakal bin jenius bernama Rancchoddas “Rancho” Shyamaldas Chanchad (Aamir Khan)
  


3 idiot menceritakan persahabatan 3 orang pemuda dengan latar belakang berbeda, kuliah di universitas terbaik di india. Kisah ini dimuluai dengan Pesawat yang akan terbang  mendadak berhenti, karena farhan pingsan seketika. Sebenarnya dia ingin membatalkan penerbangan karena dapat telpon dari sesorang. Farhan menelpon temannya bernama Raju dan mereka kekampus. Harapannya bisa bertemu rancho sayangnya malah bertemu catur yang selalu merasa lebih hebat ,  seperti biasa catur membanggakan keberhasilanya.

Mereka mencari rancho berdasarkan alamat dari catur. Di perjalanan farhan mengenang kebersamaan mereka. Dimulai dari hari pertama datang ke kampus ILC bertemu raju yg rajin berdoa. Ospek telah dimulai dan rancho datang terlambat membuat senior ngamuk akan mengancam mengencingi kamarnya. Kecerdikannya membuat senior kena batu.

Hari perkuliahan dimulai rancho dengan keunikannya menentang sistem pendidikan kampus yang dipimpin oleh rektor viru, mereka menyebutnya dengan nama VIRUS. Rektor menekan mahasiswa untuk selalu sempurna sehingga banyak mahasiswa stres dan bunuh diri. Rancho selalu diusir dari kelas karena protes dengan cara mengajar yang melahirkan manusia seperti mesin. Rancho hanya ingin semua menikmati proses belajar tanpa merasa tertekan, menurutnya  pahami sesuatu secara sederhana bukan berdasarkan textbook. Ini bertentangan dengan virus yang tak suka ada perbedaan. 

Virus punya mahasiswa kesayangan bernama catur , catur selau berusaha menjadi terbaik dari yang lain. Sayangnya catur selalu kalah. Bahkan catur dendam karena dikerjai saat pidato. Sebenarnya tujuan rancho hanya ingin menyadarkan raju yang berubah jadi serius karena takut dikeluarkan dari kampus.

Masa kuliah hampir selesai banyak hal yang terjadi seperti farhan yang tak suka teknik tapi memasuki demi sang ayah. Raju yang banyak beban memikirkan keluarga. Sumber masalah kedua temannya adalah ketakutan, bahkan rancho ditantang untuk menyampaikan perasaan pada pia (anak virus) dan sebagai gantinya farhan harus berani menyatakan keinginannya untuk jadi fotografer animal kepada sang ayah   Pada akhirnya raju lulus dan dapat pekerjaan , farhan jadi fotografer. Raco lulus terbaik malahan berfoto dengan virus. Pencarian mereka berakhir disebuah desa dengan pendidikan yang diidamkan rancho adanya kesederhanaan dan siswa menikmatiny. Catur menghina rancho karena hanya menjadi seorang guru dia merasa paling sukses. Ternyata dia salah karena kesusksesan yang diraih rancho selalu membuatnya bahagia dan bisa dinikamti 

Film ini keren banget alur ceritanya maju mundur serta tidak membosankan. Cerita kekonyolan mereka ,membuat waktu tayang yang hampir 3 jam tak terasa. Hal menegangkan juga ada saat menghadiri pemakaman orang tak dikenal, rancho jadi bidan dan saat pia kabur dari pernikahannya. Kejutan tentang saiapa ranchopun juga hadir jadi rugi melewatkan film ini begitu banyak makna yang bisa disingkap seperti:
  1. Hadapilah ketakutan dalam diri
  2. Orangtua tak bisa menjadi diktator, berilah kebebasan anak menjadi yang dimau
  3. Berani menerima tantangan untuk mendapatkan hidup yang lebih baik
  4. Belajar itu bisa dimana saja, nikmati proses belajar. Belajar tidak sekedar mencari nilai saja tapi dipahami konsep yang ada serta aplikasikan dalam kehidupan
  5. Persahabatan dan keyakinan itu penting dalam kehidupan 
  6. Nilai akademik bukanlah segalanya. bahwa status tidaklah penting. bahwa ijazah bukanlah hal yang harus anda raih



No comments :

Post a Comment