Kenali Kolesterol untuk Hidup lebih Lama

September 27, 2015



Habis idul adha ini  banyak yang mengunjungi pusat pelayanan kesehatan seperti puskesmas, klinik atau rumah sakit , hal ini karena tubuh yang sudah ada pola sehat tiba-tiba kacau karena kedatangan daging.  Idul adha itu melakukan penyembelihan hewan kurban kemudian dibagikan lagi, pada akhirnya ketika berkunjung ke rumah saudara menu utamanya pasti daging. Daging sapi bisa dibuat berbagai olahan yang lezat seperti sate, rendang, sup, soto, bakso dll, akibatnya dalam beberapa hari komsumsi menu daging dan daging tanpa diimbangi menu lain tubuhpun menampakkan ketidakmampuan menerima menu olahan daging. Mengkonsumsi daging sapi baik untuk kesehatan karena orang dapat mengambil keuntungan dari gizi yang dikandungnya. Daging merah termasuk sapi didalamnya ada zat protein , zat besi dan vitamin B, tapi yang menjadi masalah jika berlebihan. Makanan yang enak membuat kita sering lupa dengan kondisi tubuh, setelah berlebihan terasa gejala barulah menyesali. Konsumsi daging berlebihan tidak baik untuk kesehatan karena akan membuat kolesterol meningkat, 


Bertambah usia maka kolesterol makin tinggi nilainya, penyakit hipertensi, serangan jantung bahkan penyakit stroke makin mudah menyerang. Penyakit-penyakit ini tak bisa dihilangkan tapi yang bisa dilakukan dengan cara mencegahnya. Melakukan pola hidup sehat, menjaga makanan serta rajin check up ke pelayanan kesehatan jangan datang berobat setelah terasa sakit. Saat tubuh merasa sakit sebenarnya itu merupakan akumulasi dari tubuh yang dibiarkan saja makan semuanya, sebebasanya tanpa ada pengendalian diri. Tubuh protes  dengan menampakkan gejala seperti rasa sakit atau pegal di tengkuk kepala bagian belakang bahkan sampai ke pundak,. Bagi yang ada riwayat penyakit seperti kolesterol yang tak bersahabat (kolesterol tinggi), hipertensi sudah bisa menerka sedikit adanya kenaikan angka akibat konsumsi berlebihan, walaupun begitu jika sudah tahu tidak boleh dipandang remeh.
Ketika tubuh terasa beda dari biasanya maka lakukan pengingatan untuk setiap makanan yang telah masuk ke tubuh dan segera berobat ke tenaga kesehatan. Tenaga kesehatan akan melakukan pemeriksaan yang sesuai pada penderita kolesterol tinggi akan dilakukan pemeriksaan labor untuk mengetahui kadar kolesterolnya sedangakan seperti pada penderita hipertensi akan dilakukan pemeriksaan tekanan darah,. Nilai normal kolesterol itu adalah 200 mg akan menjadi bahaya jika mencapai 240. Bahaya yang ditimbulkan dari kolesterol tinggi seperti salah satu faktor resiko penyumbatan pembuluh darah jantung yang dapat menimbulkan serangan jantung serta penyumbatan pada pembuluh darah otak yang dapat menimbulkan serangan stroke. Walaupun begitu kita tidak bisa membenci kolesterol karena adalah zat yang fungsinya sangat penting bagi tubuh. Dalam kondisi normal pula kolesterol berfungsi sebagai pembangun dan pemelihara sel membran, menyaring molekul yang masuk dan tidak ke dalam sel, terlibat dalam produksi hormon seks, membantu produksi empedu. Sebenarnya zat ini merupakan zat lemak yang dikenal sebagai lipid.  Produsen utama zat ini adalah hati, namun lipid juga bisa berasal dari makanan. 

Jumlah kolesterol telah ada dalam darah tapi karena konsumsi yang berlebihanlah yang menjadi sebuah masalah kesehatan. Cara terbaik untuk atasi kolesterol tinggi dengan mengenal gejala kolesterol seperti rasa sakit atau pegal di tengkuk kepala bagian belakang bahkan sampai ke pundak, kaki bengkak, mudah lelah dan gampang mengantuk. Setelah tahu itu minum obat yang dianjurkan dokter .  Obat kolesterol ini berguna untuk menurunkan kolesterol jahat yang ada dalam darah. Salah satu produk untuk kolesterol  yang bagus dikonsumsi adalah omepros walaupun begitu harus adalam pengawasan dokter .

Omepros merupakan suplemen makanan yang memiliki berbagai macam manfaat bagi kesehatan tubuh, berikut manfaat omepros bagi kesehatan tubuh :
1.      Membantu mencegah resiko serangan jantung dan stroke
2.      Membantu turunkan  kolesterol jahat (LDL) dan trigliserida dalam darah.
3.      Meningkatkan kolesterol baik (HDL) dalam tubuh
4.      Menormalkan tekanan darah pada penderita hipertensi
5.      Membantu memenuhi nutrisi pada otak
6.      Mencegah penyakit Alzheimer, dementia, dan pikun di usia muda
7.       Membantu meningkatkan daya tahan tubuh

Menjaga nilai kolesterol sangat penting untuk memperpanjang usia kehidupan , kolesteol selalu berkaitan dengan adanya kenaikan tekanan darah (hipertensi). Hipertensi juga berkaitan dengan penyakit serangan jantung dan stroke. Artinya kolesterol bisa menjadi penyebab stroke Mengetahui tanda stroke juga perlu karena penangan yang cepat saat  serangan dapat mencegah keadaan yang lebih buruk sebenarnya inilah bentuk pengobatan stroke itu. Adapun tanda stroke :

  • adanya kelemahan pada wajah, lengan kaki
  • bicara tidak jelas 
  • mati rasa pada satu sisi tubuh 
Serangan jantung merupakan kondisi kerusakan yang terjadi pada otot jantung karena pasokan darah yang berkurang, penyebab pasokan darah berkurang karena tersumbat salah satunya oleh kolesterol . Tanda serangan jantung adalah : nyeri yang menjalar, sesak nafas, lelah, palpitas dan pusing bahkan sampai pingsan. Keadaan sesorang akan lebih parah lagi jika sudah memiliki penyakit jantung. Jantung organ penting untuk hidup jika tidak dijaga sedini mungkin salah satunya tidak menekan kenaikan kolesterol maka hidup di dunia akan lebih cepat berakhir. Adapun cara yang bisa dilakukan mengatur pola makan , hidup sehat dan konsumsi omepros

You Might Also Like

0 comments

Popular Posts

Like us on Facebook

Flickr Images

Daisypath Anniversary tickers