Tuesday, 17 February 2015

Keajaiban Sedekah Itu Nyata

Menurut matematika jika punya uang kemudian diberikan pada orang lain akan kurang jumlahnya, diibaratkan uang kita 10-1= 9 dan kita semua sepakat. Dalam agama hal ini tidak berlaku malahan akan bertambah , hasil dari 10-1=11 itulah kehebatan sedekah.http://fadevmother.com/fadevmothers-first-give-away/ Sebenarnya sedekah itu banyak jenisnya seperti sedekah tenaga (relawan), memberikan makanan kepada fakir miskin, menyampaikan ide juga sedekah dan berzikir pun termasuk sedekah. Selama ini kita menganggap sedekah hanya dengan uang saja.

Bicara tentang kebiasaan sedekah saya teringat dengan ibu ,ibu menanamkan untuk selalu bersedekah walaupun kondisi keuangan tak stabil. Awal memulainya pasti terasa berat, memberi saat uang ada saja sudah berat apalagi saat kekurangan. Selama ini selalu kita dengar memberi saat uang berlebih, yang jadi pertanyaan itu kapankah uang akan berlebih? tidak akan pernah ada uang berlebih karena kita selalu memiliki keinginan untuk membeli sesuatu yang sebenarnya tidak begitu penting. Hawa nafsu untuk memenuhi keinginan yang bukan sebuah kebutuhan sering menguasai kita sehingga sulit untuk bersedekah

Alam takambang jadi guru, peribahasa ini mempunyai arti agar kita selalu belajar dari  pengalaman. Pengalaman ibu dan teman saya bersedekah selama bertahun-tahun membuat saya termotivasi untuk mengikutinya dan saya sendiri sudah merasakan dampak bersedekah . Hidup terasa mudah dan tenang saat menghadapai persoalan berat sekalipun serta rejekipun berlimpah.. Inilah contoh bersedekah yang ada disekitar  saya .

Orangtua saya hanyalah PNS biasa dengan kondisi keuangan yang pas-pasan. Setelah menikah orangtua saya merantau ke tempat yang sekarang memulainya dari nol. Memulai membeli tanah untuk membangun rumah, membangun rumah, membeli sawah dan kendaraan. Kalau dipikir secara logika sulit untuk memenuhi semuanya, PNS yang gajinya biasa saja. Itulah kondisi keuangan tapi tidak menyurutkan semangat ibu untuk berbagi. Bayangkan saja kami bertiga sekolah dan 2 orang adik ikut bimbel yang hampir sekian ratus  Semua itu bisa terlewati dengan tenang karena bersedekah. Sedekah yang dilakukan ibu selama 3 tahun tanpa putus selain berefek  untuk kami secarala langsung dan  ternyata membuat nasib orang berubah  .
Gadis itu bernama nanak seorang yatim yang pekerjaan emaknya berdasarkan musim. Saat musim tanam emak nanak akan ke sawah orang, setelah musim itu lewat maka akan menjadi pengasuh anak bahkan sambil mengasuh juga membuat tudung nasi dari rotan. Keinginan yang tinggi untuk memiliki ijazah SMA membuatnya bersemangat mendaftar sekolah. Saat itu belum ada beasiswa untuk yang kurang mampu. Mendengar cerita tentang nanak ibu tergerak membantu biaya sekolah dari duit pribadi.  Setelah nanak tamat maka berangkatlah menjadi TKI dan kemudian bertemu dengan suaminya dan bahagia .Nasib nanak lebih baik dari emaknya tidak pernah ke sawah karena berpendidikan, kalau tidak tamat SMA mungkin akan sulit ke malaysia. Tuhan mengubah hidupnya lewat  bantuan ibu.

Sekarang tak ada lagi yang dibiayai seharusnya uang bisa dikumpulkan tapi tetap tidak bisa. Itulah keberkahan sedekah yang saya lihat , tak ada rasa kekurangan saat itu walaupun gaji orangtua saya harus berbagi dengan 4 orang anak yang sekolah. Satu hal yang selalu ditekankan ibu pada kami jangan tunggu kaya untuk sedekah karena uang itu seperti air laut takkan pernah ada kata cukup dan uang yang diberikan pada orang itu adalah daki dari harta artinya dalam uang dimiliki ada hak orang lain yang harus dikeluarkan. Saat membiayai sekolah nanak hidup kami terasa berkah rejeki mengalir lancar dari arah yang tak disangka-sangka. Dampak yang terasa sekali adalah anak ibu saya 3 orang semuanya bisa diterima di PTN, suatu kebanggaan bisa lulus di PTN. Hal lainnya adalah saat saya kuliah diluar propinsi tidak ada sanak saudara tapi saya menemukan keluarga baru menyayangi dengan sepenuh hati, kuliah saya mudah saja tak ada hambatan yang berarti.

Contoh lain yang bersedekah adalah teman kerja saya rejekinya berlimpah. Teman saya selain PNS memiliki usaha peternakan burung puyuh, yang namanya usaha ada pasang surut jika tidak kuat bertahan akan gulung tikar. Beternak puyuh sangat melelahkan tenaga dan kantong, kita bisa terlambat makan tidak dengan puyuh, terlambat dari jamnya akan stres atau ada bunyi-bunyian yang tidak biasa akan stres habis itu bisa mati. Hal lainnya biaya makanan yang tinggi serta harga telur yang turun naik. Saat beternak puyuh selain dapat keuntungan dari karung bekas tempat makannanya bisa kita jual lagi kemudian dari fecesnya juga bisa di jaul. Teman saya tak pernah menjualnya bahkan ketika ada yang butuh dipersilahkan untuk menjemput kerumahnya. Menurut teman saya itu caranya membantu orang lain dan saya melihat kondisi ekonominya bagus bisa membeli rumah dan mobil baru . Teman saya ini mau membantu orang tak pernah sekalipun meminta bayaran, pernah mengantarkan pasien yang harus berobat ke RS rujukan dengan mobil pribadinya. Kalau dihitung secara ekonomi rugi 2 kali yaitu uang bensin dan waktu tapi dijalaninya dengan ikhlas dan saya melihat kemudahan dalam hidupanya . Menurut teman saya setiap perbuatan ada balasan dan bersedekah itu akan dibalas lebih banyak lagi.

Itulah contoh bersedekah yang menginspirasi saya, sekarang tinggal di diri sendiri akankah diikuti atau tidak. Kenapa harus memelitkan rejeki toh rejeki datang dari tuhan,orang yang pelit dia akan binasa di dunia dan akhirat. Sadakah banyak manfatnya menyembuhkan penyakit, mempercepat datang jodoh, memberi ketenangan hidup dan yang pasti bentuk ketaatan  kita kepada tuhan. Dalam bersedekah yang harus selalu kita tanamkan adalah jangan pernah memberi sedekah dengan diiringi dengan perkataan atau perbuatan yang menyakitkan hati.

 Sadaqoh wipes out sins like water extinguishes fire artinya sedekah itu akan menghapus dosa seperti api menyirami air, coba kita tanyakan dalam diri kita seberapa banyakkah dosa yang telah diperbuat? Bukankah lebih baik kita berangsur hapus dosa itu dengan cara bersedekah sesuai kemampuan.

Tulisan bertema keajaiban sedekah di blog diikutkan dalam giveaway 

1 comment :

  1. Gua heran lho kok postingan sebagus ini gak ada yg ngmentari ya? Ayo dong kasi pandangan positif biar si mbak admin blog ini makin semangat posting artikel menarik yg lain.

    ReplyDelete