Monday, 22 December 2014

Pilah-Plih Cara Melahirkan

Saat ini saya bekerja di poli anak hampir setiap hari ketemu bayi dan balita lucu, setiap tingkah mereka selalu buat gemas.Hal ini buat Keinginan punya anak makin kuat dan sayangnya calon bapaknya belum ketemu#hikhiik

Pengalaman hamil dan melahirkan merupakan anugrah terindah yang dimiliki oleh seorang ibu. Setiap anak yang dikandung pasti memiliki cerita yang berbeda dan rasanya sayang jika lenyap saja dalam memori saat dimakan usia. Pendokumentasian kehamilan dan persalinan itu penting,bentuk dokumentasi seperti catatan, foto atau video. Mungkin ada beberapa hal  bersifat privasi yang tak bisa di bagikan cukuplah keluarga yang tahu. 

Ketika hamil saya ingin mengabadikan semua kehamilan dan melahirkan. Dari saya telat haid sampai melahirkan dengan membuat sebuah catatan perkembangan si janin. Harapan saya sederhana saja ketika mereka dewasa bisa tahu hal yang dialami oleh ibu mereka. 
Proses hamil dan melahirkan ternyata merupakan peristiwa yang alami. sedikit tindakan yang tak perlu bisa buat masalah bagi ibu dan janinnya. Contohnya ibu takut sakit malah memilih Sc akibatnya saat lahir si bayi  banyak tidur karena pengaruh bius. Melahirkan menjadi hal yang menggembirakan karena akhir dari penantian. 

Perkembangan metode melahirkan saat ini sangat maju dari yang normal, sesari (SC) dan yang terbaru adalah water birth. Saya berencana ingin melahirkan secara normal, yang jadi masalah ambang nyeri saya yang tinggi, sedikit saja nyeri membuat saya udah kesakitan untuk itu perlu metode melahirkan alami tapi tidak terlalu sakit dan pilihannnya  adalah water birth.

Water birth  merupakan perkembangan yang relatif baru yang diperkenalkan di Eropa, Perancis pada tahun 1803.Pada 1970-an, beberapa bidan dan dokter di Rusia dan Prancis menjadi tertarik dengan cara-cara membantu bayi melakukan transisi dari dalam kehidupan di dalam rahim dengan kehidupan di luar sehalus mungkin. Keprihatinan mereka bahwa perawatan bersalin modern, dengan banyak intervensi, membuat bayi menjadi traumatis. Beberapa dokter, termasuk dokter kandungan Perancis Frederic Leboyer (1983), berpikir bayi dapat terkena dampak seumur hidup karena cara mereka lahir ke dunia.
Keuntungan metode ini Ibu akan merasa lebih relaks karena semua otot yang berkaitan dengan proses persalinan menjadi elastis.. Metode ini juga akan mempermudah proses mengejan. Sehingga rasa nyeri selama persalinan tidak terlalu dirasakan.. Ketika pembukaan telah mencapai 7 ibu masuk ke dalam air  hangat yang diyakini dapat membuat sirkulasi pembuluh darah jadi lebih baik. Air hangat dapat memengaruhi efektivitas kontraksi rahim. Sehingga proses persalinan ini lebih singkat daripada proses melahirkan normal biasa
Manfaat persalinan di air bagi bayi adalah dapat menurunkan risiko cedera kepala bayi, peredaran darah bayi akan lebih baik sehingga tubuh bayi akan cepat memerah setelah dilahirkan. Meskipun belum dilakukan penelitian mendalam, namun pakar kesehatan meyakini bahwa lahir dengan metode ini memungkinkan IQ bayi menjadi lebih tinggi dibandingkan bayi yang lahir dengan metode lain.

Proses persalinan di air memiliki tahapan yang sama seperti melahirkan normal. Adapun yang membedakannya adalah sebelum anak lahir ibu berendam di air, setelah anak lahir dilanjutkan di tempat tidur. .Cara melahirkan seperti ini harus diawasi oleh  dokter untuk menjaga kesehatan ibu dan bayinya 




No comments :

Post a Comment