Thursday, 28 May 2015

Menu Sehat dengan Renovit


Mengonsumsi makanan cepat saji (fast food) sudah menjadi tradisi masyarakat  di kehidupan modern. Tradisi ini sudah menyentuh semua kelompok masyarakat dari urban sampai ke rural, penyebabnya adalah harga yang ditawarkan tidak terlalu mahal bahkan bisa menghemat biaya , solusi cepat dan praktis bagi yang sibuk  tapi harus memenuhi kebutuhan perutnya, Makanan ini mudah diolah disertai rasa yang enak bahkan sering buat ketagihan setelah makan pertama kali terutama bagi anak-anak,  banyak iklan yang beredar di televisi  ditambah lagi sebuah gengsi. Fast food yang beredar seperti makanan beku, makanan kalengan, dan makanan awetan serta makanan yang dipesan dalam waktu singkat jadi seperti burger, pizza, ayam goreng. 
Tak bisa dipungkiri juga bahwa terlalu sering mengkonsumsi fast food dapat menimbulkan dampak yang tidak baik untuk kesehatan. Banyak penelitian yang menyebutkan bahwa terlalu banyak mengonsumsi makanan seperti ini menimbulkan penyakit. Proses pengolahan makanan ini belum tentu baik seperti kita yang mengolah sendiri, penyimpanan makanan pun kadang di ragukan apakah telah sesuai standar dari suhu penyimpanan, lama penyimpanan, kondisi kaleng/plastik apakah penyok atau rusak perlu diperhatikan termasuk masa kadaluarsanya. Jenis Makanan fast food umumnya banyak mengandung lemak, garam, gula, keju, daging/ bahan lain yang digoreng, dan mayones yang identik dengan kandungan kalorinya yang tinggi. Belum lagi tambahan zat-zat yang seharusnya tidak ada di dalam makanan. Bahan pengawet, pemanis  buatan, ekstrak penambah aroma, dll yang dampaknya bila secara terus-menerus masuk ke dalam tubuh akan menimbulkan penyakit. Adapun penyakit yang berkaitan dengan penggunaan fast food:
1.  Kenaikan berat badan dengan cepat
2.  Diabetes tipe ke 2
3.  Kekurangan gizi
4.  Penyakit kardiovaskuler

Setelah melihat dampak dari fast food perlu dipikirkan ulang untuk konsumsinya, terutama bagi anak-anak. Lebih baik kita menggurangi secara perlahan, dan menerapkan kembali pola gizi seimbang. Gizi seimbang artinya susunan makanan sehari–hari yang mengandung zat-zat gizi dalam jenis dan jumlah yang sesuai dengan kebutuhan tubuh, dengan memperhatikan prinsip keanekaragaman atau variasi makanan. Dalam makan harus bervariasi sehingga semua kebutuhan zat gizi makronutrien dan mikronutrien bisa terpenuhi, yang termasuk zat gizi makro adalah protein, karbohidrat dan lemak. Selain itu untuk mendapatkan tubuh sehat kita juga harus perhatikan Mikronutrien,, yaitu zat gizi yang diperlukan oleh tubuh manusia selama hidupnya dalam jumlah kecil untuk melaksanakan fungsi-fungsi fisiologis, tetapi tidak dapat dihasilkan sendiri oleh tubuh. Mikronutrien terdiri dari vitamin dan mineral.  Mikronutrien diperlukan tubuh terus-menerus dalam jumlah kecil biasanya kurang dari 100 mikrogram per hari. Meskipun diperlukan dalam jumlah kecil, namun keberadaanya dalam tubuh sangat esensial. 

Ketika kita makan banyak kandungan bahan makanan yang penting untuk tubuh rusak dikarenakan proses pengolahan dan penyimpanan. Cara terbaik untuk mendapatkan ganti yang hilang dengan mengkomsumsi multivitamin. Multivitamin berguna untuk mencegah bahkan mengobati segala macam penyakit, baik penyakit degeneratif maupun kronis,mengoptimalkan fungsi organ tubuh. Memilih multivitamin haruslah memperhatikan kandungan mineralnya juga, pilihlah renovit karena multivitamin lengkap terdiri atas 12 vitamin dan 13 mineral . 

Cara untuk tetap sehat terutama lansia adalah rajin mengkomsumsi renovit dan selalu gunakan menu sehat.  Lansia dapat menggunakan renovit gold yang disesuaikan dengan kondisi lansia pada umumnya dan kandungannya sama yaitu 12 vitamin dan 13 mineral. Selain itu rajin olahraga demi kebugarabn tubuh

No comments :

Post a Comment