Thursday, 28 May 2015

Cantiknya Awet Dengan Vitamin C


Wajah lelah menghiasi senior saya karena sudah beberapa hari ini banyak pasien yang partus ditambah lagi ada masalah dikeluarganya. Umur senior ini hampir sebaya ibu saya tapi kulitnya masih kinclong saja. Rasa penasaran akan rahasia terdalamnya itu ada tapi saya tak berani bertanya. Beberapa temannya yang lain hobi nyalon sedangkan senior ini selain tak hobi terganjal bugdet. Bukannya sok tau ya, tapi senior saya ini sering curhat tentang hidupnya, kasihan karena dia jadi tulang punggung keluarga. Suami sakit-sakitan dan anaknya banyak untungnya satu dia peduli penampilan, mugkin ini sebagai hiburan untuk dirinya. 
Saya sebenarnya tak hobi gosip yah, karena senior ini curhat dengan orang yang salah akhirnya rahasianya bocor,  sampai saya yang baru hitungan bulan kerja udah tahu masalahnya. Ketika mau pulang kerja saya lihat pemandangan langka, maklum saja baru masuk dunia kerja jadi kurang tau macam perawatan kesehatan dan kecantikan .Saya lihat senior ini lagi disuntik sama temannya yang lain dan kebetulan banget, terjawab sudah penasaran dan ternyata rahasia kecantikan senior ini adalah menggunakan Vitamin C. Seperti kita tahu Vitamin merupakan  sekelompok senyawa organik berbobot molekul kecil yang memiliki fungsi vital dalam metabolisme setiap organisme, yang tidak dapat dihasilkan oleh tubuh. Artinya untuk mencukupi kebutuhannya harus di minum , makan atau disuntikkan. Vitamin itu ada yang larut dalam air dan minyak, vitamin B dan C terlarut dalam air sedangkan vitamin A D E K larut dalam minyak. 

VitaminC banyak ditemukan pada buah-buahan dan sayuran. Contoh buah-buahan yang terkenal sebagai sumber Vitamin C antara lain jeruk, mangga, pepaya, strawberi, nanas, anggur, semangka dan lain sebagainya. Contoh sayuran yang terkenal sebagai sumber Vitamin C antara lain tomat, brokoli, paprika, kol, ubi jalar, dan lain Ternyata cabe juga ada kandungan Vitamin C, bagi yang suka pedas akan jarang tubuhnya kekurangan Vitamin ini. Untuk bisa mendapatkan Vitamin C cukup dengan konsumsi makanan diatas. Sebagian orang merasa tak cukup mengkonsumsi Vitamin C sehingga meminum suplemen tambahan, dalam menggunakan suplemen harus diketahui berapa banyaknya.  Kelebihan Vitamin C ternyata juga berbahaya untuk kesehatan yaitu diare dan meningkatnya asam lambung, jika kelebihan terjadi dalam waktu cukup panjang, bisa menimbulkan nyeri saat buang air kecil karena Vitamin C keluar dalam bentuk kristal. Ngeri juga , selama ini ini anggapan orang banyak  salah dikarenakan larut dalam air jadinya tak masalah jika berlebihan . 


Kasus kekurangan Vitamin C jarang sekali terjadi,  karena hampir semua makanan yang kita makan sehari-hari mengandung Vitamin C. Merokok adalah kebiasaan yang bisa menurunkan penyerapan vitamin ini oleh tubuh,  sehingga perokok berisiko lebih tinggi kekurangan Vitamin C. Kekurangan Vitamin C dapat menyebabkan daya tahan tubuh menurun, cepat lelah, gangguan kesehatan gigi dan mulut, seperti bibir pecah-pecah, penyakit gusi, gigi mudah lepas, dan gangguan lain yang biasanya disebut panas dalam., rambut kering dan pecah-pecah, Kulit kasar kering dan bersisik., Jika terjadi luka lebih lama sembuh, mudah memar dan mimisan dan penurunan kemampuan tubuh untuk menangkal infeksi. Melihat dari bahaya yang  muncul pertanyaan 'apakah fungsi Vitamin C ?

Seperti yang kita bahas diatas cara pemberian Vitamin C bisa melalui suplemen dan hanya bisa diberikan  dengan dosis biasa yaitu 75 - 90mg dengan dosis ini hanya bersifat  mencegah kekurangan vitamin saja tetapi tidak cukup besar untuk mencapai tingkat kesehatan yang optimal. Pemberian berlebihan akan menggangu sistem pencernaan. Cara pemberian lain yaitu dengan cara suntikan dan infus. Pemberian dosis tinggi yang sedang digandrungi adalah melalui infus, cara pemberian ini lebih aman dibandingkan dari cara suntikan karena Vitamin yang diberikan dalam jumlah besar tapi masuk kealiran darah di secara perlahan dan jika terjadi alergi dengan cepat diketahui. Sukses atau tidaknya infus Vitamin  C untuk tubuh sangat tergantung pada 3 hal: kondisi fisik, kebutuhan, dan dosis

Pemberian Vitamin C dengan dosis tinggi dapat menekan kerusakan sel dan membantu meningkatkan daya tahan tubuh. Melindungi protein dan lemak dari kerusakan akibat radikal bebas yang disebabkan oleh infeksi, olahraga berat dan sebab lain yang dapat melukai sel-sel. Dapat meningkatkan usia dari sel-sel imunitas dan mengurangi sel-sel yang rusak akibat infeksi. Melindungi jantung dan aliran darah dari penyempitan saluran peredaran darah sehingga mencegah terjadinya serangan jantung dan melawan oksidasi lemak dalam darah. Dapat pula menekan resiko penyakit Jantung Koroner, memiliki efek pelindung yang kuat terhadap penyakit jantung. Pria dengan konsumsi rutin Vitamin C memiliki resiko penyakit jantung 66% lebih rendah dari pada pria yang tidak konsumsi rutin walaupun keduanya sama-sama perokok.

Pada pasien penderita kanker, pemberian infus Vitamin C Dosis Tinggi bermanfaat menghambat perkembangan kanker dan memperpanjang usia pasien. Pada pasien gangguan ginjal, dapat membantu memperbaiki kerusakan ginjal akibat gangguan peredaran darah terutama pada penderita diabetes. Bagi penderita asma kronis ternyata banyak membantu menjaga kesehatan penderita asma. Selain itu, Infus Vitamin C Dosis Tinggi membantu mencegah Osteoporosis dan menjaga kepadatan tulang. Membantu melawan infeksi virus Herpes dan mencegahnya kambuh kembali. Selain itu untuk kecantikan, dapat memperbaiki struktur kulit, mengencangkan dan mencerahkan kulit dan  tubuh, tampak lebih putih, muda dan  sehat. 

Jika melihat fungsi vitamin C maka wajar saja  kulit  senior bisa tetap kencang, cerah walaupun sudah berumur. Ada rasa iri sedikit tapi saya suka parno saat lihat jarum. Menurut saya apapun tindakan medis harus dilakukan dibawah pengawasan dokter..

No comments :

Post a Comment