Friday, 17 October 2014

Power Bank PLN Untuk Setiap Rumah


Keberadaan listrik diperlukan untuk menunjang kehidupan manusia menjadi lebih baik, hampir semua peralatan memakai listrik. Peralatan sederhana di rumah tangga seperti penanak nasi, mesin cuci, kipas angin, seterika butuh listik. Peralatan kantor seperti komputer, printer, mesin fotokopi bahkan peralatan rumah sakit juga butuh listrik. Dunia usaha tak ketinggalan merasakan dampak dari keberadaan listrik ini. Ketika listrik padam ritme kehidupan akan kacau, urusan rumah tangga yang harusnya selesai beberapa jam  akan bergeser menjadi lebih lama. Urusan kantor bahkan tidak akan selesai karena tergantung listrik. Pelayanan rumah sakit tidak maksimal lagi kegiatan operasi akan tertunda, beberapa obat yang harus disimpan dalam suhu dingin akan rusak bahkan dunia usaha terancam gulung tikar karena semua butuh listik.  



Listrik merupakan hal yang penting dalam kehidupan dan akan menunjang pembangunan nasional sehingga pengelolaannya diserahkan kepada negara, sesuai dengan bunyi  Pasal 33 undang-undang dasar 1945  menyatakan cabang-cabang produksi yang penting bagi negara dan menguasai hajat hidup orang banyak dikuasai oleh negara. Badan nasional yang mengurusi semua aspek kelistrikan yang ada di Indonesia bernama PLN (perusahaan listrik negara), saat ini PLN menegaskan komitmen untuk PLN Bersih . PLN selalu melakukan inovasi dalam  produknya salah satu bentuk inovasinya adalah listrik pintar . 

Listrik Pintar merupakan layanan baru dari PLN untuk pelanggan dalam mengelola konsumsi listrik melalui meter elektronik prabayar. Dengan Listrik Pintar banyak keuntungan yang didapatkan seperti :

  • Mudah untuk mengendalikan pemakaian listrik

  • Tidak ada biaya keterlambatan pembayaran

  • Membeli sesuai kemampuan

  • Bebas dari kesalahan pencatatan meter listrik

  • Tidak ada biaya abodemen

  • Lebih aman dan terhindar dari penipuan yang mengaku dari pencatat meter listrik

  • Token (pulsa/voucher) bersifat individu sehingga terhindar dari pemakaian nilai token yang sudah di beli oleh orang lain

  • tidak perlu khawatir mati listrik mendadak saat stroom yang tertera di meter sudah habis, secara otomatis meteran prabayar akan memberikan alarm (buzzer) jika jumlah kilowatt hour sudah mulai habis.A

Dengan listrik pintar, setiap pelanggan bisa mengendalikan sendiri penggunaan listriknya sesuai kebutuhan dan kemampuannya. Pembelian token bisa diperoleh melalui gerai ATM sejumlah bank atau melalui loket-loket pembayaran tagihan listrik online.Ternyata dalam pengisian Token Listrik ada beberapa masalah seperti :Pengisian Token Tidak bisa dilakukan karena ada gangguan seperti koneksi atau gangguan di server, Sulit membeli jika loket sudah tutup karena tidak semua punya atm. Apapun itu masalah yang ditemukan dalam penggunaan toket saya tetap mengaprepsiasi ide PLN membuat inovasi token ini.



Ide yang bisa saya tawarkan untuk PLN ada 2 yaitu 
1. PLN hendaknyan membuat juga penyimpan daya seperti power bank yang banyak beredar sekarang ini. Adapun kelebihan power bank ala PLN ini sudah dilengkapi dengan kebutuhan daya listrik yang diperlukan sehingga setiap orang bisa menyesuaikan daya dengan kebutuhannya. Kalau daya habis Pelanggan bisa menggunakan lagi power bank ini dengan menchargernya di matahari. Artinya memanfaatkan sinar matahari sebagai sumber tenaganya. Mekanisme kerjanya adalah dengan memanfaatkan pusat tata surya yaitu matahari, dengan menyimpan sinar matahari terlebih dahulu di power bank .Kecanggihan teknologi biasanya akan membuat suatu alat harganya mahal menyebabkan masyarakat yang kurang mampu sulit menjangkau,  untuk itu desain alat ini sederhana saja seperti semudah kita mencolokkan flasdish ke komputer cukup dengan meyambungkan meteran listrik dan power bank ini tanpa perlu ganti baru meteren baru. Kalau ini bisa diterapkan (power bank dan cahaya matahari ) maka setiap orang bisa mengatur biaya listrik setiap bulannya dan masalah kekurangan daya akan teratasi di setiap gardu sehingga tidak akan ada pemadaman bergilir lagi. 

 
2. Membenahi pelayanan untuk menjadi lebih baik, bentuk pembenahan ini adalah dengan peran serta masyarakat. Meminta kritik dan saran merupakan bentuk perbaikan yang nyata. Salah satu bagian masyarakat yang bisa di minta idenya adalah  blogger. Perkembangan internet yang pesat membuat banyak masyarakat haus informasi, salah satu media yang sering diakses adalah blog.



No comments :

Post a Comment