Saturday, 9 August 2014

Makanan Wajib di Lebaran

Lebaran idulfitri banyak saudara yang datang dari rantau. Kebiasaan mami adalah membungkuskan makanan khas kepada saudara yang datang ke rumah. Makanan khas ini adanya sekali setahun karena membuatnya banjir keringat sedikit lebay sih , tapi tenang saja keringat tak sampai mejeng di makanan . Bareh randang atau beras rendang merupakan salah satu makanan khas payakumbuh. Pembuatannya sama lelahnya dengan gelamai. Kalau menurut saya lebih capek membuat beras rendang daripada membuat rendang. Karena berdiang di Api 2 kali .


Adapun cara membuatnya
1.Beras ketan di sangrai sampai berwarna kuning di api sedang.Untuk rasa biar lebih nikmat maka di gunakan tungku tidak kompor.
2. Setelah menjadi kuning kemudian di tumbuk/di giling beras ketan menjadi tepung beras ketan.
3. Membuat kuah beras rendang dengan cara gunakan 3 buah kelapa ambil santannya.
4. Santan ditambahkan garam sekadarnya  kemudian 1/2Kg gula pasir, 1/2 kg gula aren dan pandan. Aduk terus sampai santan mengental membentuk karamel.Jika telah matang santan tidak lengket.
5.Jika telah dingin maka ambil tepung ketan dipiring aduk dengan kuahnya. Ratakan dengan sendok maka adonan akan mengikuti bentuk piring. 

Sajikan dengan memotong kecil-kecil dan rasanya enak apalagi jika dengan taburan kelapa muda.
Perjuangan Lelah membuat beras rendang terasa saat menjaga apinya jangan terlalu besar kuah akan tumpah. Kalau api padam di tiup dengan bambu secara pelan-pelan kalau tidak abu bisa ikut beterbangan. Seperti halnya rendang mengaduk terus seperti juga cara membuat beras rendang.
catatan tambahan:
- Jika ingin lebih manis gula pasir boleh ditambahkan lebih banyak. Gula aren berfungsi untuk memberikan rasa gurih dan harum.

No comments :

Post a Comment