Friday, 1 August 2014

STOP, BERTANYA STATUS

Serial Hani 

Hakikat idulfitri itu suci dari dosa ibarat bayi yang baru dilahirkan. Saat silaturahmi adalah waktunya membersihkan diri dengam  berkumpul dengan saudara yang jarang ketemu kemudian bermaafan. Di momen lebaran kabar penasaran pun terjawab, sayangnya bagi sebagian orang ada yang bertanya seenaknya tanpa sadar melukai hati orang. Lidah itu tajam dari pedang dan luka karena lidah itu sukar sembuh.

Seperti lebaran ini ada yang hujan air mata, aisyah korban pertanyaan usil tantenya. Seperti biasa dia meluapkan kesedihannya padaku. Suaranya makin serak terdengar di ujung sana. Ada jeda yang lama antara berbicara dan terisak. Akhirnya aku menyambangi rumahnya. Dan ternyata aisyah tersinggung dengan pertanyaan kapan menikah?

Umur aisyah tak lagi muda,  banyak teman kami yang telah meninggalkannya dan lahir lagi menjadi seorang ibu. 30 tahun umur yang tak muda apalagi di kota kami. Sayang banyak yang tak kasihan malah menjadikan ini sebagai bahan pembicaraan.

O.k.lah bertanya itu tanda peduli tapi ada bagi sebagian perempuan itu menjadi bahan hinaan.Perasaan perempuan itu sensitif apalagi menyangkut jodoh dan anak.
Jadi dari pada menanyakan langsung kepada orangnya lebih baik membantu dengan doa dan usaha seperti mencarikan jodoh bagi yang belum menikah atau memberikan ramuan herbal untuk kesuburan, rekomendasi dokter yang bagus untuk program kehamilan. Tindakan nyata lebih penting dari sekedar bertanya yang tak berguna.

No comments :

Post a Comment