Thursday, 7 August 2014

64 Tahun Makin jaya

Sampai detik ini saya paling tidak suka ada yang menanyakan umur karena merasa tua. Bukannya membenci Tua tapi saya merasa takut saja lebih tepatnya tidak siap. Timbul ketakutan fisik akan melemah, mata mengabur , menghadapi penyakit degeneratif dsb , sebenarnya proses tua insha allah akan di jalani tapi yang menjadi masalah bisakah menjadi tua yang berkualitas?

Maaf sebelumnya jika ada yang tersinggung tapi banyak saya lihat Tua dengan kondisi makin tua.Tak ada aktifitas yang bisa dilakukan sehingga merasa jenuh akibatnya banyak yang bersitengkang dengan keluarga terutama dengan cucunya karena hal sepele. Saat menjadi tua sifat seperti anak-anak lagi yaitu perasa dan mudah bersedih. Banyak faktor penyebabnya salah satunya adalah power sindrom. Saat muda semua menghormati atau tidak tahu apa yang akan dilakukan saat tua, maka dari itu perlu mempersiapkan tua dari sekarang. Mungkin merasa aneh tapi jika tidak dipersiapkan maka akan merasa tua menjadi hal yang menakutkan.

Bergabung di dunia blogger ini memberikan banyak mamfaat untuk saya. Mata saya terbuka lebar ternyata tua bisa juga menginspirasi orang, seperti bunda yati, om nher dan pak dhe cholik. Tulisan mereka ini benar-benar keren mengalir seperti air bahkan tips dan trik seputar ngeblog banyak diberikan oleh mereka. Mereka memanfaatkan waktu tua dengan baik bahkan bisa menjadi guru untuk kami yang muda,  lebih tepatnya tua dengan semangat muda.

Jika dilihat dari umur mereka yang telah lebih banyak dari saya(lebih tua), saat mereka muda dulu belumlah teknologi secanggih sekarang tapi mereka bisa jadi bagian dari perkembangan teknologi bahkan memanfaatkan dengan baik. Saya sebagai yang muda merasa malu jika kurang bersemangat dari mereka, rasanya ingin angkat tangan meletakkan disamping kepala (memberi hormat seperti upacara bendera).Penghormatan ini ingin ditujukan untuk blogger senior terutama untuk pak dhe cholik yang akan berumur 64 tahun,  pasti banyak yang tidak percaya dengan unurnya tapi pak dhe masih bugar. Kesimpulan pertama untuk blogger senior ini  adalah Tua tidak menghalangi berkarya. Banyak pelajaran hidup yang dituangkan dalam tulisan blog sekali lagi benar-benar menginspirasi.
Saya tidak ingin menjadi tua dengan sia-sia saja, untuk itu perlu usaha mencapai tua yang berkualitas dengan cara
  1.   Rajin beribadah : Selagi tenaga masih kuat saya akan rajin beribadah. Menjadi rajin beribadah tidak bisa dilakukan saat tua karena ibadah itu kebiasaan. Kalau berkunjung ke tempat ibadah terutama masjid saf untuk sholat dominan oleh yang tua. Kalau yang tua itu meninggal siapa lagi yang jadi makmum sholat? Rajin ibadah akan membuat jiwa tenang sehingga tak ada lagi galau berkepanjangan.
  2. Melakukan pola hidup sehat seperti olahraga teratur, makan bergizi dan seimbang, check up
    • Olahraga mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan Lancarnya aliran darah ditubuh akan mengurangi penyakit.Olahraga teratur akan lebih bermanfaat daripada durasinya lama. Olahraga ringan yang biasa dilakukan seperti berjalan santai.
    •  Makan bergizi dan seimbang sangat penting untuk kesehatan.Makanan bergizi belum tentu seimbang, maksudnya kadangkala kita hanya terpaku saja pada satu zat gizi tanpa memperhatikan zat lain yang juga dibutuhkan tubuh.Contohnya ketika ingin kurus kita hanya memikirkan mengurangi karbohidrat tanpa memikirkan tubuh butuh zat pembangun seperti protein. Atau kita tidak mengkonsumsi buah dan sayuran berserat yang sangat penting untuk tubuh.
    •  check up merupakan hal yang jarang dilakukan. Ketika tubuh sakit barulah terasa pentingnya check up. Sebenarnya check up yang dilakukan merupakan sebuah alaram untuk tubuh. Ketika kita check ternyata ada kenaikan dari nilai batas normal tubuh maka kita bisa mencegahnya menjadi penyakit yang parah. Adapun check yang bisa dilakukan seperti tekanan darah untuk cegah hipertensi, Pemeriksaan darah untuk cegah DM, Asam urat,kolesterol. Masa tulang untuk cegah osteoporosis dsb
     3. Membaca
     Membiasakan membaca bisa menambah ilmu pengetahuan bahkan  memperlambat kepikunan

    4. Menikmati hidup dengan membagi waktu dengan orang tercinta tidak terlalu serius menjalani hidup ada masanya bekerja dan bersantai.Mengekspresikan perasaan gembira dengan tertawa lepas.
  
Demikianlah cara saya mempersiapkan masa tua yang berkualitas. Selamat menuju umur 64 tahun pak dhe semoga makin menginspirasi

No comments :

Post a Comment