Saturday, 5 July 2014

Memaksimalkan Ibadah di Bulan Ramadhan

Ramadhan akan terasa singkat jika dilakukan dengan sepenuh hati, semua amal ibadah dari yang sunat sampai ke yang wajib. waktu yang satu bulan akan terasa kurang bahkan kalau bisa ditambah lagi sebulan. Jika seperti itu berarti kita telah merasakan manisnya beribadah. Proses pencapaian manisnya ibadah tidaklah mudah, perlu usaha dan doa. Salah satu usaha adalah dengan memaksimalkan ibadah.

Pada ramadhan tahun ini sedikit berbeda dari tahun yang lain , masjid tidak seramai biasanya karena tidak ada lagi kegiatan mencatat isi ceramah.  Siswa bebas tugas. Dulu masjid ramai bahkan sampai ribut karena setelah selesai catatannya mereka berbicara, berlari yang menganggu kekhusukan ibadah.  Jadi kalau masih ketemu remaja dan anak -anak yang ke masjid selama ramadhan itu yang sungguh mau beribadah. Merekakah remaja yang di rindukan masjid?

Ramadhan kali ini saya ingin seperti kupu-kupu, sebelum lahir jadi kupu-kupu awalnya ulat yang menyebalkan. Berkat sabar selama berbulan-bulan lahirlah seekor kupu-kupu cantik. Saya ingin di hari nan fitri bisa jadi lebih baik seperti seekor kupu-kupu. Langkah untuk mencapai tujuan dengan membersihkan niat , melaksanakan sholat sunat dan wajib serta menghatamkan alqur"an.  Dari dulu untuk khatam alqur'an sangat sulit ada saja halangan seperti menstruasi, banyak pekerjaan, capek dsb.

Tahun ini saya mau mengatasi semua halangan itu dan harus khatam. Untuk menstruasi adalah hal alami seorang perempuan dewasa. Maka dari itu saya pakai sistem paksa rela. Artinya saya  bertekat harus bisa khatam bagaimanapun caranya memaksa diri melawan rasa lelah dan kesibukan, yang pasti saya ikhlas melakukannya. Saya selalu menanamkan setiap amalan yang dilakukan di bulan ramadhan akan berlipat ganda pahalanya.  Saking semangatnya sampai saya tidak memikirkan baju lebaran. Biasanya setiap tahunnya saya  selalu membeli pakaian di pasar aur bukitinggi. Jaraknya kira 50km pulang pergi, perginya pagi dan pulang sore setelah sampai di rumah badan lelah trus kapan lagi bisa baca alqur'an . Begitu nikmat mengelilingi pasar mencari keperluan untuk lebaran. 

Sekarang saya pakai cara yang praktis menggunakan jaringan intetnet. Cukup duduk manis dan pilihlah yang menarik hari di lazada co.id. Di websitenya ada berbagai macam pakaian dan harga juga berfariasi untuk dewasa dan anak-anak. Bagus pakai cara ini tidak perlu berlelah-lehan atau kehilangan waktu sehingga rencana khatam untuk sebulan bisa tercapai.

No comments :

Post a Comment