Monday, 2 June 2014

Skripsi Oh Skripsi

Beberapa waktu lalu  menuliskan tips skripsi ala saya di blog rindang.
Sekarang saya mau cerita tentang skripsi untuk temanku rindang dan pembaca blog.
Diakhir semester 3 dada rasanya sesak karena Kami harus mengumpulkan judul dan masalah yang akan diteliti sebanyak 3 buah. Hadeehh...,         1judul dan masalah saja udah puyeng apalagi memikirkannya. Tujuan pengumpulan lebih dari satu adalah agar punya cadangan jika ditolak koordinator dan menentukan pembimbing. Akhirnya terkumpul juga dan tara...................................
Pembimbing didapatkan dan judul ditolak semua, mau nangis bombay beberapa kali cari judul ditolak terus. Setiap argumen dikemukakan (alasan penelitian) dipatahkan pembimbing, nyaris putus asa. cerita sama teman malah teman dibilang beruntung karena dibimbing profesor. Pembimbing 1 saia profesor termuda dikampus dan perfeksionis , akhirnya setelah 10 kali bolak balik diterima dan mulailah kejar-kejaran sama dosen untuk bimbingan.

Setiap mau bimbingan saia baca semua buku metlid dan statistik dahulu, takutnya di uji 2 mata kuliah ini saat bimbingan. Pernah bebrapakali diuji desain yang digunakan, cara menentukan sampel dan populasi serta jenis uji statistiknya. Untung bisa jawab kalau tidak parah banget kebetulan 2 mata kuliah ini pernah diajar pembimbing 1. Bimbingan dengan profesor membuat saia rajin membaca dan menulis skripsi, bertekad harus jadi anak bimbingan yang baik.Mungkin inilah hikmahnya saia paham 2 mata kuliah ini bahkan kadang bisa bantu teman yang susah menentukan desaian dan uji statistik untuk penelitian. 

Saat bimbingan skripsi harus tahan banting, udah janjian dengan pembimbing karena terlambat 5 menit ditinggal saja, atau pernah beberapa minggu nganggur karena pembimbing dinas luar. Saya beruntung juga punya pembimbing 2 yang asiek, kalau buntu dan tidak memahami maksud pembimbing 1 lari saja ke yang 2.

Masa penulisan skripsi membuat egois meningkat, deadline ingin wisuda cepat membuat teman yang tadinya akrab menjadi renggang. Tidak bisa disalahkan keadaanlah yang membuatnya. Terlambat wisuda yang paling ditakutkan adalah bayar uang kuliah lagi. Rasa iri kadang menyelinap dihati saat melihat teman yang kuliah santai bahkan sering TA(titip absent) udah maju ujian skripsi karena pembimbingnya tidak sejelimet saia. KEmudian saia berusaha menetralisir hati. Ada juga teman yang kerjanya mengeluh setiap hari dan menyesali KENAPA ADA SKRIPSI, pusing saia jadi kuadrat belum lagi pusing mikirin cara taklukkan dosen agar bisa cepatkan ACC, tambah lagi teman yang butuh suport.
Beberapa tips tentang skripi ala saia silahkan dilihat di blog rindang.

Masa ujian akhirnya datang juga, setelah dapat restu dari pembimbing dilakukanlah penggandaan skripsi dan menyebar undangan kepada penguji. Ada lagi masalah yang menghampiri yaitu undangan belum selesai karena prodi tidak ditempat, padahal ujian besok. ka prodi datang siang dan terpaksalah saia mengantarkan skripsi ke rumah masing-masing naik angkot turun angkot.

Malam sebelum ujian saia melakukan qiyamul lail memohn kemudahan untuk ujian. Diruangan saia paginya dengan enteng presentasi dan menjawab setiap pertanyaan. ada 1 pertanyaan yang kick membuat saia berkeringat yaitu saat ditanyakan dasar menegakkan DO untuk variabelnya. Sebenarnya ada di bahan skripsi saia tapi penguji ngotot menyalahkan  jawaban dan pembimbing 1 tidak hadir, hampir saja tidak lulus.
Stelah dinyatakan lulus beberapa hari kemudian saia sakit tifus mungkin akumulasi kesibukan selama ini. 

itulah sekelumit cerita tentang skripsi jika melihat kebelakang membuat hari berwarna. apajadinya jika sripsi tidak ada mungkin kita tidak akan memiliki warna di hidup, kita tidak akan berjuang mati-matian untuk lulus dan bukankah skripsi tugas akhir yang berbentuk karya tulis ilmiah yang didalamnya terkandung disiplin ilmu dan kita harus bisa memadukan pengetahuan dan keterampilannya dalam memahami, menganalisis, mengambarkan dan menjelaskan masalah yang berhubungan dengan bidang keilmuan.

NB:
saia setuju sama pernyataan rindang, tak apa terlambat lulus asalkan skripsi berkualitas untuk melihat kemampuan sesorang dari skripsinya.


No comments :

Post a Comment