Sunday, 4 May 2014

Mari Perangi Copas

Kegiatan copas (copi paste) jika dibiarkan dapat mengarah kepada plagiat atau plagiarisme, suatu kegiatan penjiplakan atau pengambilan karangan, pendapat, dan sebagainya dari orang lain dan menjadikannya seolah karangan dan pendapat sendiri..
Kegiatan Copas ini berkembang subur dikarenakan tidak ada sanksi yang tegas,sebenarnya kegiatan copas ini bisa dijadikan tindak pidana mencuri hak cipta orang lain.  Pada kenyataan dalam kehidupan sehari-hari copaster(pelaku copas) bebas saja mempublikasikannya. Di dunia pendidikan, copaster dapat mendapat hukuman berat seperti dikeluarkan dari sekolah/universitas. Didunia blogger copaster hanya mendapat sanksi cibiran, sindiran, paling berbahaya dibully. Tapi hal ini ternyata tidak membuat copaster itu jera.

Sebenarnya apa yang membuat mereka para copaster itu melakukan copas?
1. kehilangan Ide
Menulis membutuhkan ide yang beda yang menjadi masalah adalah ketika ide tidak mau muncul, sehingga para copaser ketika blogwalking menemukan postingan keren kemudian  melakukan ctrl V. sebenarnya menemukan ide itu gampang banget loh, bisa dimana saja bahkan ketika ngobrol dengan oranglain bisa juga. Saya  saja pernah dapat ide saat habis menangis , benaran looh

2. tidak percaya diri
kadangkala Setelah ide dapat yang jadi masalah tidak percaya diri menuliskan idenya sehingga browsing ketemu artikel yang sama. Awalnya ngintip sedikit kemudian keterusn habis itu  saja ctrl V. Sebenarnya ini merugikan diri sendiri karena kita tidak akan tahu sampai dimana kemampuan kita. Tulisan saia masih jelek buktinya setiap lomba saia tidak pernah menang, tapi hal itu membuat saya rajin berlatih menulis. 

3.ingin menaikkan pagerank

dampak copas 
1. tidak kreatif
2. reputasi blog hancur bahkan bisa dianggap sebagai blog sampah
3. tidak memiliki kebanggan
4. tidak halal, maksudnya jika ngeblog digunakan sebagai mata pencarian sedangkan blog hasil copas

Menulis ituuu

menulis  membutuhkan refrensi sehingga kita perlu membaca karya orang lain tapi jangan sampai kebablasan melakukan copas. Kalaupun harus pakai refrensi diharuskan untuk minta izin kemudian mencantumkan sumbernya atau link sehingga kita dianggap mengahargai orang lain dan memiliki etika.  Kalau tidak siap-siaplah dianggap plagiat (copaster), adapun jenisnya
  1.  Complete Plagiarism. Keseluruhan atau copy paste
  2.  Near Complete Plagiarism. Sebagian besar ide pokok
  3.  Patchwork Plagiarism. Dengan menggunakan kata-kata sendiri
  4.  Labor of Laziness. Meluangkan waktu dan tenaga untuk paraphrase sebagian besar tulisan orang lain dan membuatnya terlihat seperti sebuah tulisan yang baru. Seharusnya waktu dan tenaga tersebut digunakan untuk membuat karyanya sendiri.
  5.  The Potluck Paper. Menggabung sebagian. Penulis mencoba menyamarkan plagiatismer dengan mengkopi beberapa sumber berbeda, kemudian mencuil-cuil kalimat (tanpa diubah) sehingga terlihat sebagai sebuah paragraph atau tulisan menyeluruh.
  6.  The Missinformer. Salah menuliskan sumber sehingga menyulitkan untuk mendeteksinya.
  7.   The Too-Perfect Paraphrase. Menuliskan sumbernya, tetapi tidak menggunakan tanda kutip yang benar sehingga tidak jelas bagian mana yang diambil dari sumber tersebut.
  8.   The Perfect Crime. Menuliskan kutipan di satu bagian, tetapi tidak di bagian lain.

Menjadi penulis profesional itu butuh proses dengan rajin berlatih termasuk dengan menulis di blog  dan di Blog itu ada bermacam  platform  jadi silahkan pilih yang disukai. Kalau  serius menjadi blogger sebaiknya harus memiliki  nama domain yang bagus dan webhosting yang terpercaya . Adapun yang saya rekomendasikan adalah Nama Domaindan kunjungi Web Hosting Indonesia.

Saat ini sangat sulit menghapus budaya copas yang tidak bertanggung jawab, salah satu cara berantas bloggercopas adalah dari diri sendiri dengan tidak ikut menjadi mereka,  menyebarkan tentang efek copas serta cara mengatasinya
1. menuliskan ke google DMCA jika ada yang copas
2. memakai webhosting dan nama domain yang teruji kualitasnya.
3. menggunakan situs pengecek plagiarisme
4. Hanya itu saja yang saya  tahu he...hee

Artikel ini diikut sertakan Lomba Blog berhadiah Domain dan iPod Shuffle bersama Qwords.com di Andre site.



Sumber:
Wikipedia
vanitya.wordpress.com/2013/12/29/tindakan-plagiat-plagiarisme/


No comments :

Post a Comment