Masuk Massa Pensiun,Siapa Takut?

May 20, 2014

Pepatah mengatakan :
Berakit rakit kehulu
Berenang-renang ketepian
Bersakit sakit dahulu
Bersenang-senang kemudian
Pepatah ini mengajarkan kita untuk bekerja keras dalam mencapai sesuatu. Termasuk dalam bidang keuangan, tujuan bekerja untuk mendapatkan hidup layak dan bisa mewujudkan semua keinginan. Tak jarang kita bekerja mati-matian bahkan sampai lahir kata Workholik.

Selain pepatah diatas ada pepatah lain yang berasal dari ranah minang, menguatkan pentingnya kerja keras yaitu nak kayo kuek mancari (mau kaya harus rajin bekerja). Setiap permulaan pasti ada akhirnya begitu juga dengan bekerja akan ada masa pensiun. Banyak yang khawatir memasuki.masa pensiun karna saat itu  kondisi keuangan pasti akan berubah. Menghadapi perubahan ini ada yang siap dengan dan ada yang tidak siap sehingga mencari pekerjaan lain. Akhirnya tak bisa merasakan pensiun di usia senja, untuk itu perlu dilakukan pengaturan dana pensiun sebelum masa pensiun datang.

Hasil wawancara atau lebih tepatnya bertanya kepada teman-teman ternyata 9 dari 10 orang tidak ada yang memikirkan tentang dana pensiun. Bahkan ada yang menganggap akan menerimanya juga walaupun tidak merencanakannya dan mengangap haknya pasti akan diterima seperti pada PNS yang pasti ada dana pensiun. Benar, PNS Pasti akan menerima juga dana pensiun tapi lebih baik kita merencanakan juga mulai hari ini. Pada non PNS WAJIB hukumnya memikirkan dana pensiun, saat telah pensiun seluruh fasilitas akan hilang dari kita termasuk juga kondisi keuangan akan memburuk. Pada non PNS setelah selesai bekerja semuanya hilang berbeda dengan PNS yang ada penghargaan pengabdian sehingga menerima pensiunan.

Apapun itu lebih baik kita merencanakan membuat dana pensiun sendiri, karena:
1. membantu biaya hidup
selama masih hidup kita pasti akan selalu membutuhkan biaya hidup. Sembilan bahan pokok akan selalu kita beli, dari mana uangnya kalau tidak bekerja. walaupun memiliki uang tidak akan bisa mencukupi karena biaya barang selalu meningkat sehingga butuh dana tambahan.
2. membantu biaya sakit
Saat usia menua penyakit degeneratif mulai menggerogoti seperti penyakit katarak,hipertensi, Diabetes. Ini hal yang alami terjadi tuhan telah memberikan kita tenaga yang kuat di masa muda untuk bekerja dan usia tua untuk menikmati hasilnya. PNS mungkin sedikit beruntung jika berada di kondisi ini karena memiliki Askes yang menanggung biaya kesehatan. Trus bagaimana dengan non PNS pasti akan merasa sulit menghadapi kondisi ini. Jangankan untuk membayar perawatan di RS untuk makan saja sulit, sehingga terpaksa penyakit di biarkan berteman dalam tubuh. Ingat Kesehatan itu hak semua orang tapi menjaga kesehatan itu kewajiban .
3.kemandirian
PNS mungkin bisa bernafas lega karena masih bisa menerima beberapa rupiah saat pensiun. Saat tua kita ingin menikmati hidup dengan mengunjungi cucu dari satu rumah ke rumah lain, berliburan Atau ingin bersedekah untuk tabungan akhirat akhirnya batal karena tidak ada dana . Segala sesuatu ada awal dan akhir, ada masanya kita bekerja dan berakhir dengan pensiun serta menikmati hidup.

Mari ubah paradigma kita Dana pensiun harus dipersiapkan dari sekarang(dari muda), saat masih kuat berlumuran keringat untuk bekerja dan uang telah terkumpul banyak jangan lupakan tentang dana pensiun. Normalnya setelah bekerja ada yang dinikmati dan akan menjadi tidak normal saat tua kita tidak punya apa-apa.

Mari siapkan dana pensiun sedini mungkin 

Mempersiapkan dana pensiun harus sedini mungkin dengan memilih tempat  yang terpercaya yaitu BNI dengan programnya BNI Simponi, merupakan layanan program pensiun yang diselenggarakan oleh Dana Pensiun Lembaga Keuangan PT. Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk  sejak tahun 1994 berdasarkan Undang-Undang Nomor 11 Tahun 1992 tentang Dana Pensiun. Keanggotaanya adalah seluruh masyrakat indonesia tanpa membedakan profesi . Dengan syarat setoran iuran awal minimal sebesar Rp 250.000, mengisi aplikasi sesuai identitas dan yang pasti harus bawa fotocopy KTP. Setoran bulannya minimal Rp 50.000. Info pastinya bisa lihat di  

Mari menikmati masa tua dan muda, saat kaya dan miskin, sehat dan sakit dengan menyiapkan dana pensiun di BNI simponi

Artikel ini belum pernah diikutkan dalam lomba  BNI competition manapun

chek di http://bit.ly/BNI_Simponi

You Might Also Like

0 comments

Popular Posts

Like us on Facebook

Flickr Images

Daisypath Anniversary tickers